Mubadalah.id – Perkawinan anak merupakan salah satu permasalahan yang hingga saat ini belum selesai. Meskipun pemerintah telah menaikkan batasan usia pernikahan, praktik kawin anak di berbagai daerah masih saja tinggi.
Berdasarkan data Pengadilan Agama atas permohonan dispensasi perkawinan anak, tercatat sebanyak 65.000 kasus pada tahun 2021, dan 55.000 permohonan pada tahun 2022.
Pengajuan dispensasi perkawinan pada usia muda ini karena pemohon mengalami kehamilan tidak diinginkan (KTD). Selain itu, faktor pendorong dari orang tua yang menginginkan anaknya segera menikah.
Bahkan faktor agama juga ikut mempengaruhi terjadinya perkawinan anak, misalnya tidak sedikit masyarakat kebolehan menikah anak ini mengacu pada Hadis Nabi Muhammad Saw yang menikah dengan Siti Aisyah pada usia 9 tahun.
Hadis
عَنْ هِشَامٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ : تَزَوَّجَنِي النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنَا بِنْتُ سِتِّ سِنِينَ فَقَدِمْنَا الْمَدِينَةَ فَنَزَلْنَا فِي بَنِي الْحَارِثِ بْنِ خَزْرَجٍ فَوُعِكْتُ فَتَمَرَّقَ شَعَرِي فَوَفَى جُمَيْمَةً فَأَتَتْنِي أُمِّي أُمُّ رُومَانَ وَإِنِّي لَفِي أُرْجُوحَةٍ وَمَعِي صَوَاحِبُ لِي فَصَرَخَتْ بِي فَأَتَيْتُهَا لَا أَدْرِي مَا تُرِيدُ بِي فَأَخَذَتْ بِيَدِي حَتَّى أَوْقَفَتْنِي عَلَى بَابِ الدَّارِ وَإِنِّي لَأُنْهِجُ حَتَّى سَكَنَ بَعْضُ نَفَسِي ثُمَّ أَخَذَتْ شَيْئًا مِنْ مَاءٍ فَمَسَحَتْ بِهِ وَجْهِي وَرَأْسِي ثُمَّ أَدْخَلَتْنِي الدَّارَ فَإِذَا نِسْوَةٌ مِنْ الْأَنْصَارِ فِي الْبَيْتِ فَقُلْنَ عَلَى الْخَيْرِ وَالْبَرَكَةِ وَعَلَى خَيْرِ طَائِرٍ فَأَسْلَمَتْنِي إِلَيْهِنَّ فَأَصْلَحْنَ مِنْ شَأْنِي فَلَمْ يَرُعْنِي إِلَّا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ضُحًى فَأَسْلَمَتْنِي إِلَيْهِ وَأَنَا يَوْمَئِذٍ بِنْتُ تِسْعِ سِنِين
Artinya: Dari Hisyam bin Urwah dari Aisyah RA berkata: Nabi SAW menikahiku ketika aku masih berusia enam tahun. Kami berangkat ke Madinah. Kami tinggal di tempat Bani Haris bin Khajraj.
Kemudian aku terserang penyakit demam panas yang membuat rambutku banyak yang rontok. Kemudian ibuku, Ummu Ruman, datang ketika aku sedang bermain-main dengan beberapa orang temanku. Dia memanggilku, dan aku memenuhi panggilannya, sementara aku belum tahu apa maksudnya memanggilku.
Dia menggandeng tanganku hingga sampai ke pintu sebuah rumah. Aku merasa bingung dan hatiku berdebar-debar. Setelah perasaanku agak tenang, ibuku mengambil sedikit air, lalu menyeka muka dan kepalaku dengan air tersebut, kemudian ibuku membawaku masuk ke dalam rumah itu.
Ternyata di dalam rumah itu sudah menunggu beberapa orang wanita Anshar. Mereka menyambutku seraya berkata: ‘Selamat, semoga kamu mendapat berkah dan keberuntungan besar.
Lalu ibuku menyerahkanku kepada mereka. Mereka lantas merapikan dan mendandaniku. Tidak ada yang membuatku kaget selain kedatangan Rasulullah saw. Ibuku langsung menyerahkanku kepada Rasulullah SAW, sedangkan aku ketika itu baru berusia sembilan tahun. (HR. Bukhari dan Muslim).
Hadis di atas merupakan Hadis yang kerap kali menjadi dalil bagi sebagian masyarakat kita untuk membolehkan praktik kawin anak. Mereka beranggapan bahwa Rasullullah Saw saja menikahi Aisyah di usia 9 tahun masa kita sebagai umatnya tidak.
Tidak untuk Umatnya
Padahal jika kita telisik lebih mendalam terkait Hadis di atas maka sebetulnya Hadis tersebut bersifat khusus bagi Nabi Muhammad Saw yang tidak bisa umatnya ikuti.
Pandangan tersebut seperti dikemukakan oleh Dr. Faqihuddin Abdul Kodir dalam buku “Perempuan (bukan) Sumber Fitnah.”
Bahkan menurut Kiai Faqih, seperti dalam pandangan ulama klasik: Ibnu Syubrumah, Utsman al-Batty, dan Abu Bakr al-Asham menegaskan bahwa Hadis di atas hanya berlaku untuk Rasulullah Saw. Tidak berlaku bagi umatnya.
Terlebih ketiga ulama di atas secara tegas melarang perkawinan di usia anak, baik bagi laki-laki maupun perempuan.
Tanggung Jawab Besar
Terkait perkawinan, sebaiknya kita harus kembali kepada al-Qur’an. Yaitu prinsip perkawinan adalah untuk membangun rumah tangga. Hal inilah yang tidak mungkin bisa anak-anak lakukan. Sebab tanggung jawabnya sangat besar.
Dengan begitu, perkawinan adalah sesuatu yang harus kita kembalikan kepada kedua mempelai yang akan menikah. Usia anak secara logika dan realitas, bukan usia yang matang dan cukup untuk berumah tangga.
Di sisi lain, anak perempuan dengan tanggung jawab sebagai istri dan ibu akan keluar dari program wajib belajar, sehingga ia tidak bisa memiliki keterampilan untuk bekerja. Pada akhirnya ia sulit mengakses sumber ekonomi dan membuatnya menjadi miskin, mentalnya tidak stabil. []