Mubadalah.id – Jika merujuk pandangan mubadalah tentang hadis larangan perempuan berpergian tanpa mahram, maka hadis tersebut bukan tentang larangan mutlak, yang tidak bisa ditawar, dan tanpa ada alternatif yang memberikan jalan bagi perempuan untuk melakukan perjalanan.
Perempuan yang bepergian dengan kerabat dekat laki-lakinya itu dianggap baik karena dapat dipercaya akan melindungi dan tidak merepotkan.
Namun, juga sama sekali tidak boleh ada larangan baginya, jika tanpa mahram. Apalagi jika perjalanannya aman dan baik baginya.
Dari Adi bin Hatim berkata: “Suatu saat aku sedang bersama Nabi Saw, lalu ada seorang laki-laki datang mengadu kemiskinan hidupnya. Seorang yang lain mengadu perampokan yang terjadi padanya di jalan.
Lalu Nabi bertanya (kepadaku): “Wahai Adi, kamu tahu Kota Hira?” Aku menjawab: “Tidak pernah melihatnya, tetapi sudah pernah mendengar tentangnya.”
Lalu Nabi Saw. berkata: “Suatu saat, jika umurmu panjang, kamu akan melihat seorang perempuan berani bepergian (sendirian) dari Kota Hira (di Irak, mengunjungi Mekah).”
“Sehingga bisa tawaf di Ka’bah dan tidak ada yang kita khawatirkannya pada siapa pun (karena aman), kecuali (ketakutannya akan berbuat salah kepada) Allah Swt.” (Shahih al-Bukhari, Kitab al-Manaqib, no. 3637).
Teks Hadis ini menggambarkan tentang perampokan yang sering terjadi pada saat itu. Lalu Nabi Saw. bercerita, suatu saat kondisi akan aman dan perempuan dapat melakukan perjalanan dengan penuh rasa aman.
Teks ini mengisyaratkan tentang makna mahram bagi perjalanan perempuan, yaitu untuk keamanan dan perlindungan, juga memprediksi kondisi aman dalam perjalanan.
Sehingga perempuan dapat melakukan perjalanan jauh tanpa harus bersama mahram. Teks Hadis serupa dari riwayat Ahmad menyebutkan tentang kondisi perjalanan perempuan tanpa perlindungan mahram ini (Musnad Ahmad, no. 19688).
Jika semua teks Hadis ini digabungkan dalam satu kelompok soal perjalanan, maka isu utamanya adalah soal keamanan dan perlindungan.
Mewujudkan Kondisi Aman
Semua orang dituntut untuk mewujudkan kondisi aman dan damai, terutama mereka yang memiliki kekuatan dan kapasitas perlindungan.
Setiap orang yang rentan atau memerlukan perlindungan, apalagi pada kondisi darurat keamanan, ia harus kita kawal dan temani oleh orang yang terpercaya dan memiliki kapasitas.
Yang membutuhkan perlindungan bisa laki-laki dan bisa perempuan. Yang mengawal dan melindungi juga bisa laki-laki dan perempuan.
Dalam kondisi normal dan aman, setiap orang berhak melakukan perjalanan, dan tidak boleh ada larangan apa pun, apalagi syarat yang memberatkan seperti keharusan adanya mahram.
Karena spirit yang sesungguhnya dari teks-teks Hadis di atas adalah menuntut perwujudan pengamanan dan perlindungan, yang untuk masa sekatang bisa lebih efektif negara lakukan.
Sehingga setiap warga bisa terlindungi, dan dalam waktu yang sama bisa melakukan aktivitas positif, tanpa ada pelarangan yang tidak mendasar. Demikianlah makna teks Hadis mahram dalam perspektif mubadalah. []