Mubadalah.id – Ada yang tak pernah dikatakan Ramadan, tapi terasa jelas di saat ia mulai melenggang. Di kala gema takbir mereda, kekhawatiran terlambat sahur tak lagi ada, dan barisan di masjid hanya berisi orang-orang itu saja. Sejatinya, sebenar-benarnya perjuangan baru saja bermula.
Manusia, tak lagi teruji dengan lapar atau dahaga, melainkan kembali dirayu godaan dunia dan hawa nafsunya sendiri.
Inilah awal dari hari kemenangan di medan peperangan sunyi. Pertempuran melawan nafsu tanpa pasukan, tak lagi bersama suasana dan iklim yang serba mendukung.
Nasihat KH Said Aqil Siraj
Untungnya, mengutip nasihat Ami KH Said Aqil Siraj, diri manusia sejatinya teranugerahi tiga kekuatan. Pertama, Quwwah Nāṭiqah, kemampuan menimbang, mengurai makna, dan memintal hikmah dari segala yang ada.
Kedua, Quwwah Mutakhayyilah, kekuatan nafsu, tempat segala kehendak berasal. Jika diarahkan lurus, kekuatan ini berpotensi menjadi himmah dari amarah yang terkendali, serta ‘azīmah dari syahwat yang diberi makna tinggi. Berikutnya, ketiga Quwwah Rūḥāniyyah, cahaya sunyi dari langit, yang menyala dalam diam dan menuntun tanpa suara.
Ramadan, sejatinya, telah membangunkan ketiganya. Namun, pertanyaan yang tersisa kini, apakah manusia, terutama saya, akan bisa tetap berjaga, atau kembali tertidur bersama godaan yang menyamar sebagai kebiasaan?
Sebab, bukankah Allah Swt pun sebenarnya telah menyindir kita?
وَلَا تَكُونُوا كَالَّتِي نَقَضَتْ غَزْلَهَا مِن بَعْدِ قُوَّةٍ أَنكَاثًا
“Dan janganlah kamu seperti perempuan yang menguraikan benangnya setelah ia memintalnya dengan kuat.” (QS. An-Nahl: 92)
Rasa malu pun akhirnya tumbuh saat mengenang para pendahulu. Yang senantiasa tetap tenang, hanyut dalam doa, nyaris di sepanjang usianya.
Dalam Lathâ’if al-Ma’ârif, Mu’alla bin al-Fadhl RA bercerita:
كانوا يدعون الله تعالى ستة أشهر أن يبلغهم رمضان، ويدعونه ستة أشهر أن يتقبل منهم
“Dulu, para salaf berdoa selama enam bulan agar Allah berkenan mempertemukan mereka dengan Ramadan, dan enam bulan setelahnya agar amal mereka diterima.”
Menjaga Kebaikan
Mereka tahu, yang sulit bukan berbuat baik saat suasana mendukung, melainkan terus menjaga agar kebaikan itu tak turut luluh di saat dunia kembali menjelma soal ujian dan fitnah seperti sedia kala.
Duh, Gusti. Ramadan telah benar-benar membuka pintu, lalu mempersilakan kami bergerak ke sebelas bulan ke depan. Ia mengajari bahwa menahan bukan berarti kehilangan, tetapi menemukan. Ramadan mengajarkan bahwa kemenangan adalah bagi mereka yang mampu senantiasa merawat kesadaran.
Karena sejatinya, yang menang bukan lantaran mengkhatamkan Al-Qur’an, tetapi yang tetap mengingat makna Ramadan di sepanjang bulan usai Lebaran. Yang fitri bukan yang terlama menyerukan takbir dalam gema, tapi mereka yang tetap menundukkan mata saat tak ada siapa-siapa.
Karena, memang, kemenangan sejati tidak mengundang kebisingan. Ia tenang, diam, tapi menetap, lalu meresap.
Wallāhu a‘lam. []