Mubadalah.id – Ketika sedang leyeh-leyeh menemani anak menonton tayangan “Bocah Ngapak Ya”, di salah satu stasiun TV swasta nasional, tiba-tiba muncul iklan layanan masyarakat tentang Perlindungan Anak. Adegan di mulai dengan seorang anak perempuan yang mulanya saya kira tengah bicara dengan ibunya, ternyata melakukan monolog, dengan sesosok boneka perempuan yang berada di depannya.
Boneka itu ia panggil Mamah, laiknya bermain rumah-rumahan ala anak-anak. Begini sebagian cuplikan monolog tersebut. “Mah besok kita jalan jalan-jalan yuk ke kebun binatang, pasti Mamah juga senang.” Sambil bermonolog dengan boneka, lalu dalam latar suara yang jauh terdengar Ayah dari si Anak bicara dengan lantang. “Dek, Papah berangkat kerja dulu ya?. Lalu disusul dengan suara si Ibu, “Mamah berangkat arisan dulu ya?”
Kemudian iklan layanan perlindungan anak tersebut ditutup dengan kata-kata bijak, mengingatkan pada orang tua agar jangan mneinggalkan anak sendirian di rumah. Kesepian dan kehilangan figur orang tua. Satu sisi pesan itu sangat bagus sekali. Memuat kritik bagi para orang tua agar selalu memperhatikan kebutuhan anak-anak, tidak hanya secara fisik namun juga kasih sayang, perhatian dan kepedulian yang berlimpah ruah. Saya kira tak ada orang tua di dunia ini yang tidak mencintai anak-anaknya. Semua pasti sepakat, anak adalah seluruh tumpahan rasa, jiwa raga dan penyejuk mata.
Namun di sisi lain menurut saya ada yang janggal dalam penempatan dialog dan peran Ayah serta Ibu dalam iklan tersebut. Pertama, anak perempuan hanya mengajak bicara Ibunya. Mengapa monolog sang anak tidak menyebutkan kata “Papah”, seolah pengasuhan anak hanya dibebankan pada tugas dan tanggung jawab seorang ibu. Lupa bahwa pengasuhan bersama orang tua juga sangat menentukan kualitas tumbuh kembang anak.
Kedua, saat orang tua berpamitan pergi si Papah mengatakan akan berangkat bekerja, sementara si Mamah pergi arisan. Padahal yang saya ketahui seorang ibu pergi dari rumah tidak hanya karena arisan, bisa jadi sama-sama bekerja sebagaimana yang dilakukan Ayah. Sehingga stigma yang terbangun dari iklan layanan tersebut adalah, Ayah pergi untuk kebutuhan produktif sedangkan ibu berperilaku konsumtif.
Maka jika kembali pada gagasan awal tentang perlindungan anak, memang penting bagi kehadiran orang tua dalam kehidupan anak. Meski demikian, membangun perspektif keadilan gender juga penting dimasukkan dalam iklan layanan, agar peran orang tua dalam pengasuhan anak menjadi tugas bersama antara Ayah dan Ibu. Tidak hanya dibebankan pada sosok Ibu saja. Intinya, iklan itu tidak mubadalah, dan masih berat sebelah.
Berikutnya terkait dengan stigma lelaki identik dengan bekerja yang produktif, sementara perempuan berperilaku konsumtif juga harus dihilangkan. Karena menjadi produktif atau konsumtif itu tidak mengenal gender. Lelaki dan perempuan dalam waktu bersamaan bisa menjadi makhluk yang produktif sekaligus konsumtif, tergantung pada situasi dan kondisi yang dihadapinya. Saya berharap agar pembuat iklan layanan tentang perlindungan anak tersebut bersikap adil gender sejak dalam pikiran, sehingga tidak menyesatkan penonton yang notebene di primetime tv adalah perempuan dan anak-anak.[]