• Login
  • Register
Minggu, 18 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah

Iman yang Mengekspresikan Islam Ramah di Tengah Keragaman Agama

Poin pentingnya adalah rahmat Allah itu sangat luas. Keluasan rahmat-Nya yang tidak terbayangkan menyentuh Muslim maupun non-Muslim

Moh. Rivaldi Abdul Moh. Rivaldi Abdul
29/02/2024
in Hikmah, Rekomendasi
0
Islam ramah

Islam ramah

1.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Iman pada Tuhan yang Maha-kasih akan membuahkan ekspresi beragama yang menebar kasih. Tebaran kasih yang tanpa pandang agama itu sendiri. Ekspresi iman yang seperti inilah, yang membuat Nabi Muhammad SAW tidak segan mengucap; “Jammalakallaah (semoga Allah memperindah dirimu),” kepada seorang Yahudi yang berbuat baik kepadanya.

Satu sikap Nabi yang menjadi teladan dalam menebar kasih tanpa pandang agama. Dan, juga sebagai satu contoh bahwa keimanan Nabi kepada Allah yang Maha-kasih membawanya pada ekspresi Islam ramah yang menebar kasih.

Iman dan Ekspresi Beragama Kita

Dalam Prisma Pemikiran Gus Dur, Gus Dur menjelaskan aspek beragama yang membentuk tingkah laku penganutnya. Yaitu, aspek yang paling mendalam dan fundamental yang sangat doktriner (terkait keimanan), serta ajaran-ajaran praktis (menyangkut ekspresi beragama). Penjelasan Gus Dur ini sedikitnya menjelaskan bahwa ada aspek “yang mendalam” dan “yang mengekspresi” dalam beragama.

Konsep yang serupa juga Charles J. Adams jelaskan dalam tulisannya berjudul Islamic Religious Tradition. Bahwa, ada aspek inward experience (pengalaman ke dalam/keimanan) dan outward behavior (tingkah laku keluar/ekspresi) dalam beragama. Keduanya saling terhubung. Keimanan menjadi nafas dalam pengamalan agama, dan laku beragama merupakan bagian dari ekspresi iman.

Jadi, berdasarkan konsep Gus Dur dan Adams, kita dapat memahami bahwa cara kita menghayati iman sejatinya akan berdampak pada ekspresi keberislaman. Dalam hal ini, boleh jadi penghayatan iman itu berbuah ekspresi Islam ramah yang menghormati perbedaan. Atau, malah menampakkan wajah Islam marah yang sulit menerima perbedaan.

Tuhan Kita Mahapengasih lagi Mahapenyayang

Ramah atau marah watak keislaman turut dipengaruhi oleh penggambaran “Dia” yang kita imani. Maka sesekali kita perlu mempertanyakan untuk kemudian menghayati, apakah Tuhan yang kita imani adalah Tuhan yang menghendaki hamba-Nya untuk melakukan kekerasan terhadap mereka yang tidak mengimani-Nya?

Baca Juga:

Membincang Toleransi Muslim dan Kristen di Momen Idulfitri

Idulfitri, Hari Merayakan Toleransi: Sucinya Hati dari Nafsu Menyakiti Umat yang Berbeda Agama

Puasa Sebagai Perisai dari Bencana Kemanusiaan Akibat Perpecahan Antarumat Beragama

Bukan Sekadar Perayaan Hari Raya: Natal untuk Perdamaian Agama dan Sosial

Atau, Dia adalah Tuhan yang mengasihi seluruh manusia baik Muslim maupun non-Muslim? Jawaban atas pertanyaan itu akan sangat berdampak pada laku beragama kita, khususnya terhadap relasi kita dengan pemeluk agama lain.

Jika kita ingin bertanya seperti apa Dia yang kita imani? Maka, secara sederhana, jawaban atas pertanyaan itu tergambar dalam kalimat; Bismillaahi ar-rahmaani ar-rahiimi (Basmalah).

Sebagaimana penjelasan Faqihuddin Abdul Kodir dalam Relasi Mubadalah Muslim dengan Umat Berbeda Agama, setidaknya ada dua makna utama dalam Basmalah. Yaitu, kasih dan sayang.

Makna ini terkandung dalam kata ar-rahman (Mahapengasih) dan kata ar-rahiim (Mahapenyayang). Jadi, Basmalah menegaskan kepada kita bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang rahman (Mahapengasih) dan rahim (Mahapenyayang).

Namun, pertanyaannya, kepada siapakah kasih Allah SWT itu?

Pandangan Imam al-Khazin dalam Tafsir al-Khazin: Lubaab at-Ta’wiil fii Ma’aanii at-Tanziil, menarik untuk kita cermati. Jelas Imam al-Khazin, laa yatashawwar (jangan membayangkan) rahman Allah itu sebagaimana yang dapat manusia berikan. Sebab, rahman Allah tidak terbayangkan oleh manusia. Artinya, kasih (rahman) dan termasuk sayang (rahim) Allah sejatinya sangat luas dan tidak berbatas. Termasuk tidak terbatasi oleh perbedaan agama.

Pandangan keluasan rahman Allah ini sejalan dengan Muhammad Abduh, sebagaimana yang Quraish Shihab kemukakan dalam Al-‘Asma al-Husna: Mengenal Nama-nama Allah. Bahwa, rahman adalah Rahmat Tuhan yang sempurna yang Dia curahkan kepada semua makhluk. Termasuk pada semua manusia baik Muslim maupun non-Muslim.

Poin pentingnya adalah rahmat Allah itu sangat luas. Keluasan rahmat-Nya yang tidak terbayangkan menyentuh Muslim maupun non-Muslim. Karena itu, perlu kita pahami dan hayati, bahwa kita mengimani Tuhan yang Maha-kasih kepada semua manusia, baik Muslim maupun non-Muslim.

Mengekspresikan Kasih Tuhan di Tengah Keragaman Agama

Penghayatan kepada Tuhan yang Maha-kasih dapat memantapkan diri pada ekspresi Islam yang menebar kasih, tanpa membeda-bedakan agama.

Pandangan ini sejalan dengan Quraish Shihab dalam Al-‘Asma al-Husna: Mengenal Nama-nama Allah. Bahwa, keimanan kita dengan mengenal Allah, yakni mengenal sifat atau nama-nama-Nya, dapat membawa Muslim pada budi luhur. Hal itu karena keindahan sifat-sifat-Nya akan mendorong seorang pengiman sejati untuk meneladani sifat-sifat Tuhan sekemampuannya sebagai makhluk.

Maka, dalam hal ini, sedalam apa penghayatan kita kepada Allah yang Mahapengasih lagi Mahapenyayang, itu berdampak pada ekspresi beragama yang menebar kasih. Sehingga, jika ekspresi Islam marah dengan laku intoleransi kepada non-Muslim yang nampak, boleh jadi itu tanda bahwa penghayatan iman kita kurang dalam.

Sebaliknya, penghayatan iman yang berkualitas akan menampakkan ekspresi Islam ramah dengan laku beragama yang mengedepankan toleransi kepada non-Muslim. []

 

 

Tags: islam ramahKeragaman AgamaKerukunan Antar Umat BeragamaMenyikapi PerbedaanPerbedaan AgamaTauhid KedamaianToleransi beragama
Moh. Rivaldi Abdul

Moh. Rivaldi Abdul

S1 PAI IAIN Sultan Amai Gorontalo pada tahun 2019. S2 Prodi Interdisciplinary Islamic Studies Konsentrasi Islam Nusantara di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sekarang, menempuh pendidikan Doktoral (S3) Prodi Studi Islam Konsentrasi Sejarah Kebudayaan Islam di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Terkait Posts

Pemukulan

Menghindari Pemukulan saat Nusyuz

18 Mei 2025
Nyai A’izzah Amin Sholeh

Nyai A’izzah Amin Sholeh dan Tafsir Perempuan dalam Gerakan Sosial Islami

18 Mei 2025
Gizi Ibu Hamil

Memperhatikan Gizi Ibu Hamil

17 Mei 2025
Pola Relasi Suami Istri

Pola Relasi Suami-Istri Ideal Menurut Al-Qur’an

17 Mei 2025
Dialog Antar Agama

Merangkul yang Terasingkan: Memaknai GEDSI dalam terang Dialog Antar Agama

17 Mei 2025
Peluang Ulama Perempuan

Peluang Ulama Perempuan Indonesia dalam Menanamkan Islam Moderat

16 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Nyai Ratu Junti

    Nyai Ratu Junti, Sufi Perempuan dari Indramayu

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Grup Facebook Fantasi Sedarah: Wabah dan Ancaman Inses di Dalam Keluarga

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Inses Bukan Aib Keluarga, Tapi Kejahatan yang Harus Diungkap

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menilik Relasi Al-Qur’an dengan Noble Silence pada Ayat-Ayat Shirah Nabawiyah (Part 1)

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Keberhasilan Anak Bukan Ajang Untuk Merendahkan Orang Tua

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Menghindari Pemukulan saat Nusyuz
  • Nyai A’izzah Amin Sholeh dan Tafsir Perempuan dalam Gerakan Sosial Islami
  • Perempuan, Kehamilan Tak Diinginkan, dan Kekejaman Sosial
  • Memperhatikan Gizi Ibu Hamil
  • Keberhasilan Anak Bukan Ajang Untuk Merendahkan Orang Tua

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version