Mubadalah.id – Salah satu Ketua Majelis Musyawarah Kongres Ulama Perempuan Indonesia (MM KUPI), Nyai Hj. Badriyah Fayumi, Lc. MA menjelaskan bahwa ketika para ibu melakukan fungsi reproduksinya menyusui (memberikan ASI) bayinya, maka sang ayah diserukan kewajiban memberi nafkah dan kecukupan sandang kepada sang ibu secara ma’ruf (patut).
Perintah ini, menurut Nyai Badriyah, lagi-lagi menunjukkan sensitivitas al-Qur’an karena telah memotret dengan cermat kecenderungan para suami ketika istri melakukan fungsi reproduksinya.
Konsentrasi waktu dan perhatian ibu kepada bayi seringkali menyisihkan keberadaan suami, bahkan perhatian ibu pada penampilannya sendiri.
Keadaan ini, kata Nyai Badriyah, berpotensi membuat suami tidak lagi memberi perhatian maksimal kepada istri.
Terkadang malah ada suami yang berselingkuh dengan alasan istrinya nifas atau tidak memperhatikan tubuhnya sendiri.
Nyai Badriyah mengingatkan, dengan perintah memberikan nafkah dan sandang secara patut kepada istri saat menjalani fungsi reproduksinya itu, al-Qur’an mengerem kecenderungan negatif para suami yang hanya memikirkan kepentingan dirinya sendiri pada saat istri dan bayinya sedang dalam keadaan yang sangat membutuhkannya.
Sensitivitas Al-Qur’an Terhadap Pemberian Asi
Salah satu Ketua Majelis Musyawarah Kongres Ulama Perempuan Indonesia (MM KUPI) itu menyebutkan bahwa sebagai kalam Allah Sang Pencipta Manusia, al-Qur’an senantiasa mengerti dan memahami manusia dengan beragam keadaan dan kecenderungannya.
Pesan-pesan al-Qur’an mengenai relasi suami-istri pun demikian. Jika hari ini kita sering bicara tentang sensitivitas gender, untaian kalimat dalam al-Qur’an telah menunjukkan hal tersebut.
Yakni, memberikan norma yang sensitif gender tanpa subyektivitas sempit, yang mendorong manusia mencapai sebuah relasi yang adil, setara, serta berorientasi pada perlindungan seluruh anggota keluarga, terutama yang lemah.
Betapa dalam dan sensitifnya pemahaman al-Qur’an terhadap relasi suami-istri antara lain tampak jelas dalam surat al-Baqarah ayat 233 yang artinya:
“Para ibu hendaklah menyusukan anaknya selama dua tahun penuh, bagi yang hendak menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi rizki dan pakaian kepada para ibu secara patut.
Seseorang tidak terbebani selain menurut kadar kemampuannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya, dan seorang ayah karena anaknya.
Demikian pula para waris. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya.
Dan jika kamu ingin anakmu menyusu kepada orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran secara patut.
Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.”
Nyai Badriyah mengingatkan, jika kita perhatikan setiap kalimat dalam ayat di atas, tampak jelas bahwa al-Qur’an selalu menyampaikan norma ideal kepada sasaran yang tepat.
Dengan cara ini, kata Nyai Badriyah, al-Qur’an telah menjadi pemberi peringatan secara tidak langsung agar pihak yang tidak lari dari tanggung jawab seperti hal yang sering manusia lakukan karena nafsunya. (Rul)