Mubadalah.id – Ada yang mengatakan bahwa perempuan yang meniru semangat dan pemikiran Kartini adalah sosok perempuan yang terbaratkan dan melanggar adat maupun nilai – nilai adat ketimuran perempuan Indonesia. Mengapa kita harus selalu berfikir sosok Kartini dan pemikirannya tidak islami, cenderung dianggap terbaratkan.
Ada beberapa orang yang mengatakan pemikiran Kartini dianggap feminis dan dipengaruhi dari barat. Namun Kalis Mardiasih, penulis buku “Muslimah yang Diperdebatkan” membantah dengan keras anggapan tersebut. Justru orang yang mengatakan hal itu pikirannya masih terjajah, atau bisa dikatakan pikiran terjajah yang sesungguhnya.
Pandangan bahwa Kartini dan pemikirannya dianggap terbaratkan tersebut muncul karena ayat-ayat agama Islam hanya dipahami secara teks, dan narasi agama yang nyaring diucapkan tanpa melihat konteks. Kemudian Islam sebenarnya menempatkan posisi laki- laki dan perempuan itu sama-sama memiliki hak untuk menuntut Ilmu. Bukankah Rasulullah juga sangat memperjuangkan hak perempuan.
Dalam salah satu hadits Nabi, disampaikan bahwa “menuntut ilmu adalah kewajiban sebagai muslim” dan dalam surat At Taubah ayat 71 menjadi dasar bahwa laki- laki dan perempuan memiliki hak politik yang sama. Kedua landasan tersebut merupakan sinyal elemen bagi perempuan dan laki-laki untuk melakukan kerjasama dalam berbagai sektor.
Mengapa kita tidak berpikir bahwa Sosok Kartini juga merupakan subjek yang utuh atau manusia perempuan Indonesia yang mengalami pengalaman sebagai perempuan Indonesia. lewat buku- bukunya yang dibaca selama di dalam masa pingitan, Interaksinya dengan kakaknya Sosrokartono yang luar biasa itu membuat Kartini jadi berpikir.
Lewat surat-surat dan interaksi dengan sahabatnya menjadi berpikir. Hal itu semua yang dilakukan Kartini membuatnya jadi berpikir, secara tidak langsung Kartini adalah sosok subjek Intelektual. Mengapa kemudian Kartini atau perempuan yang berpikir dianggap terbaratkan?
Dalam Islam juga sudah diberikan contoh oleh Aisyah ra, beliau juga merupakan guru ideologis untuk Kartini. Lewat Aisyah banyak lahir tokoh- tokoh muslim perempuan diantaranya Sayyidah Sakinah al Husain bin Ali bin Abi Thalib, al Khansa’, Rabiatul Adawiyah.
Sayyidah Aisyah juga menjadi panglima perang, perawi hadits terbanyak. Menghadirkan teks al Qur’an penting juga menghadirkan pemahaman terhadap dan pesan agar tidak terjebak dalam definisi yang subyektif. Tanggapan bahwa ayat-ayat al Qur’an menjadi pembatas aktivitas perempuan menjadi salah satu bentuk konstruksi sosial.
Islam sebagai landasan dalam memahami tujuan penciptaan manusia, terdapat pilar utama dimana hal itu terungkap dalam Q.S Az-Zariyat ayat 56, yang berbunyi :
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ
Artinya: “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.”
Derivasi atas ayat diatas menjelaskan Allah menyapa baik perempuan maupun laki- laki. Maka doa perempuan maupuan laki- laki langsung sampai tanpa diwakilkan. Memiliki sifat setara, berbuat baik mendapat pahala, mereka berbuat baik juga mendapatkan pahala dan sebaliknya.
Kemudian Al- Qur’an juga menjelaskan tujuan diciptakan manusia menjadi Khalifah fil ard atau wakil Allah di bumi yang menciptkan kebaikan bersama di dunia. Bisa dipahami dari ayat asal manusia memiliki potensi mengutuhkan segala kemanusiannya dan menyuarakan kebaikan untuk sekitar. Karena pada dasarnya manusia juga bisa jadi subjek intelektual dan subjek spiritual. Tanpa harus melihat itu perempuan atau laki- laki.
Perayaan peringatan Hari Kartini seharusnya menjadikan sebuah refleksi bersama. Bahwa perjuangannya dalam mendobrak stigma perempuan sekaligus membuka pemahaman tentang perempuan yang berpotensi menjadi manusia spiritual, dan intelektual tanpa harus mengkotak-kotakkan asal, suku dari timur atau barat.
Tidak hanya perihal kecantikan atau dalam penampilan saja. Namun merdeka yang sesungguhnya bagi perempuan adalah melalui perjuangan untuk memperkaya pengetahuan, bergerak untuk memberikan manfaat dan menjunjung nilai- nilai kesetaraan dan keadilan. Sehingga, hari Kartini tidaklah sekadar suatu perayaan tahunan semata. Lebih dari itu, 21 April seharusnya menjadi pengingat dan pemacu semangat bagi kita semua untuk melanjutkan perjuangan Kartini dalam menebarkan manfaat seluas- luasnya di muka bumi ini. []