Pernyatan yang menyatakan perempuan mendapatkan setengah bagian laki laki dalam waris karena jenis kelaminnya, adalah pernyataan yang tidak tepat. Sebab banyak perempuan mendapatkan bagian yang sama dengan laki laki, bahkan mendapatkan bagian waris lebih banyak.
Jika kita mengkaji ilmu waris, maka segera diketahui bahwa ada 4 bentuk/kondisi pewarisan, sebagaimana di tuturkan oleh Dr Ali Jum’ah Mufti ad diyar al mishriyah. 4 kondisi itu adalah;
Pertama, hanya Ada 4 kondisi dimana perempuan mendapatkan bagian setengah dari laki laki. Kedua, ada 11 kondisi dimana bagian laki laki dan perempuan setara. Ketiga, justru Ada 14 kondisi dimana perempuan lebih banyak bagiannya ketimbang laki laki. Keempat, dan ada 5 kondisi dimana perempuan mendapat warist sementara laki laki yang sederajatnya tidak mendapatkannya.
Contoh pertama: jika orang tua yg meninggal hanya meninggalkan anak perempuan dan beberapa anak laki laki, atau meninggalkan anak perempuan dari anak laki laki dan anak laki laki dari anak laki laki. Maka bagian perempuan separoh laki laki.
Contoh kedua: jika ahli waris terdiri dari ayah dan ibu ketika ada anak yang menjadi ahli waris juga, atau saudara laki laki dan saudara perempuan seibu. Maka bagian laki laki dan perempuan adalah sama.
Contoh ketiga; jika ahli warist terdiri dari seorang anak perempuan dan suami, atau suami dan dua anak perempuan, maka bagian perempuan lebih banyak dari bagian laki laki.
Keempat; jika perempuan meninggal dunia dan meninggalkan suami, ayah, ibu, anak perempuan, anak perempuan dari anak laki laki, dan si mayyit meninggalkan harta dalam jumlah tertentu. Maka seandainya si mayyit meninggalkan anak laki laki dari anak laki laki, maka anak ini tidak ada akan mendapatkan bagian sisa, karena habis terbagi. Beda halnya jika anak perempuan dari anak laki laki.
Jadi dasar perbedaan pembagian waris bukanlah jenis kelamin, melainkan keadilan. Keadilan adalah spirit dan ruh teks warist. Apa makna angka angka tampa ruh keadilan di dalamnnya. Jika seorang lebih berpijak pada keadilan dalam warist maka pasti tidak bertentangan dengan teks, karena keadilan justru bagian penting dari teks. Berpijak pada keadilan adalah berpijak pada teks.
Sama seperti jika orang tua mengeluarkan teks pada anaknya “Nak jangan keluar rumah supaya tidak kehujanan.” Tujuan teks ini adalah agar anak tidak kehujanan dan tidak sakit. Nah jika anak keluar rumah dengan membawa payung dan mantel dan ternyata tidak kehujanan dan tidak sakit, apakah tindakannya bertentangan dengan teks “Nak Jangan keluar… “. Tentu tidak sebab tujuan tidak kehujanan dan tidak sakit adalah bagian penting dari teks di atas.
Al Qur’an adalah kitab suci yg luar biasa. Al Qur’an bukan hanya sederetan huruf huruf dan kata kata, melainkan kandungan maknanya yang bagaikan lautan, tak pernah habis untuk diteguk sepanjang masa. Wallahu A’lam. []