Jumat, 7 November 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Memudahkan

    Fiqh Haid yang Memudahkan, Bukan Menyulitkan Perempuan

    Pesantren Inklusif

    Pesantren Inklusif untuk Penyandang Disabilitas

    Haid yang

    Fiqh Haid yang Kehilangan Empati terhadap Perempuan

    Menikah

    Menikah: Saling Mengadaptasi Keterasingan

    Haid yang

    Fiqh Haid: Rumitnya Hukum yang Tak Terjangkau Perempuan

    Digital Parent

    Digital Parent: Anak Dalam Bayangan Kekerasan Online

    Fiqh Haid

    Menafsir Ulang Fiqh Haid

    Disabilitas

    Memperjuangkan Kontestasi Makna: Mengapa ‘Disabilitas’ Lebih Manusiawi dari ‘Cacat’

    Fiqh Haid

    Fiqh Haid: Membebaskan Tubuh Perempuan dari Stigma Najis

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Disabilitas

    Di UNIK Cipasung, Zahra Amin: Jadikan Media Digital Ruang Advokasi bagi Penyandang Disabilitas

    Bagi Disabilitas

    Rektor Abdul Chobir: Kampus Harus Berani Melahirkan Gagasan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas

    Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    4 Fondasi Utama Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah bagi

    Fiqh al-Murunah: Menakar Azimah dan Rukhsah dari Pengalaman Difabel

    Fiqh al-Murunah yang

    Fiqh Al-Murunah: Fiqh yang Lentur, Partisipatif, dan Memberdayakan

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah, Gagasan Baru yang Terinspirasi dari Dua Tokoh NU dan Muhammadiyah

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Menempatkan Penyandang Disabilitas sebagai Subjek Penuh (Fā‘il Kāmil)

    Fiqh al-Murunah

    Fiqh al-Murunah: Terobosan KUPI untuk Menempatkan Difabel sebagai Subjek Penuh dalam Hukum Islam

    Fiqh al-Murunah yang

    Dr. Faqihuddin Abdul Kodir: Fiqh al-Murūnah, Paradigma Baru Keislaman Inklusif bagi Disabilitas

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Memudahkan

    Fiqh Haid yang Memudahkan, Bukan Menyulitkan Perempuan

    Pesantren Inklusif

    Pesantren Inklusif untuk Penyandang Disabilitas

    Haid yang

    Fiqh Haid yang Kehilangan Empati terhadap Perempuan

    Menikah

    Menikah: Saling Mengadaptasi Keterasingan

    Haid yang

    Fiqh Haid: Rumitnya Hukum yang Tak Terjangkau Perempuan

    Digital Parent

    Digital Parent: Anak Dalam Bayangan Kekerasan Online

    Fiqh Haid

    Menafsir Ulang Fiqh Haid

    Disabilitas

    Memperjuangkan Kontestasi Makna: Mengapa ‘Disabilitas’ Lebih Manusiawi dari ‘Cacat’

    Fiqh Haid

    Fiqh Haid: Membebaskan Tubuh Perempuan dari Stigma Najis

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

    Perempuan Lebih Rendah

    Ketakwaan Perempuan Tidak Lebih Rendah dari Laki-laki

    Keterbukaan Rumah Tangga

    Keterbukaan Adalah Kunci Utama Keharmonisan Rumah Tangga

    Keterbukaan

    Pentingnya Sikap Saling Keterbukaan dalam Rumah Tangga

    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom

Kerjasama Ibu dan Anak Menghadapi Pengalaman Biologis

Jika perempuan menstruasi dimitoskan sebagai “perempuan kotor”, maka perempuan menopause dimitoskan sebagai “perempuan  infertil (mandul)”. Kedua mitos antara ibu dan anak ini tentu saja membawa konsekuensi panjang di masyarakat.

Yulinar Aini Rahmah Yulinar Aini Rahmah
5 Januari 2021
in Keluarga, Kolom
0
Ibu dan Anak

Ibu dan Anak

148
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – “Jika seorang ibu mempersiapkan segala kebutuhan anak perempuannya saat menarche (menstruasi pertama), maka adakah timbal balik selanjutnya antara ibu dan anak, misal seorang anak perempuan mempersiapkan segala kebutuhan ibunya saat perimenopause (tahap pertama menopause)?”.

Menstruasi dan menopause merupakan pengalaman biologis yang dijalani perempuan. Ketika pengalaman itu tiba, menunjukkan bagaimana membangun relasi ibu dan anak saat menghadapinya. Sekira begitulah pertanyaan yang muncul beberapa hari setelah perayaan hari ibu usai beberapa minggu yang lalu.

Sebagaimana relasi ibu dan anak yang saya alami. Saya tiba-tiba teringat hari dimana saya mengalami menstruasi pertama. Ibu menghampiri saya dan saya merasa kebingungan. Menstruasi dan menopause merupakan dua fase pada diri perempuan yang kedatangannya ditunggangi mitos-mitos yang cenderung mendiskreditkan perempuan.

Jika perempuan menstruasi dimitoskan sebagai “perempuan kotor”, maka perempuan menopause dimitoskan sebagai “perempuan  infertil (mandul)”. Kedua mitos antara ibu dan anak ini tentu saja membawa konsekuensi panjang di masyarakat.

Mitos perempuan kotor pada fase menstruasi mengandung konsekuensi bahwa wanita harus dijauhi secara mutlak seperti tidak boleh tinggal satu rumah atau menggunakan peralatan secara bersama-sama dengan si perempuan menstruasi. Sedangkan pada fase menopause, mitos perempuan infertil memiliki konsekuensi pada berkurangnya pelayanan prima terhadap suami.

Kedua konsekuensi ini mungkin terdengar “jadul” dan barangkali tidak lagi dilakukan oleh masyarakat saat ini. Namun faktanya, masih ada konsekuensi kecil dan remeh yang tetap saja menyelimuti, sebut satu saja misalnya menjadi bulan-bulanan teman laki-laki.

Saya masih ingat kejadian kawan sebangku saat menstruasi yang rok belakangnya penuh dengan bercak merah. Kejadian ini membuat teman laki-laki kami tertawa dan mem-bully-nya habis-habisan. Bulian semacam ini tentunya tidak seharusnya terjadi.

Beberapa pandangan negatif masyarakat tersebut mau tidak mau tumbuh dalam pre-asumsi seorang perempuan. Bisa dibayangkan, bagaimana tekanan-tekanan menghantui pikiran seorang perempuan pada masa-masa jelang memasuki dua fase tersebut. Tentu tidak semua perempuan mengalami tekanan tersebut. lagi-lagi, edukasi dan relasi ibu dan anak memang diperlukan di sini.

Secara ilmiah fase menstruasi dan menopause telah banyak dijelaskan oleh para ahli. Salah satu indikasi masuknya perempuan pada dua fase tersebut adalah adanya perubahan-perubahan yang terjadi pada aspek fisik maupun psikologis.

Pada fase menstuasi, beberapa perubahan fisik terjadi seperti munculnya benjolan payudara, tumbuh rambut di ketiak dan kemaluan serta perubahan fisik lainnya. Sedangkan pada fase menopause, perubahan fisik yang terjadi diantaranya payudara yang mulai kendur, kulit kering dan perubahan fisik lain yang mengarah pada berkurangnya fungsi organ.

Meskipun saat menstruasi dan menopause perubahan fisik perempuan mengarah pada kutub yang berlawanan, perubahan psikis pada dua fase ini memiliki ciri yang sama. Perempuan menjelang masa menstruasi dan menopause akan mengalami rasa malu hingga insecure. Dalam kondisi seperti ini, peran relasi ibu dan anak, serta orang-orang sekitar terutama keluarga sangat diperlukan.

Dengan minimnya pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki perempuan di awal memasuki fase menstruasi, peran orang tua khususnya ibu sangat dibutuhkan dalam me-manage hal-hal besar yang akan dihadapi si anak perempuan. Maka relasi ibu dan anak penting untuk dikuatkan.

Misal, datangnya darah dan bagaimana memperlakukannya, perubahan fisik dan bagaimana cara penerimaannya, juga perubahan mood dan bagaimana mengendalikannya. Tak lupa termasuk hal-hal detail seperti menjelaskan cara pemakaian pembalut untuk pertama kalinya, menghitung periode menstruasi, bahkan memberikan pengertian tentang hal-hal “klenik” berkaitan dengan menstruasi.

Jika pada fase menarche, seorang ibu dengan sedemikian telaten merawat dan mempersiapkan segala kebutuhan anak perempuannya, maka sudah barang tentu seorang anak perempuan membersamai ibunya pada fase perimenopause. Sehingga terbangun kesalingan antara ibu dan anak.

Berdasarkan teori umum tentang dukungan sosial yang dikutip dari buku berjudul “Menopause: Masalah & Penanganannya”, individu yang diharapkan bisa memberikan dukungan sosial antara lain pasangan, orang tua, anak, sanak keluarga, teman, tim kesehatan, atasan dan konselor.

Sedangkan bentuk-bentuk dukungan yang bisa dilakukan antara lain berupa dukungan emosional seperti mendengarkan keluhan, dukungan informasional seperti memberikan atau mencarikan informasi serta dukungan konkret dalam bentuk pekerjaan-pekerjaan fisik.

Dukungan-dukungan tersebut tidak lain sebagai bentuk kepedulian terhadap perempuan yang memasuki awal fase menopause dalam rangka mengurangi sedikit beban fisik dan psikis yang ditanggungnya. Jika ditilik lebih dalam, ada berbagai hal kompleks yang selama ini tidak berani diutarakan perempuan yang memasuki fase menopause disebabkan anggapan tabu atau bahkan anggapan sepele masyarakat.

Hal tersebut mendorong salah satu praktisi family planning yang juga seorang wartawan Selandia Baru, Raewyn Mackenzie membuat sebuah seminar tentang menopause yang melibatkan perempuan yang memasuki fase menopause maupun yang belum.

Hasil dari pertanyaan dan diskusi dalam seminar tersebut diceritakan dengan epic oleh Mackenzie dalam sebuah buku berjudul “Menopause: A prcatical, self help guide for women” yang juga sudah tersedia dalam versi bahasa Indonesia dengan judul “Menopause Tuntunan Praktis untuk Wanita”.

Melalui buku ini, Mackenzie membagi ilmu tentang menopause dalam panduan sederhana dengan format bahasa yang mudah agar bisa diakses oleh perempuan-perempuan berbagai lapisan. Namun tidak ada salahnya jika buku ini juga direkomendasikan untuk perempuan-perempuan yang belum memasuki masa menopause.

Selain untuk pembelajaran jangka panjang dirinya sendiri, tujuan yang tidak kalah pentingnya adalah turut membersamai ibunya yang sedang memasuki masa menopause. Lebih luas lagi, rekomendasi buku Mackenzie ini juga berlaku untuk para laki-laki dalam membersamai perempuan-perempuannya (ibu atau istrinya) yang berada pada fase menjelang menopause.

Jadi, sudah seberapakah kepedulian kita terhadap ibu kita yang menopause? Bukankah kita selalu meminta Tuhan menyayangi orang tua kita sebagaimana kita kecil sebagai bukti kelemahan kita untuk bisa membalas budi orangtua?

Namun tidak ada salahnya kita melakukan tindakan-tindakan kecil seperti membersamai ibu kita ketika menopause. Barangkali dengan hal-hal kecil seperti inilah harmoni kesalingan-kesalingan ibu dan anak akan tumbuh. []

Tags: Anak PerempuanIbuKesalinganMenstruasiPengalaman biologis perempuanperempuanRelasi Orang Tua dan Anak
Yulinar Aini Rahmah

Yulinar Aini Rahmah

Terkait Posts

Haid yang
Keluarga

Fiqh Haid yang Kehilangan Empati terhadap Perempuan

7 November 2025
Haid yang
Keluarga

Fiqh Haid: Rumitnya Hukum yang Tak Terjangkau Perempuan

7 November 2025
Fiqh Haid
Keluarga

Fiqh Haid: Membebaskan Tubuh Perempuan dari Stigma Najis

6 November 2025
Belum Punya Anak
Personal

Luka dari Kalimat “Belum Sempurna Karena Belum Punya Anak”

6 November 2025
Pengalaman Perempuan
Keluarga

Ketika Nabi Saw Mendengar Pengalaman Perempuan

5 November 2025
haid nifas dan istihadhah
Keluarga

Persoalan Haid, Nifas, dan Istihadhah: Nabi Mendengar Langsung dari Perempuan

5 November 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Digital Parent

    Digital Parent: Anak Dalam Bayangan Kekerasan Online

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menafsir Ulang Fiqh Haid

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menikah: Saling Mengadaptasi Keterasingan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fiqh Haid: Rumitnya Hukum yang Tak Terjangkau Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fiqh Haid yang Kehilangan Empati terhadap Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Fiqh Haid yang Memudahkan, Bukan Menyulitkan Perempuan
  • Pesantren Inklusif untuk Penyandang Disabilitas
  • Fiqh Haid yang Kehilangan Empati terhadap Perempuan
  • Menikah: Saling Mengadaptasi Keterasingan
  • Fiqh Haid: Rumitnya Hukum yang Tak Terjangkau Perempuan

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID