Mubadalah.id – Seringkah kamu mendengar ketika seorang istri diperlakukan tidak adil oleh suaminya, jawaban yang sering terlontar dari orang-orang adalah menyuruhnya untuk bersabar. “Bersabarlah dan tutupi aib suamimu,” katanya. Namun bagaimana bila sudah masuk ke dalam ranah kekerasan rumah tangga. Baik itu secara verbal, non verbal, hingga kekerasan seksual. Haruskah seorang perempuan tetap diam dan dilarang untuk meminta keadilan atas penindasan terhadap dirinya, dan bersabar?
Sayangnya, masih banyak orang yang salah mengartikan sabar. Sabar menurut sebagian orang adalah bersikap pasrah dan berdiam diri atas apa yang sedang menimpa dirinya, meski itu penindasan sekalipun. Bersabar dan pasrah kepada Allah tanpa berbuat apapun. Sehingga, seringnya ketika seorang perempuan dilecehkan, atau dianiaya, banyak dari kita yang hanya menyuruh mereka untuk bersabar. Padahal bersabar dalam menghadapi pelecehan dan penindasan jauh dari Islam.
Sabar bukan berarti kita diam secara pasif dengan ketidakadilan yang kita alami. Bahkan Rasulullah mengatakan untuk kita berbuat sesuatu bila melihat kemungkaran. Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu dia berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barang siapa di antara kalian yang melihat kemungkaran, hendaklah dia merubahnya dengan tangannya. Apabila tidak mampu maka hendaknya dengan lisannya. Dan apabila tidak mampu lagi maka dengan hatinya, sesungguhnya itulah selemah-lemah iman’.” (HR. Muslim).
Dari hadis ini kita bisa mengambil bahwa ada tiga tingkatan bagaimana kita merespon apabila melihat ketidakadilan. Barang siapa yang apabila mampu mengubah kemungkaran atau ketidakadilan itu dengan tangan, maka dia wajib melakukannya. Konteks tangan disini, bisa dilakukan oleh pemimpin atau petugas berwenang, yang seyogyanya mereka mempunyai kekuasaan, sehingga bisa memihak kepada korban penindasan dan memberikan hukuman kepada pelaku.
Apabila seseorang tidak bisa mengubah ketidakadilan dengan tangan, maka kewajiban melawan ketidakadilan adalah dengan menggunakan lisannya. Ini bisa kita aplikasikan bersama sebagai masyarakat umum, apalagi sesama perempuan untuk memihak kepada korban dan memberikan dukungan baik secara moril maupun lisan. Dan bila itupun kita tidak mampu, paling tidak kita ubah hati kita dengan membenci ketidakadilan itu dalam hati. Tidak membenarkan pelaku dan tahu bahwa tindakan mereka salah. Itulah selemah-lemahnya iman. Bukan malah memojokkan korban dan victim blaming.
Bersabar dan berserah itu perlu. Tapi bersabar seperti apakah itu? Bersabar pasrah kepada Allah, menerima bahwa mungkin sekarang kita sedang diberikan ujian. Namun penerimaan tersebut harus beriringan dengan usaha kita untuk mengubah keadaan. Sabar dalam setiap kondisi dalam hidup dengan tidak menyerah dan berpaling dari Allah SWT. Bukankah dalam Al-qur’an tertulis “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri.” (QS Ar-Rad: 11)
Sebagai umat Muslim memang kita dilarang untuk membicarakan aib sendiri, maupun aib sesama saudara Muslim. Juga, bahwa seseorang adalah seumpama pakaian yang menutupi kekurangan pasangannya. Namun, ada beberapa kondisi dimana kita diperbolehkan berghibah membuka aib dan membicarakan keburukan orang lain.
Laman NU merinci kondisi-kondisinya sebagai berikut;
Pertama, dalam persidangan di hadapan muka hakim. Seseorang diperbolehkan menceritakan penganiaya yang telah berbuat zalim terhadapnya.
Kedua, melaporkan kejadian tindakan penganiayan kepada pihak berwajib dengan maksud mengubah kemungkaran tersebut.
Ketiga, dalam hal menanyakan suatu fatwa, seseorang diperbolehkan menceritakan dengan maksud memberi penggambaran yang jelas kepada ulama yang mengeluarkan fatwa.
Keempat, mengingatkan publik agar terhindar dari kejahatan si pelaku. Dalam kondisi ini dimana kejahata pelaku belum terungkap ke publik dengan maksud supaya tidak ada lagi korban selanjutnya.
Kelima, dalam kondisi dimana pelaku melakukan kejahatan secara terang-terangan. Dalam kondisi ini kita diperbolehkan membicarakan kejahatan pelaku sesuai dengan perbuatannya.
Keenam, untuk menandai seseorang yang kurang fisiknya atau gelar buruk sebagai penanda. Misalnya ketika di suatu tempat, banyak orang yang kebetulan bernama si Fulan, maka kita diperbolehkan memanggilnya tanpa bermaksud merendahkan, dengan sebutan si Fulan yang pendek, si Fulan yang tuna rungu, dsb. Namun alangkah baiknya, hal tersebut telah disepakatai dengan orang yang bersangkutan untuk menghindari melukai perasaan orang tersebut.
Semua yang kita miliki, termasuk tubuh kita adalah titipan. Pada waktunya nanti, semua akan kembali kepada Allah SWT. Maka sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga amanah dengan mencintai diri kita sebagai bentuk ketaatan kepada Allah. Menuntut keadilan ketika diri kita diperlakukan tidak sebagaimana mestinya, adalah salah satu bentuk mencintai dan menghargai diri kita sebagai makhluk ciptaan Allah.
Begitu pula bila kita melihat bentuk kemungkaran. Cobalah ubah dengan tangan, bila tidak mampu maka suarakan dan ubah melalui lisan. Bila itu pun kita tidak mampu, maka ubahlah hati kita dengan membenci kemungkaran itu. Itulah selemah-lemahnya iman. []