Rabu, 17 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    gerakan peradaban

    Peran Ulama Perempuan KUPI dalam Membangun Gerakan Peradaban

    Kemiskinan Perempuan

    KUPI Dorong Peran Ulama Perempuan Merespons Kemiskinan Struktural dan Krisis Lingkungan

    Kekerasan Seksual

    Forum Halaqah Kubra KUPI Bahas Kekerasan Seksual, KDRT, dan KBGO terhadap Perempuan

    Gender KUPI

    Julia Suryakusuma Apresiasi Peran KUPI dalam Mendorong Islam Berkeadilan Gender

    sikap ambivalen

    Julia Suryakusuma Soroti Ancaman Kekerasan Seksual dan Sikap Ambivalen terhadap Feminisme

    Feminisme

    Julia Suryakusuma: Feminisme Masih Dibutuhkan di Tengah Krisis Multidimensi Indonesia

    Krisis

    Di Halaqah KUPI, GKR Hemas Tekankan Peran Ulama Perempuan Hadapi Krisis Bangsa

    KUPI adalah

    GKR Hemas: KUPI Adalah Gerakan Peradaban, Bukan Sekadar Forum Keilmuan

    Dialog Publik KUPI

    Dialog Publik KUPI: Dari Capaian hingga Tantangan Gerakan Keulamaan Perempuan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Tubuh Perempuan

    Ketika Tubuh Perempuan Dijadikan Alat Dagang

    Seksisme

    Bahaya Normalisasi Seksisme dalam Wacana Keagamaan

    Donasi Pembalut

    Donasi Pembalut Tidak Penting? Ini Bukti Kesehatan Reproduksi Masih Diremehkan

    Konservatisme Islam

    Menguatnya Konservatisme Islam Kian Menekan Perempuan

    Hidup yang Bermakna

    Hidup yang Bermakna dalam Perspektif Katolik

    Ruang Digital

    Menjaga Jari di Ruang Digital: Etika Qur’ani di Tengah Krisis Privasi

    Isu perempuan

    Menjadi Lelaki Penyuara Isu Perempuan, Bisakah?

    Lingkungan Perempuan

    Kerusakan Lingkungan dan Beban yang Dipikul Perempuan

    Halaqah Kubra KUPI

    Halaqah Kubra KUPI Dua Ribu Dua Lima yang Sarat Makna

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    gerakan peradaban

    Peran Ulama Perempuan KUPI dalam Membangun Gerakan Peradaban

    Kemiskinan Perempuan

    KUPI Dorong Peran Ulama Perempuan Merespons Kemiskinan Struktural dan Krisis Lingkungan

    Kekerasan Seksual

    Forum Halaqah Kubra KUPI Bahas Kekerasan Seksual, KDRT, dan KBGO terhadap Perempuan

    Gender KUPI

    Julia Suryakusuma Apresiasi Peran KUPI dalam Mendorong Islam Berkeadilan Gender

    sikap ambivalen

    Julia Suryakusuma Soroti Ancaman Kekerasan Seksual dan Sikap Ambivalen terhadap Feminisme

    Feminisme

    Julia Suryakusuma: Feminisme Masih Dibutuhkan di Tengah Krisis Multidimensi Indonesia

    Krisis

    Di Halaqah KUPI, GKR Hemas Tekankan Peran Ulama Perempuan Hadapi Krisis Bangsa

    KUPI adalah

    GKR Hemas: KUPI Adalah Gerakan Peradaban, Bukan Sekadar Forum Keilmuan

    Dialog Publik KUPI

    Dialog Publik KUPI: Dari Capaian hingga Tantangan Gerakan Keulamaan Perempuan

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Tubuh Perempuan

    Ketika Tubuh Perempuan Dijadikan Alat Dagang

    Seksisme

    Bahaya Normalisasi Seksisme dalam Wacana Keagamaan

    Donasi Pembalut

    Donasi Pembalut Tidak Penting? Ini Bukti Kesehatan Reproduksi Masih Diremehkan

    Konservatisme Islam

    Menguatnya Konservatisme Islam Kian Menekan Perempuan

    Hidup yang Bermakna

    Hidup yang Bermakna dalam Perspektif Katolik

    Ruang Digital

    Menjaga Jari di Ruang Digital: Etika Qur’ani di Tengah Krisis Privasi

    Isu perempuan

    Menjadi Lelaki Penyuara Isu Perempuan, Bisakah?

    Lingkungan Perempuan

    Kerusakan Lingkungan dan Beban yang Dipikul Perempuan

    Halaqah Kubra KUPI

    Halaqah Kubra KUPI Dua Ribu Dua Lima yang Sarat Makna

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Ketika Tubuh Perempuan Dijadikan Alat Dagang

Menjadikan tubuh perempuan sebagai alat promosi berarti memindahkan nilai manusia ke level komoditas

Zikri Alvi Muharam Zikri Alvi Muharam
17 Desember 2025
in Publik
0
Tubuh Perempuan

Tubuh Perempuan

766
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Suatu hari di Depok, saya mendengar kalimat yang terdengar biasa: “Ayo mampir, di sini ada SPG (Sales Promotion Girl) yang cantik-cantik.” Kalimat itu meluncur ringan, seolah tak menyisakan soal. Namun, justru karena kelumrahannya, kita layak mempertanyakannya. Sebab di balik ajakan sederhana itu, tersimpan cara pandang yang problematik terhadap tubuh perempuan dan relasi kerja.

Ucapan tersebut tidak sedang menawarkan kualitas produk, harga bersaing, atau pelayanan ramah. Ia justru menempatkan kecantikan perempuan sebagai daya jual utama. Di sini sangat jelas bagaimana budaya “patriarki” mereduksi perempuan. Dalam konteks ini, perempuan bukan sebagai subjek kerja yang profesional, melainkan sebagai alat untuk menarik konsumen. Praktik semacam ini menandai relasi yang timpang.

Kerja yang Kehilangan Martabat Relasional

Islam membangun relasi, termasuk relasi kerja dan ekonomi, dengan prinsip kesalingan (mutuality). Tidak boleh ada pihak dengan dalih apapun untuk merendahkan pihak lain.

Ketika tubuh perempuan menjadi umpan dagang, di sanalah relasi kehilangan kesalingannya. Keuntungan ekonomi mengalir ke pemilik usaha atau brand, sementara perempuan menanggung beban simbolik. Penampilan menjadi indikator nilai, bukan kompetensi. Kerja yang seharusnya menjadi sumber kehormatan, justru mempersempit makna “perempuan” sebagai subjek penuh.

Padahal dalam Islam, kerja adalah bentuk kemuliaan manusia. Nabi Muhammad saw bersabda

Tidak ada seseorang yang memakan satu makanan pun yang lebih baik dari makanan hasil usaha tangannya (bekerja) sendiri. Dan sesungguhnya Nabi Allah Daud as. memakan makanan dari hasil usahanya sendiri. (HR Bukhari)

Sangat jelas! bagaimana rupa bukan menjadi tolak ukur nilai kerja, melainkan dari usaha dan kejujuran. Praktik promosi berbasis tubuh perempuan jelas bertentangan dengan prinsip ini.

Bahasa yang Menormalisasi Objektifikasi Perempuan

Bahasa bukan sekadar alat komunikasi; ia membentuk kesadaran sosial. Frasa “SPG cantik” terdengar sepele karena sudah terlalu sering terulang di telinga khalayak. Namun pengulangan itulah yang menormalisasi objektifikasi.

Perempuan dipandang sebagai tampilan visual yang bisa dipamerkan, dinilai, dan digunakan untuk memancing transaksi. Identitas mereka sebagai pekerja dengan keterampilan komunikasi, pengetahuan produk, dan kemampuan melayani pelanggan menjadi tak terlihat dan terabaikan.

Dalam perspektif keadilan gender, ini adalah bentuk objektifikasi.  ini berarti gagal memanusiakan manusia. Al-Qur’an dengan tegas menyatakan bahwa Allah SWT memuliakan manusia dengan segala potensi yang melekat pada diri mereka (QS. Al-Isra: 70), tanpa syarat fisik tertentu. Ketika menjadikan kecantikan tubuh perempuan sebagai standar nilai, di situlah logika pasar mampu mereduksi anugerah kemuliaan itu.

Antara “Pilihan” dan Ketimpangan Struktural

Sering kali kritik terhadap praktik ini mendapat bantahan dengan narasi yang keliru, “Mereka kan mau.”  Makanya, tidak cukup berhenti pada permukaan pilihan individual. Kita juga perlu melihat struktur yang membentuk pilihan tersebut.

Ketika lapangan kerja mensyaratkan standar fisik tertentu—usia, warna kulit, bentuk tubuh—memaksa perempuan beradaptasi agar tetap punya akses ekonomi. Persetujuan yang lahir dari keterbatasan pilihan, biasanya, tidak terlepas dari ketidakadilan struktural.

Di sinilah eksploitasi bekerja secara halus. Tidak selalu melalui paksaan langsung, tetapi lewat sistem yang membuat tubuh perempuan menjadi modal utama untuk bertahan hidup. Ini bukan sekadar soal individu, melainkan soal sistem yang memerlukan koreksi bersama.

Penting diperhatikan, kritik atau koreksi ini tidak diarahkan kepada SPG sebagai individu. Mereka adalah pekerja yang berjuang dalam sistem yang tersedia. Jika menyalahkan perempuan justru memperpanjang ketidakadilan.

Yang perlu kita kritik adalah sistem pemasaran dan cara pandang yang; mengukur nilai kerja dari penampilan, mengabaikan kompetensi dan profesionalisme, serta menguntungkan satu pihak dengan merugikan pihak lain secara simbolik.

Promosi yang Lebih Berkeadilan

Islam menaruh perhatian besar pada etika relasi. Al-Qur’an mengingatkan agar manusia tidak saling merendahkan (QS. Al-Hujurat: 11). Dalam konteks ini, merendahkan bukan hanya lewat hinaan verbal, tetapi juga melalui praktik sosial yang mengabaikan martabat.

Menjadikan tubuh perempuan sebagai alat promosi berarti memindahkan nilai manusia ke level komoditas. Etika berelasi  ini seharusnya hadir bukan hanya dalam ruang ibadah, tetapi juga dalam praktik muamalah lain di kehidupan sehari-hari.

Sudah saatnya kita bertanya: mungkinkah melakukan promosi tanpa mengorbankan martabat? Jawabannya tentu mungkin dan sangat bisa. Pelaku usaha bisa melakukan strategi menjual produk lewat kualitas, pelayanan, kejujuran, dan profesionalisme—bukan lewat eksploitasi tubuh.

Perempuan bukan etalase dagang. Mereka adalah mitra kerja, subjek bermartabat, dan manusia utuh. Dalam etika relasi dalam ketenagakerjaan, keuntungan sejati bukan hanya soal laba ekonomi, tetapi tentang bagaimana membangun relasi secara adil dan saling memuliakan.

Jika keadilan adalah tujuan, maka cara mencapainya pun harus adil. []

Tags: Budaya PatriarkiObjektifikasiRelasiStandar Kecantikantubuh perempuan
Zikri Alvi Muharam

Zikri Alvi Muharam

Mas-mas yang sehari-harinya di kebun & sawah

Terkait Posts

Film Gowok
Film

Film Gowok: Ketika Kebencian Menghancurkan Rasa Kemanusiaan

13 Desember 2025
standar kecantikan
Aktual

Budaya Pop dan Standar Kecantikan yang Menyempitkan Perempuan

11 Desember 2025
Media Sosial Anak
Keluarga

Perlukah Indonesia Batasi Usia Media Sosial Anak?

10 Desember 2025
Manusia dan Alam
Publik

Alam Bukan Objek: Nyatanya Manusia dan Alam Saling Menghidupi

8 Desember 2025
Makna Ibadah
Uncategorized

Makna Ibadah dalam Bayang Ritualitas

8 Desember 2025
Ekoteologi Islam
Publik

Ekoteologi Islam: Membangun Etika Lingkungan di Era Antroposen

7 Desember 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kemiskinan Perempuan

    KUPI Dorong Peran Ulama Perempuan Merespons Kemiskinan Struktural dan Krisis Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Forum Halaqah Kubra KUPI Bahas Kekerasan Seksual, KDRT, dan KBGO terhadap Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menjadi Lelaki Penyuara Isu Perempuan, Bisakah?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menjaga Jari di Ruang Digital: Etika Qur’ani di Tengah Krisis Privasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menguatnya Konservatisme Islam Kian Menekan Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Buku Jilbab dan Aurat: Membaca Ulang Tanda Kesalehan Perempuan
  • Ketika Tubuh Perempuan Dijadikan Alat Dagang
  • Bahaya Normalisasi Seksisme dalam Wacana Keagamaan
  • Donasi Pembalut Tidak Penting? Ini Bukti Kesehatan Reproduksi Masih Diremehkan
  • Menguatnya Konservatisme Islam Kian Menekan Perempuan

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID