Mubadalah.id – Dari sebuah gua yang sepi, senyap, dan pengap, Nabi Muhammad Saw tampil dengan senyum dan percaya diri. Tuhan, melalui Jibril, telah membisiki beliau pesanpesan profetik yang harus beliau sampaikan kepada dunia yang tengah sekarat dan dalam kegelapan yang pekat. Tuhan memproklamasikan beliau sebagai kekasih, nabi, dan utusan-Nya.
Muhammad bin Abdullah melangkah sendirian, setapak demi setapak, tetapi pasti, dan tanpa gentar menghadapi masyarakat pegunungan tandus yang disebut oleh al-Qur’an sebagai asyadd kufran wa nijaqan (keras kepala dan hipokrit).
Nabi juga telah siap menghadapi para jagoan Makkah, seperti Umar bin Khathab Ra. (ketika ia belum memeluk Islam). Orang ini adalah jawara yang paling penduduk kampung itu takuti. Kejujuran kata-kata, keramahan penuh, dan senyuman manis yang selalu ditampilkannya telah meluluhkan hati setiap orang.
Umar bin Khathab Ra, sang jagoan itu, pada akhirnya juga menemui nabi dan bersimpuh di hadapan beliau sambil bersumpah setia kepada beliau serta menyatakan siap kapan pun dan di mana pun membela beliau, meski dengan mempertaruhkan nyawanya sekalipun.
Sudah lama nabi berdoa agar ia atau Abu Jahal yang juga bernama Amr bin Hisyam jagoan lainnya, tertarik kepadanya. Beliau berdoa: “Allahumma a’izzil Islam bi ahadil umarain (Wahai Tuhan, perkuatlah Islam dengan salah satu orang ini: Umar bin Khathab Ra. atau ‘Amr bin Hisyam).
Selama 13 tahun lamanya, Nabi Muhammad Saw menawarkan gagasan profetik-humanis. Beliau menyerukan kaum beliau di Makkah untuk beriman kepada Allah Swt.
“Hai manusia, hanya Tuhan saja yang seharusnya kalian sembah, yang kalian agungkan, bukan yang lain,” sabda beliau setiap saat.
Sejumlah orang mengikuti seruan beliau, tetapi masih lebih banyak lagi yang menentang beliau. Kehadiran nabi dengan gagasan monoteisme itu telah mengganggu ketenangan tradisi, mengancam kekuasaan status quo.
Maka, penindasan demi penindasan terhadap nabi dan pengikut beliau terus berlangsung, setiap hari, setiap saat. Dan dengan segala cara: merayu, mengancam, teror, kekerasan fisik, sampai politik isolasi. []