• Login
  • Register
Jumat, 4 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Keluarga

Lima Pilar Pernikahan yang Patut Dipertimbangkan untuk Pasangan

Fatikha Yuliana Fatikha Yuliana
15/10/2019
in Keluarga
0
363
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Pernikahan bagi sebagian lajang, laki-laki maupun perempuan, seringkali dibayangkan sebagai sesuatu yang rumit dan menakutkan. Ruang yang begitu penuh sekat dan berbatas. Tetapi bagi sebagian lainnya justru menjadikan pernikahan sebagai ruang yang membahagiakan. Apa saja pilar pernikahan?

Lajang yang merasa ketakutan dengan kehidupan pernikahan ini biasanya sering dihadapkan dengan hal-hal yang krusial dari dalam dirinya dan dari luar dirinya entah itu pasangan, keluarga, atau lingkungan sosial lainnya. Sehingga berbagai pertimbangan harus dimunculkan untuk menghasilkan keputusan yang baik dan maslahah bagi dirinya.

Tak jarang pertimbangan-pertimbangan ini justru membuat pertentangan dalam dirinya dan memunculkan diskusi-diskusi yang bertumpuk di kepala. Keraguan dan kekhawatiran menjadi persoalan batin tersendiri.

Dalam pernikahan diperlukan pondasi dan pilar untuk menyangga kehidupan rumah tangga yang harus dicapai bersama oleh pasangan suami dan istri, laki-laki dan perempuan. Mewujudkan dan melestarikannya secara bersama oleh keduanya, suami dan istri.

Ada lima pilar pernikahan dalam Alquran yang patut dipertimbangkan untuk pasangan sebelum melangkah menjalani kehidupan rumah tangga. Pertama, dalam QS. An-Nisaa’: 21 menyebutkan mitsaqan ghalizhan, yaitu perempuan menerima perjanjian kokoh dari laki-laki yang menikahinya. Perjanjian berarti kesepakatan dan komitmen kedua belah pihak.

Baca Juga:

Berjalan Bersama, Menafsir Bersama: Epistemic Partnership dalam Tubuh Gerakan KUPI

Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi

Pak Bahlil, Kritik Tambang Bukan Tanda Anti-Pembangunan

Mengapa Islam Harus Membela Kaum Lemah?

Perjanjian ini diwujudkan melalui akad nikah. Keduanya bersepakat, berjanji, dan berkomitmen untuk berumah tangga dan hidup bersama mewujudkan ketenteraman dan cinta kasih (sakinah mawaddah wa rahmah). Perjanjian tersebut harus diingat, dijaga, dan dikelola bersama oleh keduanya. Sebagaimana Alquran menyebutnya sebagai ‘perjanjian kokoh’, artinya perjanjian yang harus terus dikokohkan secara bersama-sama sepanjang kehidupan pernikahan.

Dr. Nur Rofiah, Bil. Uzm, tokoh ulama perempuan dan dosen studi Alquran di Pascasarjana Perguruan Tinggi Ilmu al-Quran, menegaskan bahwa perilaku baik kepada istri (perempuan) adalah bagian dari ketakwaan kepada Allah Swt. Perilaku tersebut juga berlaku untuk perempuan, dalam hal komitmen ikatan pernikahan sama-sama mendapat amanah dari Allah agar dalam hal relasinya dengan suami sebagai bagian dari ketakwaan kepada Allah Swt.

Kedua, mu’asyarah bil ma’ruf yaitu suami dan istri saling bersikap untuk memperlakukan satu sama lain secara baik dan bermartabat. Pilar ini tergambar dalam QS. An-Nisaa’: 19 yang mengajak laki-laki meninggalkan kebiasaan buruk, seperti pemaksaan terhadap perempuan, menghalangi, menguasai tubuh, dan merampas harta perempuan. Ayat ini menuntut laki-laki untuk berperilaku baik terhadap perempuan (istri).

Jika dilihat secara mubaadalah, makna substansi dari ayat ini juga berlaku untuk perempuan. Perempuan juga dituntut untuk berperilaku baik kepada laki-laki (suami), dilarang melakukan pemaksaan terhadap laki-laki, menghalangi, dan merampas harta laki-laki.

Ketiga, laki-laki dan perempuan dalam relasi pernikahan adalah pasangan (zawj). Pilar ini tergambar dalaam QS. Ar-Rum: 21, dalam Alquran istilah suami maupun istri menggunakan kata zawj. Artinya, istri adalah pasangan bagi suami dan suami adalah pasangan bagi istri. Jika melihat perspektif mubaadalah, semangat Alquran dalam memaknai kata bisa diterapkan untuk laki-laki dan perempuan. Dimana laki-laki dan perempuan, suami dan istri adalah masing-masing separuh jiwa bagi yang lain, menyatu dan bekerjasama untuk saling melengkapi kehidupan.

Prinsip berpasangan juga ditegaskan dalam QS. Al-Baqarah: 187, hunna libaasun lakum wa antum libaasun lahunna artinya adalah suami pakaian bagi istri dan istri pakaian bagi suami. Pada ayat tersebut juga berbicara mengenai hubungan seksual, dimana hak atas kenikmatan seksual dari pasangan sebagaimana laki-laki memperoleh hak seksual dari istrinya, perempuan pun memperoleh hak seksual dari suaminya.

Penggunaan kata pakaian dalam ayat tersebut, tentu saja, setidaknya sebagai pengingat bahwa fungsi suami dan istri adalah pasangan untuk saling menutupi, menghangatkan, menghiasi, melindungi, memelihara, memuliakan dan menyempurnakan satu sama lain dari keduanya.

Keempat, saling memberi kenyamanan dan merasa nyaman antara keduanya. Adanya penerimaan dan kerelaan dari suami dan istri, merasa rela ketika di dalam hati keduanya tidak ada sedikit pun ganjalan dan atau penolakan. Pasangan suami istri sama-sama meyakini bahwa ridha Allah ada pada keduanya, bergantung pada ridha suami dan juga ridha istri.

Kelima, suami dan istri bersama-sama mengatasi masalah dalam rumah tangganya dengan cara bermusyawarah. Bersikap untuk selalu berdiskusi, berembuk, dan saling bertukar pendapat dalam pengambilan keputusan terkait kehidupan rumah tangga. Mengutamakan sikap untuk saling melibatkan dan meminta pandangan kepada pasangan.

Dengan lima pilar pernikahan ini jika dipraktikkan dengan sungguh dalam kehidupan rumah tangga, maka relasi ikatan suami istri dalam pernikahan akan menjadi ibadah karena membuka kebaikan-kebaikan yang begitu luas kepada diri masing-masing, pasangan, dan juga orang lain.[]

Fatikha Yuliana

Fatikha Yuliana

Fatikha Yuliana, terlahir di Indramayu. Alumni Ponpes Putri Al-Istiqomah Buntet Pesantren Cirebon. Berkuliah di Institut Studi Islam Fahmina (ISIF) Cirebon. Jatuh cinta pada kopi dan pantai.

Terkait Posts

Marital Rape

Ketika Istilah Marital Rape Masih Dianggap Tabu

2 Juli 2025
Anak Difabel

Di Balik Senyuman Orang Tua Anak Difabel: Melawan Stigma yang Tak Tampak

1 Juli 2025
Peran Ibu

Peran Ibu dalam Kehidupan: Menilik Psikologi Sastra Di Balik Kontroversi Penyair Abu Nuwas

1 Juli 2025
Geng Motor

Begal dan Geng Motor yang Kian Meresahkan

29 Juni 2025
Keluarga Maslahah

Kiat-kiat Mewujudkan Keluarga Maslahah Menurut DR. Jamal Ma’mur Asmani

28 Juni 2025
Sakinah

Apa itu Keluarga Sakinah, Mawaddah dan Rahmah?

26 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Poligami atas

    Bisnis Mentoring Poligami: Menjual Narasi Patriarkis atas Nama Agama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Laki-laki Juga Bisa Jadi Penjaga Ruang Aman di Dunia Digital

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pak Bahlil, Kritik Tambang Bukan Tanda Anti-Pembangunan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengapa Islam Harus Membela Kaum Lemah?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Berjalan Bersama, Menafsir Bersama: Epistemic Partnership dalam Tubuh Gerakan KUPI
  • Islam Melawan Oligarki: Pelajaran dari Dakwah Nabi
  • Pak Bahlil, Kritik Tambang Bukan Tanda Anti-Pembangunan
  • Mengapa Islam Harus Membela Kaum Lemah?
  • Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID