Setiap orang pasti memiliki tujuan dalam memutuskan pilihan hidupnya, begitupun dalam pernikahan. Jika merujuk pada surat ar-Rum ayat 21, secara umum manusia cenderung mencari dan menemukan pasangan demi memperoleh ketentraman (sakinah), kenyamanan untuk memadu cinta kasih (mawaddah wa rahmah), dan kemudahan dalam mencapai kebahagiaan dalam mengarungi kehidupan di dunia.
Namun dalam perjalanannya, tak jarang akhirnya beberapa pasangan terjerat dalam relasi toxic tanpa mereka sadari. Relasi ini muncul dari keinginan satu pihak untuk menguasai yang lain. Biasanya perilaku yang muncul dari relasi toxic ini adalah pengekangan, pemaksanaan pilihan, cemburu berlebihan, posesif, pembatasan pergaulan, ancaman, hingga kekerasan verbal dan fisik.
Relasi toxic ini jika tidak dicegah dan ditangani, maka akan berdampak pada rasa cemas, gugup, takut, dan tidak percaya diri yang dialami oleh salah satunya. Maka sesuai dengan prinsip pencegahan kemudharatan, sebaiknya bagi setiap yang ingin melangsungkan pernikahan memperhatikan karakter dan pola relasi calon pasangannya.
Sebelum melangsungkan pernikahan, menselaraskan tujuan pernikahan dan visi misi kehidupan harus dilakukan. Bila perlu saling memberikan kesepakatan, perjanjian, dan syarat dalam pernikahan itu perlu dilakukan untuk mencegah hal yang tidak diinginkan dalam pernikahan.
Hal ini tercantum dalam Sunan Abu Daud, hadist riwayat Tirmidzi dalam kitab Al jaami’ Ash-shahih, hadist riwayat Al Hakim dalam Al Mustadrak, dan hadist riwayat Al Baihaqi dalam kitab As-Sunan menjelaskan bahwa ‘Seluruh Muslim bergantung pada syarat-syarat mereka (harus memenuhinya), kecuali syarat yang menghalalkan sesuatu yang haram dan mengharamkan sesuatu yang halal.
Selagi kesepakatan dan perjanjian tersebut tidak bertentangan dengan syariah, maka perlu dilakukan sebagai upaya pencegahan dari relasi toxic setelah pernikahan. Selain itu, sikap saling mendukung, saling melengkapi, dan saling bergandengan tangan dalam menggapai kemaslahatan pernikahan perlu diperhatikan sebelum dan sesudah pernikahan.
Seperti nilai yang terkandung dalam surat An-Nisa ayat 19 ‘Perlakukanlah pasanganmu dengan baik’ yang harus dijadikan sebagai pondasi relasi suami istri. Kata Mu’asyarah bil ma’ruf dalam bahasa Al-Qur’an ayat tersebut sudah mengandung makna resiprokal dan timbal balik yang mengharuskan laki-laki untuk berperilaku baik kepada istri, begitupun perempuan harus berperilaku baik kepada suami.
Perilaku saling berbuat baik dan mendukung pasangan juga telah dicontohkan nabi dalam kehidupannya. Dalam ruang domestik, beliau mengubah pola hidup yang dijalani laki-laki jahiliah. Di rumah, kalau sedang tidak melepas lelah, beliau biasanya melakukan ibadah, shalat, zikir, berdo’a, bahkan melakukan tugas-tugas rumah tangga yang lain.
Dalam Shahih Al-Bukhari, ketika ditanya tentang aktivitas nabi di dalam rumah, Aisyah menjawab, “Beliau melayani keluarga, menjahit baju, mengesol sandal, memerah susu, mengerjakan keperluan sendiri, dan menambal timba. Begitu tiba waktu shalat, lalu beliau shalat.
Dari hadist diatas, teladan Nabi dalam berumah tangga menyampaikan pesan kepada para umatnya, bahwa saling melayani dan tidak membagi peran secara mutlak dalam menjalankan hak dan kewajiban itu perlu diterapkan agar tidak mengekang dan membebani pasangannya.
Bersikap untuk tidak menguasai pasangan dan saling melayani nyatanya tidak mengurangi harkat dan martabat keduanya. Justru hal demikian akan melanggengkan ikatan pernikahan. Memahami pernikahan sebagai Mitsaqan Ghalidzan bermakna bahwa keduanya harus saling berupaya untuk mencipatakan hubungan yang resiprokal (mubadalah), bukan hubungan yang penuh toxic yang membahayakan. []