Mubadalah.id – Bagi tiap Muslim, niat merupakan hal yang sangat penting. Segala perbuatan yang berkaitan dengan hubungan vertikal dan horizontal harus didasari oleh niat. Islam mengajarkan pentingnya niat, agar segala hal yang dilakukan oleh umatnya dibarengi dengan ketulusan dalam setiap pekerjaannya.
Permasalahan yang terjadi saat ini, banyak yang memilih menikah hanya karena dilihat dari latar belakang keluarganya, mungkin berasal dari orang terpandang atau dengan alasan kekayaan yang dimilikinya. Ini sering terjadi, baik di perkotaan ataupun di pedesaan kurang menetapkan hati dengan niat yang tepat.
Sebuah hadis yang sangat terkenal dan sering dibawakan oleh para mubalig berkenaan dengan niat. Amirul Mu’minin Umar bin Khattab telah meriwayatkan sebuah hadis dari Rasulullah Saw perkara niat, yang artinya:
“Segala perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang tergantung dengan apa yang diniatkan. Barang siapa niat hijrahnya karena dunia yang ingin digapainya atau karena seorang perempuan yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya kembali kepada apa yang niatkan ”(HR. Bukhari)
Terdapat kata (a’mal) dalam hadis tersebut yang diberi arti sebagai perbuatan. Ada perbedaan antara kata a’mal dan af’al walaupun kedua kata tersebut diartikan perbedaan. Kata a’mal yang tertulis dalam hadis diartikan perbuatan baik secara zahir atau jelas dan batin atau tersembunyi. Sedangkan kata af’al hanya diartikan perbuatan yang zahir saja.
Hadis yang diriwayatkan oleh Sayyidina Umar bin Khattab RA tersebut sebenarnya sangat jelas sekali, bagaimana pentingnya niat dalam setiap perbuatan bagi umat Muslim. Segala perbuatan baik zahir dan batin harus dibarengi oleh niat. Sering sekali, kita mendengar dari guru-guru, kiai ataupun ustadz, bahwa jika kita melakukan perbuatan baik, baru diniatkan saja sudah mendapat ganjaran pahala dari Allah swt dan apabila melakukan perbuatan baik maka akan dilipat gandakan pahala oleh Allah.
Lalu apa hubungan meluruskan niat dengan menikah?
Pernikahan dalam Islam adalah ibadah yang memiliki posisi strategis dalam Islam. Tidak hanya menghalalkan apa yang sebelumnya diharamkan, tetapi lebih dari itu semua. Karena makna mendalam sebuah pernikahan ialah mencapai nilai-nilai ketakwaan kepada Allah swt.
Takwa yang merupakan puncak dari pernikahan yang tidak bisa digapai jika belum bisa meluruskan niat dengan tulus. Memang tidaklah mudah untuk meluruskan niat dan memasrahkannya hanya kepada Allah Swt, tidak semudah membalikkan telapak tangan namun, haruslah melalui proses panjang sehingga terbentuklah niat yang tulus tersebut.
Tidaklah salah, dalam memilih pasangan melihat dari faktor keturunan ataupun hartanya, karena hal ini tertuang pula dalam sebuah hadis dari sahabat Abu Hurairah;
“Perempuan itu dinikahi karena empat hal, yaitu: harta, keturunan, kecantikan dan agamanya. Dapatkanlah wanita yang taat agamanya maka kamu akan beruntung”. (HR. Bukhari)
Keempat kriteria yang telah tertulis dalam hadis tersebut, sebenarnya tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lainnya karena keempat hal tersebut sudah dalam paket komplit yang sebenarnya telah ditawarkan oleh Islam. Dalam hal ini, bertujuan untuk kemaslahatan bagi tiap-tiap insan yang akan memilih pasangannya.
Sebagaimana dalam hadis tersebut tertulis harta, keturunan dan kecantikan yang menjadi problem di atas, lalu muncul sebuah pertanyaan bagaimana jika suatu saat harta habis atau kecantikan memudar? apakah pasangan tersebut memilih berpisah karena yang diniatkan pada mulanya karena faktor-faktor tersebut?
Jika memilih berpisah karena kehilangan faktor yang telah diniatkan dari awal, hal ini sangat jauh dari nilai-nilai ketulusan yang ingin ditanamkan Islam kepada tiap umatnya. Ketulusan dalam pernikahan untuk mencapai puncak dari sebuah pernikahan gagal begitu saja karena lebih memilih faktor-faktor yang perlahan habis termakan oleh waktu. Bukankah yang muda pada akhirnya akan menua? Bukankah harta yang dikumpulkan bisa habis begitu saja atas kehendaknya?
Maka seyogyanya, setiap calon pasangan kembali menata niatnya kembali, apakah sudah memantapkan karena Allah agar mencapai ketakwaan bersama-sama pasangan yang telah dipilih? Atau malah sebaliknya? Yang memilih berniat karena ada maksud atau tujuan terselubung dalam pernikahan?
Apabila masih memiliki maksud terselubung dalam pernikahan baiknya segera kembali dan menata kembali niat agar buah manis dari pernikahan yang telah disyariatkan dalam Islam dapat tercapai, sehingga kata cinta dapat tersampaikan dengan tulus kepada hati yang tepat. []