• Login
  • Register
Rabu, 2 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Membumikan Islam dengan Perspektif Mubaadalah 

Winarno Winarno
27/08/2019
in Publik
0
membumikan Islam dengan perspektif Mubadalah

membumikan Islam dengan perspektif Mubadalah

29
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Mubaadalah merupakan ijtihad Kiai Faqihuddin Abdul Kodir dalam membaca teks-teks keagamaan (Islam) dengan menyapa atau menghadirkan laki-laki dan perempuan sama-sama sebagai subjek. Sebab keduanya merupakan khalifah fil ardh, sehingga laki-laki dan perempuan sama-sama diberikan kesempatan untuk kemaslahatan, baik di dunia dan juga akhirat. Inilah bagian dari membumikan Islam dengan perspektif Mubadalah.

Jadi pandangan-pandangan yang menyebutkan bahwa perempuan hanya sebagai pelengkap, pendamping, penggoda, lemah, tak layak jadi pemimpin, bahkan tak punya akal. Maka pandangan tersebut jauh dari intisari ajaran Islam. Padahal ayat-ayat Al-Quran dan Sunahnya tak memandang sebelah mata keberadaan perempuan.

Lalu kenapa tafsiran Alquran dan hadis yang berkembang di masyarakat kebanyakan yang misoginis?

Melihat kondisi tafsiran-tafsiran demikian, maka Kiai Faqih (panggilan akrabnya) mengusulkan atau menawarkan metode mubaadalah dalam menafsirkan teks-teks keagamaan. Karena Allah SWT adalah Tuhan bagi laki-laki dan perempuan dan Nabi Muhammad SAW diutus untuk keduanya, bukan untuk laki-laki saja. Sehingga tafsirannya pun untuk kebaikan dan kemaslahatan bagi laki-laki dan perempuan.

Meminjam istilah Arkoun, metode ini semacam dekonstruksi makna. Hanya saja, metode mubaadalah bukan untuk menghancurkan makna-makna yang ada, tetapi lebih kepada tawaran interpretasi makna baru, khususnya teks-teks dogmatis-misoginis.

Baca Juga:

Gaji Pejabat vs Kesejahteraan Kaum Alit, Mana yang Lebih Penting?

Di Balik Senyuman Orang Tua Anak Difabel: Melawan Stigma yang Tak Tampak

Meninjau Ulang Amar Ma’ruf, Nahi Munkar: Agar Tidak Jadi Alat Kekerasan

Pergeseran Narasi Pernikahan di Kalangan Perempuan

Cara kerja penafsirannya tidak serta merta mencomot atau mengambil beberapa teks dan mengesampingkan teks lainnya. Namun, cara kerja harus komprehensif, tidak parsial. Misalkan jika salah satu ayat (Alquran/hadis) berbicara soal pernikahan (qawaid) atau keadilan (mabadi) maka harus mencari ayat-ayat lain yang berbicara pada makna yang sama.

Sebelum melangkah kesana, maka kita harus menentukan terlebih dahulu maqashid syariah (tujuan utama syariah). Sehingga tafsiran-tafsiran yang kita lakukan tidak mendiskriminasi jenis kelamin tertentu.

Sebab metode mubaadalah bukan sekadar timbal-balik, resiprokal, kesalingan atau membolak-balikkan antara laki-laki dan perempuan. Namun tujuan penafsirannya harus memihak pada jenis kelamin yang dilemahkan, dalam hal ini perempuan selalu jadi korban.

Dunia ini bukan hanya untuk laki-laki saja, tetapi perempuan juga. Perempuan pun berhak dan bebas menentukan pilihan hidupnya baik di ranah publik ataupun domestik begitupun sebaliknya. Jika laki-laki layak menjadi pemimpin negara atau pemerintah, agama, perusahaan, bahkan keluarga. Maka perempuan pun layak diberikan kesempatan yang sama sebagaimana laki-laki.

Karena menjadi pemimpin yang menentukan itu bukanlah pada jenis kelamin. Melainkan pada kapasitas dan kredibilitasnya. Itu salah satu contohnya.

Contoh lainnya adalah perempuan juga diciptakan bukan hanya mengasuh anak dan mengerjakan pekerjaan rumah (domestik) seorang diri. Mengerjakan tugas-tugas domestik pun bukan semata-mata untuk membantu istrinya, karena hal itu merupakan tanggung jawab bersama di dalam keluarga antara suami dan istri atau anak (laki-laki/perempuan) dan orangtua.

Itulah contoh kasuistik bagaimana perempuan mendapatkan perlakukan tak adil di dunia ini. Belum lagi, perempuan mendapatkan stigmatisasi atau sterotipe, subordinasi, marginalisasi, kekerasan dan double burden (beban ganda) yang menurut Ibu Nyai Nur Rofiah sebagai lima bentuk kedzaliman terhadap perempuan.

Oleh karena itu, saya kira sangat penting untuk membumikan ajaran Islam dengan perspektif mubaadalah. Sebab dunia ini membutuhkan kerjasama, kesalingan, kolaborasi, partisipasi dan keterlibatan antara laki-laki dan perempuan, baik itu urusan domestik ataupun publik. Sehingga perempuan dan laki-laki berhak mendapatkan keadilan, kemaslahatan, keamanan, dan kebaikan, baik di dunia maupun di akhirat.

Membumikan Islam dengan pendekatan mubaadalah semata-mata bukan mendorong dunia dari patriarkhi menjadi matriarkhi. Melainkan demi terciptanya keadilan dan kemaslahatan bagi keduanya, laki-laki dan perempuan. Kehadiran mubadalah sangat penting agar dunia ini berjalan seimbang dan tak timpang.

Bukankah Islam itu merupakan agama yang memberikan rahmat bagi alam semesta, termasuk laki-laki dan perempuan di dalamnya. Jadi sudah seharusnya membumikan Islam dengan pendekatan mubaadalah sangat penting untuk terus kita perjuangkan. Karena Islam hadir untuk perdamaian dan kebaikan bukan untuk menghegemoni satu sama lain. Jadi marilah kita adil sejak dalam pikiran. Karena sesungguhnya keadilan itu lebih dekat dengan ketakwaan.[]

Winarno

Winarno

Winarno, Alumni Pondok An-Nasucha, dan ISIF Cirebon Fakultas Usuluddin

Terkait Posts

Gaji Pejabat

Gaji Pejabat vs Kesejahteraan Kaum Alit, Mana yang Lebih Penting?

1 Juli 2025
Pacaran

Kekerasan dalam Pacaran Makin Marak: Sudah Saatnya Perempuan Selektif Memilih Pasangan!

30 Juni 2025
Pisangan Ciputat

Bukan Lagi Pinggir Kota yang Sejuk: Pisangan Ciputat dalam Krisis Lingkungan

30 Juni 2025
Kesetaraan Disabilitas

Ikhtiar Menyuarakan Kesetaraan Disabilitas

30 Juni 2025
Feminisme di Indonesia

Benarkah Feminisme di Indonesia Berasal dari Barat dan Bertentangan dengan Islam?

28 Juni 2025
Wahabi Lingkungan

Wahabi Lingkungan, Kontroversi yang Mengubah Wajah Perlindungan Alam di Indonesia?

28 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Anak Difabel

    Di Balik Senyuman Orang Tua Anak Difabel: Melawan Stigma yang Tak Tampak

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Meninjau Ulang Amar Ma’ruf, Nahi Munkar: Agar Tidak Jadi Alat Kekerasan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pergeseran Narasi Pernikahan di Kalangan Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mewujudkan Fikih yang Memanusiakan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Taman Eden yang Diciptakan Baik Adanya: Relasi Setara antara Manusia dan Alam dalam Kitab Kejadian

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Gaji Pejabat vs Kesejahteraan Kaum Alit, Mana yang Lebih Penting?
  • Di Balik Senyuman Orang Tua Anak Difabel: Melawan Stigma yang Tak Tampak
  • Meninjau Ulang Amar Ma’ruf, Nahi Munkar: Agar Tidak Jadi Alat Kekerasan
  • Pergeseran Narasi Pernikahan di Kalangan Perempuan
  • Mewujudkan Fikih yang Memanusiakan

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID