• Login
  • Register
Minggu, 8 Juni 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Aktual

Menakar Kemaslahatan Full Days School

Mamang Haerudin Mamang Haerudin
15/08/2017
in Aktual
0
Sumber Gambar: Pixabay

Sumber Gambar: Pixabay

35
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Sejatinya Full Days School telah lama berlangsung dalam sistem pendidikan kita. Hanya berbeda dan berpindah gedung saja. Pagi sampai siang di gedung SD, siang sampai sore di gedung MD. Dan percaya atau tidak, sistem pendidikan monoton semacam ini masih berlangsung sampai sekarang. Bagaimana kemaslahatan Full Days School, adakah?

Sampai saat ini, saya masih berkeyakinan bahwa spirit Full Day School (FDS) itu prospektif. Ia akan menjadi semacam ikhtiar penguatan karakter yang sistematis. Tentu dengan syarat didukung oleh semua pihak. Keyakinan saya tidak lantas membuat saya tidak hormat kepada PBNU dan PKB yang begitu bersikeras tanpa kompromi menolak kebijakan FDS. Saya sangat menghormati keputusan PBNU dan PKB, tetapi izinkan saya kembali untuk menimbang kemaslahatan FDS.

Hari ini Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beserta Menteri Agama telah bertemu Presiden untuk menuntaskan Permendikbud No 23 tahun 2017. Saya membaca kabar ini dari Kompas dan Tempo. Baik Presiden Joko Widodo, Muhadjir Effendi maupun Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa FDS ini bersiat fleksibel, termasuk ketentuan 5 atau 6 harinya. Dan perlu diingat bahwa kebijakan ini diutamakan untuk sekolah yang sudah memenuhi standar kelayakan. Dan karena itu saya yakin kebijakan FDS tidak akan mengganggu keberadaan Madrasah Diniyah dan Pesantren.

Padahal kalau mau jujur, yang harusnya kita kritik adalah sistem pendidikan nasional yang masih IQ oriented. Selama ini kita ambil contoh dan saya merasakan sendiri, sejak kelas 3 SD mengalami kejenuhan dan belajar yang tidak menyenangkan. Jam 7 pagi berangkat SD, sementara jam 13.30 siang harus kembali belajar di Madrasah Diniyah. Belajar di SD maupun di MD semuanya adalah penjejalan materi. Belum lagi sarana-pra sarana dan kualitas guru yang minim.

Maka disadari atau tidak, sejatinya FDS telah lama berlangsung dalam sistem pendidikan kita. Hanya berbeda dan berpindah gedung saja. Pagi sampai siang di gedung SD, siang sampai sore di gedung MD. Dan percaya atau tidak, sistem pendidikan monoton semacam ini masih berlangsung sampai sekarang. Kalau benar kita mau kritik, ini yang harusnya lebih dahulu dikritik. Karena itu demo dan aksi turun ke jalan yang melibatkan para santri dan siswa mestinya urung dilakukan.

Baca Juga:

Fullday School Merampas Hak Perempuan dan Anak

Maka lagi-lagi saya mendukung kebijakan FDS ini dengan beberapa syarat. Pertama, sudah seharusnya kita mengubah paradigma pendidikan IQ oriented menjadi EQ-SQ oriented. UTS, UAS, UN berikut mata pelajaran eksak-sains, tidak dijadikan lagi tolok ukur kepandaian dan keberhasilan siswa. Sistem pembelajaran tidak lagi hanya mengandalkan metode ceramah. Mata pelajaran harus disampaikan dengan multi-metode, penguatan karakter dan berbasis alam-sosial.

Kedua, jam pelajaran setelah dhuhur agar diproyeksikan dan dioptimalkan untuk penguatan life skill, praktik (pelatihan) kewirausahaan, ekskul, keterampilan, kesenian dll yang disesuaikan dengan minat dan bakat para siswa. Maka dengan ini tidak akan lagi keluhan dari para orang tua bahwa sekolah telah membuat anak terlalu lelah. Sebab spirit FDS itu membuat anak belajar kehidupan, belajar dengan alam dan sosial.

Ketiga, Kemendikbud dan Kemenag terus duduk bersama, memantau bersama dalam pelaksanaan kebijakan FDS ini. Pastikan kurikulum pesantren tentang akhlakul karimah dan nilai-nilai spiritualitas menjadi kurikulum nasional. Ini langkah tepat untuk menangkal paham radikal di sekolah-sekolah. Berikut penindakan tegas kalau masih ada oknum guru dan sekolah yang berhaluan radikal.

Saya kira kalau pelaksanaannya demikian, FDS ini akan menjadi spirit baru pendidikan nasional. Bagi sekolah-sekolah yang infrastrukturnya sudah memadai agar berlomba untuk menerapkan FDS dengan prinsip utamanya yakni penguatan karakter. Dan sekolah-sekolah yang belum memenuhi standar agar pemerintah segera melakukan pemerataan. Berikut Kemenag untuk serius menata Madrasah Diniyah dari segala kekurangan. Akhirnya pada prosesnya apabila ada kekurangan, saya pikir bisa diatasi dengan rendah hati dan kembali melakukan evaluasi.

Wallaahu a’lam.

Mamang M Haerudin 
Pesantren Bersama Al-Insaaniyyah, 10 Agustus 2017, 21.11 WIB.

Tags: FDSmenolak FDS
Mamang Haerudin

Mamang Haerudin

Penulis, Pengurus LDNU, Dai Cahaya Hati RCTV, Founder Al-Insaaniyyah Center & literasi

Terkait Posts

Kebangkitan Ulama Perempuan

Rieke Diah Pitaloka Soroti Krisis Bangsa dan Serukan Kebangkitan Ulama Perempuan dari Cirebon

19 Mei 2025
Rieke Kebangkitan Ulama Perempuan

Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

19 Mei 2025
Mendokumentasikan Peran Ulama Perempuan

KUPI Dorong Masyarakat Dokumentasikan dan Narasikan Peran Ulama Perempuan di Akar Rumput

19 Mei 2025
Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

Alasan KUPI Jadikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

19 Mei 2025
Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan

KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

18 Mei 2025
Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia: Bersama Ulama dan Guru Perempuan, Bangkitlah Bangsa!

16 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Masyarakat Adat

    Masyarakat Adat dan Ketahanan Ekologi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 3 Faktor Sosial yang Melanggengkan Terjadinya KDRT

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fenomena Walid; Membaca Relasi Kuasa dalam Kasus Kekerasan Seksual

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Spirit Siti Hajar dalam Merawat Kehidupan: Membaca Perjuangan Perempuan Lewat Kacamata Dr. Nur Rofiah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dari Sapi Hingga Toleransi : Sebuah Interaksi Warga Muslim Saat Iduladha di Bali

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Jam Masuk Sekolah Lebih Pagi Bukan Kedisiplinan, Melainkan Bencana Pendidikan
  • Iduladha: Lebih dari Sekadar Berbagi Daging Kurban
  • Masyarakat Adat dan Ketahanan Ekologi
  • 3 Faktor Sosial yang Melanggengkan Terjadinya KDRT
  • Dari Sapi Hingga Toleransi : Sebuah Interaksi Warga Muslim Saat Iduladha di Bali

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID