Seorang anak adalah buah hati yang dinanti, yang memberi kebahagiaan dan warna tersendiri di dalam kehidupan berkeluarga. Ia terlahir suci layaknya kertas kertas putih yang kosong seperti konsep tabula rasa milik John Locke. Seorang manusia terlahir tanpa isi mental bawaan, tanpa pengetahuan apapun dengan kata lain ‘kosong’ dan ia mendapat pengetahuan yang diperoleh sedikit demi sedikit melalui pengalaman dan persepsinya alat indranya. Mungkin ini pula yang menginspirasi lagu harmoni milliki Padi
“Kau membuatku mengerti hidup ini
kita terlahir bagai selembar kertas putih
Tinggal ku lukis dengan tinta pesan damai
Dan terwujud harmoni”
Dalam Islam, konsep tabula rasa senada dengan hadis shahih musim nomor 4803 yang berbunyi:
مَا مِنْ مَوْلُودٍ إِلَّا يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ وَيُنَصِّرَانِهِ وَيُمَجِّسَانِهِ
“Seorang bayi tidak dilahirkan (ke dunia ini) melainkan ia berada dalam kesucian (fitrah). Kemudian kedua orang tuanyalah yang akan membuatnya menjadi Yahudi, Nasrani, ataupun Majusi”
Baik dalam konsep tabula rasa, maupun konsep Islam, seorang pendidiklah yang mempunyai kewajiban memberi warna dalam kehidupan anak. John Locke kembali menekankan bahwa pendidik pertama seorang individu adalah KELUARGA. Keluargalah yang pertama mengisi “kertas kosong”. William J.Goode juga mengatakan bahwa keberhasilan siswa dalam pendidikan tidak hanya karena mutu instansi pendidikan tersebut, tetapi juga merupakan ‘keberhasilan’ keluarga dalam menyiapkan dan mendidik anak-anaknya.
Tanggung jawab dalam pendidikan anak dalam keluarga ada pada ayah dan ibu. Kedua peran orangtua ini sangat berpengaruh dalam mendidik buah hatinya. Sebagai orang tua yang baik, tentu akan mencari dan mengupayakan metode yang baik pula dalam mendidik anak.
Sesuai manhaj Rabbany atau kondep pendidikan bagi anak menurut Dr. Abdullah Nashih Ulwan dalam bukunya tarbiyatu-l’aulad, terdapat lima tahapan dalam pendidikan anak, yakni tarbiyah bi-l-qudwah atau pendidikan dengan keteladanan, tarbiyah bi-l-‘adah atau pendidikan dengan adat kebiasaan, tarbiyah bi-l-mauidhah atau pendidikan dengan nasehat, tarbiyah bi-l-mulahadhah atau pendidikan dengan memberi hadiah, dan tarbiyah bi-l-‘uqubah atau pendidikan dengan memberi hukuman.
Pendidikan ketaladanan berada pada poin pertama sebagai pendidikan utama yang sangat efektif dan berpengaruh pada anak. Hal ini karena sebuah teladan atau contoh sangatlah penting, dengan contoh kita tidak banyak bertanya, kecuali jia kita menemukan suatu kesulitan. Contoh menjadikan seseorang mencoba untuk terus meniru apa yang ada dicontoh. Dalam pendidikan, memberikan sebuah contoh adalah sebuah metode yang sangat berpengaruh dan terbukti paling berhasil dalam mempersiapkan dan membentuk aspek moral spiritual dan etos sosial anak.
Harus diketahui bahwa seorang pendidik adalah seorang figur terbaik dalam pandangan anak, yang tingkah lakunya, tindak tanduknya, perilakunya, ucapannya, dan sopan santunnya, disadari atau tidak akan ditiru oleh sang anak. Begitu pula dengan perkataan dan perbuatan pendidik yang akan tertanam di kepribadian anak. Terlebih lagi, seorang pendidik adalah orang yang paling dekat dengan anak dan anak melihat serta merekam keseharian dan aktifitas orang tuanya secara langsung di rumah.
Setegas atau sekencang apapun perintah seorang pendidik kepada sang anak, namun tanpa disertai dengan contoh atau ketauladanan, maka sang anak pun tidak menirunya. Lain halnya jika seorang pendidik melakukan sesuatu di depan anak dan itu adalah hal yang baik, disadari atau tidak, anak akan menirunya.
Seberapa besarpun usaha yang dilakukan seorang pendidik agar anaknya menjadi seorang yang baik dan memenuhi prinsip kebaikan, namun selama pendidik sebagai teladan dari nilai-nilai moral yang tinggi tidak mencontohkannya terlebih dahulu, maka anak tidak akan melakukannya. Bagi seorang anak adalah hal yang sulit, jika ia melihat orang yang memberikan pengarahan atau bimbingan kepadanya tidak mengamalkan apa yang ia arahkan.
Layaknya suri tauladan Nabi sebagai seorang uswatun hasanah yang memberi banyak teladan dan contoh, sehingga para sahabat dan umat-Nya mendapat banyak teladan baik dalam aspek ibadah, kecerdasan, tingkah laku, kezuhudan, keberanian, keteguhan dalam memegang prinsip, juga termasuk tuntunan Nabi dalam mengingatkan pendidik untuk memberikan teladan yang baik yang semuanya terdapat dalam sekian banyak hadis yang ada. Seperti hadits yang berbunyi:
مَنْ قَالَ لِصَحِبِيٍّ تَعَلْ هَاكَ ثُمَّ لَْم يُعْطِهِ فَهِيَ كَذْبَةٌ
“Barang siapa yang berkata kepada anak, ‘kemarilah, ambilah ini”, kemudian dia tidak memberinya apapun, maka itu adalah kebohongan.” (H.R Ahmad)
Hadits di atas menekankan kepada pendidik untuk senantiasa menunjukkan kejujuran kepada anak sebagai sebuah teladan yang baik, karena anak yang melihat orang tuanya berbohong, tidak mungkin akan belajar kejujuran. Oleh karena itu, keteladanan adalah faktor paling penting dalam membentuk baik buruknya anak dan ia akan terbentuk kepribadiannya sesuai dengan kepribadian orang tuanya dan sesuai usaha sang pendidik dalam memberikan contoh dan teladannya. Keberhasilan dalam mendidik anak akan membawa orang tua memetik hasil jerih payah mereka dan dapat berteduh di bawah kerindangan tanaman mereka. []