Mubadalah.id – “Pernah nggak sih, ngerasa takut tiba-tiba kalau seandainya Allah manggil kita tiba-tiba. Nafas kita udah nggak ada, pernah nggak mikir kaya gitu. Tapi kita masih belum punya amal yang siap. Ibadah kita masih kurang. Sedangkan kita, kita sama-sama pendosa, kita sama-sama pendosa 24 jam,” ujar perempuan bercadar bernama Zavilda itu kepada perempuan di sebelahnya yang tidak berjilbab.
Dengan nada meyakinkan, ia juga mendorong itu si perempuan terus merefleksikan bahwa selama ini tindakannya kurang mencerminkan akhlak sebagai muslimah. Bahkan sebelum rangkaian nasihat panjang tadi, perempuan asal Nusa Tenggara Barat tadi lebih tertarik mengenai agama dan keseharian individu yang diajak diskusi daripada mengetahui namanya.
Hal ini membuktikan bahwa Zavilda hanya fokus pada konten yang akan dia buat tanpa dakwah toleran, yang betul-betul ingin menjalin komunikasi dengan baik, apalagi hingga mau bersilaturahmi.
Meski begitu, dalam berbagai kesempatan Zavilda selalu mengklaim bahwa apa yang ia lakukan sejatinya merupakan upaya untuk berbuat baik dengan menyebarkan nasihat menutup aurat. Namun, tahukah ia bahwa berdakwah juga memiliki etikanya tersendiri.
Etika Berdakwah Ala Nyai Walidah Ahmad Dahlan
Etika berdakwah toleran dengan memperhatikan kondisi lingkungan jug menjadi landasan para ulama zaman dulu. Bahkan ulama perempuan sekelas Nyai Ahmad Dahlan, istri pendiri Muhammadiyaah sekalipun tidak luput dari mempertimbangkan karakteristik dan nilai-nilai yang masyarakat pegang pada waktu itu.
Bahkan dalam dakwah tolerannnya tak sekalipun ia memaksakan kehendak. Dakwah perempuan inspiratif yang bernama lengkap Siti Walidah tersebut penuh dengan kehati-hatian dan berfokus pada penguatan pengetahuan perempuan, bukan dengan pemberlakuan pemaksaan agar semua mengikuti gaya berpikirnya. Pendekatan Siti Walidah pun ia lakukan secara bertahap, ia tidak langsung datang dan menceramahi warga di sekitarnya. Tapi, terlebih dulu ia mulai dari tingkatan keluarga.
Apa yang dipraktikkan oleh salah satu pahlawan nasional tersebut menggambarkan bagaimana aplikasi prinsip-prinsip agama yang sesungguhnya. Bukan agama yang hanya menjadi kedok untuk meningkatkan kondisi finansial. Dakwah Nyai Ahmad Dahlan tadi jika kita lihat melalui perspektif sosiologis memiliki fungsi konstruktif.
Dakwah Toleran untuk Kedamaian
Mengapa konstruktif? Karena agama dapat menjalin hubungan antara satu orang dengan orang lain melebihi hubungan saudara sekandung. Sehingga dapat tercipta kerukunan, damai, dan toleransi. Sedangkan apa yang Zavilda praktikkan dengan tim kreatornya merupakan contoh riil bagaimana akhirnya agama mereka promosikan melalui cara destruktif.
Di mana agama dapat memporak-porandakan ikatan tali persaudaraan bahkan bisa memutuskannya. Sebab agama didakwahkan dengan pemaksaan, bukan dengan cara lemah lembut. Agama yang harusnya menjadi sumber ketenangan hati malah disyiarkan dengan ancaman penuh ketakutan. Di mana syiar itu membuat pendengar bukannya malah simpati, namun justru ingin menjaga jarak dan lalu menjauhkan diri.
Dakwah pendidikan Siti Walidah tadi menyiratkan bahwa beliau adalah sosok insan beragama yang toleran mampu menerima, menghargai, dan memberi kebebasan kelompok lain baik yang seagama maupun yang berbeda agama. Ia juga memiliki kesabaran dan mampu bekerjasama terhadap kelompok lain.
Teladan Nyai Walidah
Beberapa usaha dakwah Nyai Siti Walidah antara lain: menghidupkan masyarakat dengan menguatkan budaya tolong-menolong, memelihara dan memakmurkan tempat-tempat ibadah dan wakaf, mendidik dan mengasuh anak-anak dan kaum muda perempuan supaya kelak menjadi putri Islam yang berarti, hingga mengadakan siaran penerbitan.
Pun ketika suaminya, Ahmad Dahlan meninggal pada tahun 1923, ia tak begitu saja terus berlarut-larut dalam kepedihan. Ia justru semakin tergerak untuk berdakwah dan memajukan Islam hingga pada tahun 1926, ia mendapat mandat untuk memimpin Kongres Muhammadiyah ke-15 di Surabaya.
Sepak terjang lanjutannya juga tak terbatas pada pendidikan Islam saja. Selama masa penjajahan Jepang, ia tetap menggalang kekuatan dan melakukan perlawanan lewat aksi-aksi sosial. Puncaknya, ia sempat ikut berpartisipasi aktif dalam perundingan perang dengan Jenderal Soedirman dan Presiden Soekarno.
Teladan dakwah toleran Nyai Siti Walidah tadi membuktikan bahwa dakwah yang efektif bukanlah dakwah yang hanya mengandalkan untaian nasihat semata, namun perlu disertai dengan tindakan nyata internalisasi nilai-nilai Islam dari segala aspek. Tak heran, apa yang dilakukan Nyai Siti Walidah tak lekang oleh zaman, pergerakannya kini masih diteruskan oleh kader-kader Muhammadiyah yang tidak lelah merajut amal-amal kebaikan. []