• Login
  • Register
Senin, 19 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Menelisik Titik Temu Cadar dan Kebaya

Masithoh Azzahro Lutfiasari Masithoh Azzahro Lutfiasari
02/05/2020
in Personal
0
(sumber foto m.kaskus.id)

(sumber foto m.kaskus.id)

108
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Seksualitas dan kontrol adalah dua hal yang sering dikaitkan dalam bahasan budaya agama, tak terkecuali dalam budaya Muslim. Paham yang mengatakan bahwa seksualitas perempuan membutuhkan pengawasan, kontrol, atau bahkan pembatasan, diyakini oleh masyarakat Muslim di berbagai belahan dunia, meski berbeda dalam praktiknya. Imam Ghazali berpendapat, sebagaimana dikutip oleh Fatima Mernissi, bahwa seksualitas perempuan tampak sebagai sesuatu yang berlimpah-limpah atau besar sekali.

Menurut Fatima, pendapat ini dapat berujung pada anggapan bahwa seksualitas perempuan adalah sesuatu yang mengancam, dengan deskripsi implisit yang mengarah ke sifat destruktif dan merugikan. Sedangkan Freud, dalam teorinya, menggambarkan seksualitas perempuan sebagai sesuatu yang pasif.

Baik pandangan Imam Ghazali maupun Sigmund Freud tidak ada yang memihak perempuan. Namun demikian, interpretasi Imam Ghazali memberikan ruang elaborasi yang lebih banyak terkait hubungannya dengan pemberdayaan dan hak-hak seksual karena secara tidak langsung memposisikan perempuan di posisi yang lebih progresif.

Annise Helie, seorang peneliti Muslim dari Algeria, dalam pendahuluan antologi esai berjudul “Sexuality in Muslim contexts: restrictions & resistance”, menggugat konsep biner yang memasangkan hak dan kebebasan seksual dengan budaya Barat dan seklusi seksual dengan budaya Muslim.

Baik pendapat Fatima maupun di atas dapat menjadi dasar perspektif dalam melihat fenomena yang sedang ramai diperbincangkan setelah berlalunya peringatan Hari Kartini, yakni cuitan Permadi Arya yang “menuduh” cadar memiliki potensi untuk “memusnahkan” kebaya.

Baca Juga:

Rieke Diah Pitaloka Soroti Krisis Bangsa dan Serukan Kebangkitan Ulama Perempuan dari Cirebon

Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah

Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama

Mari kita telisik lebih jauh dengan menempatkan kebaya sebagai simbol emansipasi perempuan karena identik dengan Kartini, dan cadar sebagai simbol kontrol seksual perempuan Muslim yang mencederai emansipasi perempuan.

Cadar pada konteks masa kini sering dianggap pelengkap hijab sebagai kontrol atas diri perempuan. Menyambung pendapat Fatima Mernissi yang mengutip Imam Ghazali, melimpahnya seksualitas seorang perempuan mengharuskan kesempurnaan kontrol atasnya.

Jika kebebasan ekspresi seksualitas disimbolkan dengan pakaian yang terbuka, maka cadar bisa disebut sebagai simbol kaffah-nya seorang perempuan dalam merepresi dirinya. Dengan tidak menampakkan wajah, seorang perempuan sedang berusaha “menyembunyikan” atau “mempasifkan” diri, di mana kepasifan adalah salah satu indikator kontrol yang sukses. Setidaknya, begitulah yang bisa disimpulkan dari pandangan banyak orang.

Padahal, sebagaimana hijab, motivasi orang mengenakan cadar sangatlah bervariasi. Menyimpulkan bahwa cadar adalah bentuk represi, bahkan opresi, adalah suatu tindakan yang abai, apalagi mengkontraskan cadar dengan emansipasi perempuan.

Berani bertaruh, Permadi Arya pasti tidak tahu, bahwa ada beberapa perempuan yang memilih untuk bercadar sebagai bentuk perlawanan atas tuntutan standart kecantikan masa kini. Mereka sejatinya tidak mau ribet memakai bedak, menggambar alis, dan memakai gincu. Bagi mereka, cadar adalah kepraktisan hidup, sekaligus perlawanan terhadap kapitalisme yang dengan sadis menempatkan perempuan sebagai kelompok rentan.

Sama-sama dipakai oleh perempuan, cadar dan kebaya memiliki tafsiran yang berbeda. Kebaya dan Hari Kartini sudah berjodoh, entah sejak kapan. Sayangnya, peringatan kontribusi Kartini bagi perempuan Indonesia menjadi remeh, dibuktikan dengan sekadar memakai kebaya dalam sehari.

Eksistensi kontes-kontes kecantikan dengan kostum kebaya di tingkat sekolah, RT/RW, kelurahan pun awet. Idenya adalah untuk menemukan siapa yang paling cantik dan anggun berkebaya. Apakah Kartini akan bangga di alam baka sana melihat kontes-kontes semacam ini? Memperingati Hari Kartini dengan cara seperti ini justru lagi-lagi mereduksi eksistensi perempuan, menegaskan kembali bahwa perempuan hadir sebagai objek untuk dipandang.

Membaca fenomena ini melalui refleksi pemikiran Anissa Helie, konsep biner yang disiratkan oleh Permadi Arya menjadi tidak valid: kebaya sebagai produk non-Muslim tidak merepresentasikan emansipasi, cadar sebagai produk Muslim juga bukanlah simbol non-emansipasi.

Cadar dan kebaya bukan dua hal yang berlawanan, bukan pula dua hal yang bisa diadu; mereka sama sekali berbeda dalam praktiknya. Cadar tidak serta merta bisa ditasbihkan sebagai simbol represi ataupun opresi, hanya karena beberapa orang menganggapnya sebagai upaya perempuan “mempasifkan” dirinya.

Kebaya pun sudah jelas tidak sempurna melambangkan emansipasi perempuan. Budaya membenturkan pilihan-pilihan perempuan seperti ini harus dimusnahkan. Tidak seperti cadar pada kebaya, budaya toksik seperti ini berpotensi melemahkan pemberdayaan perempuan, membuatnya macet karena lagi-lagi kita jatuh pada bahasan “bungkus luar”, sementara bahasan eksistensial dan kontribusional terpinggirkan.[]

Masithoh Azzahro Lutfiasari

Masithoh Azzahro Lutfiasari

Terkait Posts

Inspirational Porn

Stop Inspirational Porn kepada Disabilitas!

19 Mei 2025
Kehamilan Tak Diinginkan

Perempuan, Kehamilan Tak Diinginkan, dan Kekejaman Sosial

18 Mei 2025
Noble Silence

Menilik Relasi Al-Qur’an dengan Noble Silence pada Ayat-Ayat Shirah Nabawiyah (Part 1)

17 Mei 2025
Suami Pengangguran

Suami Pengangguran, Istri dan 11 Anak Jadi Korban

16 Mei 2025
Keadilan Semu

Membuka Tabir Keadilan Semu: Seruan Islam untuk Menegakkan Keadilan

15 Mei 2025
Memahami Disabilitas

Memahami Disabilitas: Lebih Dari Sekadar Tubuh

14 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Kekerasan Seksual Sedarah

    Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KUPI Resmi Deklarasikan Mei sebagai Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Rieke Diah Pitaloka Soroti Krisis Bangsa dan Serukan Kebangkitan Ulama Perempuan dari Cirebon
  • Nyai Nur Channah: Ulama Wali Ma’rifatullah
  • Rieke Diah Pitaloka: Bulan Mei Tonggak Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia
  • Menolak Sunyi: Kekerasan Seksual Sedarah dan Tanggung Jawab Kita Bersama
  • KUPI Dorong Masyarakat Dokumentasikan dan Narasikan Peran Ulama Perempuan di Akar Rumput

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version