Mubadalah.id – Media sosial saat ini mulai menunjukkan atensi laki-laki terhadap pengalaman biologis perempuan. Banyak konten yang mengedukasikan bahwa pengalaman biologis perempuan ketika menstruasi, hamil, melahirkan, dan menyusui bukanlah sesuatu yang mudah sehingga membutuhkan peran lingkungan di sekelilingnya agar tidak membuat pengalaman itu semakin sulit.
Salah satu pengalaman biologis tersebut terekam dalam Al-Qur’an dengan penggambaran adza pada surat al-Baqarah:222 yang bermakna rasa sakit. Pemaknaan yang sering mengatakan bahwa adza sebagai sesuatu yang kotor cenderung menjadikan perempuan dijauhi.
Padahal realitanya, kondisi perempuan hendak menstruasi dan ketika menstruasi adalah sakit. Bahkan Profesor kesehatan reproduksi di University College London, John Guillebaud, mengatakan bahwa nyeri haid yang perempuan rasakan tergambarkan hampir sama dengan sakitnya serangan jantung.
Pentingnya Perspektif Keadilan Hakiki
Dengan rasa sakit yang perempuan alami, kerap kali perempuan terkungkung untuk tidak menampakkannya di ruang publik. Perempuan dianggap lebai ketika menggambarkan apa yang benar-benar sedang mereka alami. Sejatinya apa yang mereka tampilkan adalah bentuk representasi apa yang mereka rasakan.
Inilah yang kemudian dalam Ngaji Kagian Gender Islam (KGI) sampaikan pentingnya mempertimbangkan perspektif keadilan hakiki perempuan yakni keadilan yang mempertimbangkan kekhasan pengalaman perempuan.
Bu Nur Rofi’ah dalam ngajinya menyampaikan bahwa lingkunganlah yang seharusnya tampil di garda terdepan untuk menyikapi hal ini. Sebagai pasangan suami isteri contohnya, ketika seorang suami mendapati isterinya sedang merasakan pengalaman biologis luar biasa, maka ia dapat berbagi peran domestik, membantu isteri menyuci pakaian, menyapu, bahkan ikut andil dalam mengurus anak.
Kegiatan tersebut tidak akan menjadikan laki-laki kemudian menjadi turun kehormatannya. Meskipun dalam budaya patriarki, kegiatan domestik selalu kita kaitkan dengan isttri. Namun tidak ada salahnya jika suami juga merasakan pengalaman social ini. Karena sebenarnya, berbagai kegiatan domestik itu tidak membutuhkan rahim sebagaimana kegiata hamil, dan melahirkan sehingga pembagian tugas yang sepatutnya kita kembangkan adalah konsep kesalingan (mubadalah).
Menelisik Pengalaman Biologis Manusia
Jika kita telisik lebih jauh, maka pengalaman biologis laki-laki dan perempuan tentunya sangat berbeda. Pengalam biologis laki-laki hanya berkutat pada mimpi basah dan hubungan seksual yang itu dampaknya menitan dan nikmat. Sementara pengalaman biologis perempuan meliputi haid, hubungan seksual, hamil, melahirkan, nifas, dan menyusui yang itu dampaknya nikmat disertai sakit dengan frekuensi menitan, mingguan, bulanan, bahkan tahunan.
Perbandingan ini bukan berarti kemudian perempuan mengeluhkan dan tidak mensyukuri atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Perempuan akan menikmati masa-masa pengalaman biologisnya itu dengan ikhlas terlebih ketika di dukung oleh lelaki dan lingkungan keluarga yang baik. Mengapa demikian? karena pada realitanya, tidak semua rumah tangga beruntung dapat memiliki privasi sedemian baiknya.
Ada kalanya pasutri yang membina rumah tangganya dengan tetap tinggal di rumah keluarga besar yang mana tentunya membutuhkan pengertian yang lebih luas. Ketika suami sudah memberikan pengertian yang baik, sering kali masih saja ada omongan-omongan yang menyudutkan isteri.
Pemahaman inilah yang sepatutnya layak dimengerti oleh masyarakat umum sehingga tidak ada peminggiran terhadap pengalaman khas perempuan.
Fakta Pekerja Perempuan di Indonesia
Di Indonesia dalam Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pasal 81 ayat 1 menyebutkan: “Pekerja/buruh perempuan haid merasakan sakit dan memberitahukan kepada pengusaha, tidak wajib bekerja pada hari pertama dan kedua pada waktu haid”. Kebijakan yang terbuat ini sejalan karena Kemenkeu menyadari mengenai sakitnya waktu PMS tersebut.
Kemudian apakah semua perempuan akan mengambil kebijakan ini? Tentu saja tidak, karena kenyataan di lapangan sebagaimana catatan tiga tahun terakhir dari Komnas Perempuan banyak kita temukan kasus diskriminasi, kekerasan. Sekain itu, ada pelanggaran hak maternitas yang pekerja perempuan alami.
Kenyataan ini terjadi karena tidak semua perusahaan akan mematuhi Undang-undang hak pekerja perempuan tersebut. Karena sudah disahkannya Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang meniadakan hak-hak pekerja perempuan.
Dengan problema yang sedemikian kompleks baik di lingkungan rumah, masyarakat, maupun dunia pekerjaan. Inilah kemudian menjadi tanggung jawab bersama untuk mulai menyelaraskan pemikiran, dan pandangan terhadap pengalaman biologis perempuan.
Bukan lagi tentang pantas atau tidaknya penyampaian keluhan perempuan. Tetapi pentingnya kesadaran kita bersama dalam menyikapinya sehingga tidak lagi menganggap suara perempuan menjadi hal tabu. []