Mubadalah.id – Cinta menjadi kata kunci yang merangkak naik di setiap jelang pertengahan Februari. Lafal cinta menyeruak di bulan kedua kalender Masehi ini karena sebagian remaja dunia. Bahkan Indonesia menganggap penting hari Valentine, yang konon patut kita rayakan sebagai hari kasih sayang. Sayangnya, tidak sedikit pula para remaja menyalah-artikan cinta. Kata cinta, bahkan mengalami peyorasi dari yang semula bermakna luhur, menjadi sebatas urusan perasaan hati antarlawan jenis.
Dampaknya pun cukup mengkhawatirkan. Akibat cinta-cintaan yang keliru jalur itu, banyak dari kelompok remaja yang berani mengorbankan diri dan masa depannya demi apa yang mereka sebut dengan cinta. Padahal, di tahap selanjutnya, mereka pun tidak berhasil menemukan esensi khittah cinta yang mestinya menenangkan, bukan menyengsarakan.
Kita semakin miris ketika melihat data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang menyebutkan tidak kurang dari 50 ribu remaja di Indonesia ambil keputusan menikah dini dan meninggalkan atau mengajukan dispensasi sekolah mereka selama 2022. Berdasarkan data Komnas Perempuan, dispensasi perkawinan anak meningkat tujuh kali lipat sejak 2016. Total permohonan dispensasi pada 2021 lalu pun sudah mencapai 59.709 kasus.
Prihatinnya lagi, penyebab ketersendatan pendidikan itu dominan karena problem hamil di luar nikah. Menurut riset lebih mendalam, kesimpulan yang muncul dari fenomena itu adalah akibat lemahnya pendidikan seks di kalangan remaja. Termasuk dalam memaknai konsep cinta secara rendah dan tidak semestinya.
Islam agama cinta
Islam tidak anti cinta. Malah, justru Islamlah yang mengajarkan pemeluknya untuk merawat perasaan mulia itu demi kebaikan dunia dan akhirat.
Allah Swt berfirman:
قُلْ اِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّوْنَ اللّٰهَ فَاتَّبِعُوْنِيْ يُحْبِبْكُمُ اللّٰهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوْبَكُمْ ۗ وَاللّٰهُ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ
“Katakanlah (Nabi Muhammad), ‘Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah akan mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.’ Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
Keimanan dan penghambaan dalam Islam diamanatkan agar dibarengi dengan rasa cinta. Tanpa itu, segala perintah dan larangan agama hanya menjadi beban berat dan kita salah artikan sebagai bentuk pengekangan.
Di sisi lain, kecintaan kepada Allah Swt dan Rasulullah Muhammad Saw niscaya akan melahirkan kehadiran manfaat cinta yang lebih hakiki. Dalam QS. Maryam: 96, Allah Swt berfirman:
اِنَّ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ سَيَجْعَلُ لَهُمُ الرَّحْمٰنُ وُدًّا
“Sesungguhnya bagi orang-orang yang beriman dan beramal saleh, (Allah) Yang Maha Pengasih akan menanamkan rasa cinta (dalam hati) mereka.”
Hingga akhirnya, Islam mewujud sebagai agama cinta itu sendiri. Selain dituntut mencintai Allah Swt dan Rasul-Nya, seorang muslim juga diwanti-wanti selalu menjaga kedamaian melalui perawatan rasa cinta terhadap sesama manusia. Allah Swt berfirman:
وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا رَحْمَةً لِّلْعٰلَمِيْنَ
“Kami tidak mengutus engkau (Nabi Muhammad), kecuali sebagai rahmat bagi seluruh alam.”
Karakter cinta sejati
Hujjatul Islam, Al-Ghazali dalam Ihya Ulumuddin menyebut bab khusus mengenai cinta lewat bab mahabbah. Imam Ghazali menyebut, kecintaaan makhluk terhadap Tuhannya akan menjadikan dia mendapatkan derajat yang mulia.
تُدْعَى الْأُمَمُ يَوْمَ القِيَامَةِ بِأَنْبِيَائِهَا عَلَيْهِمُ السَّلاَمُ. فَيُقاَلُ: يَا أُمَّةَ مُوسَى وَيَا أُمَّةَ عِيسَى وَيَا أُمَّةَ مُحَمَّدٍ غَيرِ المُحِبِّيْنَ لِلهِ تَعَالَى. فَإِنَّهُم يُنَادُوْنَ: يَا أَوْليَاءَ اللهِ هَلُمُّوا إِلىَ الله سُبْحَانَهُ فَتَكَادُ قُلُوبُهُم تَنْخَلِعُ فَرْحًا
“Kelak di hari kiamat, semua umat akan dipanggil menghadap Allah sesuai dengan nama nabinya. Maka dikatakan: ‘Wahai umat Musa, wahai umat Isa, wahai umat Muhammad’, kecuali para pecinta Allah, maka mereka akan dipanggil: ‘Wahai kekasih Allah, kemarilah menghadap Allah Swt. Maka seketika hati mereka hampir tercerai-berai karena bahagia (sebab panggilan itu).”
Tokoh sufi dunia, Jalaluddin Rumi menandai kehakikatan cinta ke dalam tiga ciri. Pertama, cinta semata-mata merupakan anugerah Tuhan. Dalam Diwan Syams, Rumi berpuisi:
Tuhan, Engkalulah yang menyalakan api cinta di dunia
Hingga semestaku menjadi manis dan penuh suka cita
Kedua, cinta harus kita rawat. Sebagaimana halnya iman yang cenderung naik dan turun, cinta pun berpotensi mengalami kondisi datang dan pergi. Soal ini, Rumi menuliskannya dalam puisi yang termaktub dalam Matsnawi:
Belajarlah cinta dan kebijaksanaan
Seperti lukisan dalam batu, ia akan membekas
Ketiga, cinta tak mengharapkan balasan. Cinta sejati mesti benar-benar murni. Dia harus terbebas dari segala tuntutan, termasuk tanpa harap.
Rumi bersyair:
Tak ada sesuatu di dunia ini yang bergerak tanpa motif
Hanya jasad dan ruh para pecinta yang berjalan tanpa pamrih. (Matsnawi)
Demikianlah semestinya cinta. Dia mempunyai khittah yang suci, murni, dan menenangkan. Pengertian khittah cinta harus segera kita kembalikan kepada kodratnya. Yakni, sebagai karunia agar manusia mampu memandang manusia sebagai manusia, berkeadilan, dan bermubadalah. []