Mubadalah.id – Dominasi fikih perempuan bernuasa patriarki terhadap fikih perempuan modern yang ada di masyarakat turut mewarnai langgengnya penderitaan perempuan. Parahnya lagi, ekspansi kapitalis yang kian menggurita merekrut tenaga kerja perempuan, membuat perempuan menengah ke bawah terpaksa bekerja dan mengurus keluarga.
Stigma second sex bagi perempuan masih berlaku hingga saat ini. Terutama masyarakat pedesaan dengan basis budaya feodal serta pemahaman fikih perempuan yang masih bersifat tekstual. Beban ganda (double burden) perempuan seperti pemandangan normal bagi masyarakat tradisional. Bukan hanya lingkungan si perempuan saja yang patriarkal, tetapi si perempuan sendiri juga menganggap lumrah dan turut melestarikan budaya tersebut.
Yakni dengan dalih taat suami dan jaminan surga. Atas dasar inilah Ashgar Ali Engineer, pemikir keagamaan India menafsirkan ulang dalam fikih perempuan modern melalui nash-nash tentang perempuan berdasar kebudayaan kontemporer.
Sekilas tentang Asghar Ali Engineer
Asghar Ali Engineer lahir di India pada 10 Maret 1940. Suasana pada masa kelahirannya diwarnai ketegangan sosio-politik India. Salah satunya adanya perebutan kursi kekuasaan antara kelompok muslim dan kelompok Hindu sebagai akibat keberhasilan penjajah Inggris melakukan fragmentasi antar kelompok agama.
Adanya rasa saling curiga antar dan kesalahpahaman kelompok agama juga semakin melebarkan jurang pemisah antara mereka untuk mencapai perdamaian. Perseteruan ini kemudian memunculkan pecahnya India menjadi dua bagian. Berdiri negara bernama Pakistan yang Islam pada 14 Agustus 1941 kemudian India yang Hindu pada 14 Agustus 1947.
Dengan realitas sosial yang demikian pada masa hidupnya, Asghar Ali begitu lantang dalam menyuarakan dan menyoroti realitas penindasan dan kezaliman pada masa itu. Salah satu karya monumentalnya adalah pemikiran “Islam dan Teologi Pembebasan”.
Ia merupakan tokoh yang produktif, terbukti dari puluhan buku dalam berbagai tema yang berkaitan dengan masyarakat muslim yang ia terbitkan. Salah satu karyanya adalah The Quran, Women and Modern Society yaitu pemikiran tentang perempuan.
Fikih Perempuan Modern Asghar Ali Engineer
Pemikirannya mengenai fikih perempuan modern dapat terbilang berbeda dengan ajaran fikih klasik yang tekstualis. Contohnya tafsiran landasan fikih klasik yang sering dipakai bahwa laki-laki lebih superior ketimbang perempuan pada (Q.S. al-Baqarah [2]: 228)
وَلَهُنَّ مِثْلُ الَّذِيْ عَلَيْهِنَّ بِالْمَعْرُوْفِۖ وَلِلرِّجَالِ عَلَيْهِنَّ دَرَجَةٌ ۗ وَاللّٰهُ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ ࣖ…..
Dan mereka (para perempuan) mempunyai hak seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang patut. Tetapi para suami mempunyai kelebihan di atas mereka. Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana. (Q.S. al-Baqarah [2]: 228)
Menurut Asghar Ali dalam buku Tafsir perempuan: Wacana perjumpaan Al-Quran, perempuan dan kebudayaan kontemporer terjemahan dari buku The Quran, Women and Modern Society. Ayat tersebut seakan bertentangan antara kesetaraan laki-laki dan perempuan dan kelebihan yang diberikan Allah pada laki-laki.
Tetapi, ia menambahi bahwa penafsiran pada ayat ini perlu kehati-hatian. Memang terlihat kontradiksi, tetapi bila melihatnya dari konteks sosial, maka kontradiksi ini akan menggambarkan realitas sosial yang terjadi. Asghar Ali juga mengaitkan ayat ini dengan (Q.S an-Nisaa’ [4]: 34).
اَلرِّجَالُ قَوَّامُوْنَ عَلَى النِّسَاۤءِ بِمَا فَضَّلَ اللّٰهُ بَعْضَهُمْ عَلٰى بَعْضٍ وَّبِمَآ اَنْفَقُوْا مِنْ اَمْوَالِهِمْ ۗفَالصّٰلِحٰتُ قٰنِتٰتٌ حٰفِظٰتٌ لِّلْغَيْبِ بِمَا حَفِظَ اللّٰه
Artinya: Laki-laki (suami) itu pelindung bagi perempuan (istri), karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dari hartanya. Maka perempuan-perempuan yang saleh adalah mereka yang taat (kepada Allah) dan menjaga diri ketika (suaminya) tidak ada, karena Allah telah menjaga (mereka)… (Q.S an-Nisaa’ [4]: 34).
Respon atas Realitas Sosial yang Berubah
Pada masa Arab kala itu perempuan harapannya tidak mencari nafkah dan memelihara keluarga. Karena laki-lakilah yang mengemban tugas dan kewajiban nafkah. Oleh sebab itu, tingkat superioritas Allah berikan pada laki-laki sebagai bentuk kebijaksanaanNya. Lain halnya dengan masa sekarang, ketika sebagian besar perempuan telah memasuki dunia kerja.
Dengan ini dapat kita pahami bahwa ketika realitas sosial berubah, hukum pun akan ikut berubah pula. Termasuk fikih perempuan yang dirumuskan ulama terdahulu, dapat sewaktu-waktu berubah tergantung kondisi zamannya. Maka ketika perempuan sudah mulai bekerja untuk memenuhi kebutuhannya dan keluarga, maka tidak akan ada yang melarang perempuan akan mendapatkan status yang sama dengan laki-laki, bahkan satu tingkat di atasnya.
Meskipun demikian, tidak mudah mewujudkan adanya kesetaraan dan keadilan di masa budaya kontemporer. Sebab perlu adanya upaya lebih dalam mengamalkan gagasan ini. Terutama adanya cengkraman patriarki yang tertancap pada berbagai sektor kehidupan.
Pemikiran Asghar Ali mengenai fikih perempuan modern bukan pada contoh di atas saja. Pembahasan ini hanyalah sebuah perkenalan singkat terkait pemikiran Asghar Ali mengenai perempuan. Berkaca dari Asghar Ali Engineer, dapat kita renungkan bahwa segala macam bentuk doktrin yang menawarkan ketidakadilan, haruslah kita pikir kembali dengan menyesuaikan realitas yang sedang terjadi. []