Pepatah “tak kenal maka tak sayang”, kerap kita dengar sejak kecil setiap kali bertemu teman baru, atau harus beradaptasi dengan tempat yang baru. Kalimat ini tetiba hadir kembali, ketika saya mengingat bagaimana pertama kali bertemu dan berkawan karib dengan orang-orang Timur Indonesia, khususnya Papua.
Perjumpaan dengan orang Papua dan orang Timur lainnya, memang baru saya alami di tahun 2017, ketika acara Sahur Keliling bersama Ibu Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid di Indramayu, dan mulai aktif sebagai anggota Koalisi Perempuan Indonesia.
Pemberitaan dari media yang bagaimana menceritakan kekerasan begitu lekat dengan masyarakat Timur, dan secara penampilan yang kadang membuat saya pribadi merasa takut. Dulu, saat masih menempuh pendidikan di Yogyakarta, setiap kali menggunakan jasa angkutan umum, dan ada mahasiswa dari Papua yang masuk, refleks orang yang satu kendaraan menghindar untuk duduk berdekatan. Saya yang tidak tahu alasannya, malah ikut-ikutan.
Stigma terhadap orang Papua, dan konflik kemanusiaan yang berkepanjangan di sana, akibat salah urus pemerintah Indonesia dari masa ke masa, membuat alam bawah sadar kita secara tidak langsung ikut menghakimi apa yang sebenarnya tidak mereka inginkan.
Semakin mengenal dan dekat dengan orang Papua serta Timur lainnya, runtuh pula segala stigma yang terlanjur melekat di benak kita. Terlebih dengan mengenal lebih dekat Abang Yosep Leo Subay dari Papua, Kak Welly Kono, dan Aida Nafisah dari NTT yang hangat dan menyenangkan. Selalu menebarkan semangat serta senyum ceria.
Ingatan saya terlempar, ketika bersama-sama menghandle satu kegiatan di organisasi. Saya bisa asyik bercengkrama, bersenda gurau, dan bahkan sering pula tinggal dalam satu kamar saat giat di luar kota. Sesuatu yang dulu mungkin tak pernah terbayangkan sama sekali akan saya lakukan. Tak ada rasa takut dan cemas yang berlebihan, malah yang ada kami bisa saling bercerita, dan mentertawakan atas kekonyolan yang terjadi.
Atau pernah suatu kali, mendengar Abang Subay tak sadarkan diri dan masuk rumah sakit. Kami merasa cemas. Tak hanya saya, tetapi semua orang yang mengenalnya dengan baik. Lalu ketika diberi kesempatan untuk membezuknya di rumah sakit itu, tangis saya pecah. Ada rasa takut kehilangan yang sulit dibahasakan, dan saya bersyukur orang-orang baik itu masih dalam lindunganNya, masih menebar semangat dan manfaat hingga hari ini.
Maka ketika membaca kembali baris-baris kalimat dalam buku “Identitas: Tuntutan atas Martabat dan Politik Kebencian” yang ditulis dengan sangat lugas oleh Francis Fukuyama, dalam beberapa hal mengingatkan saya dengan pengalaman sendiri, dan bagaimana sering kali kita menilai serta memperlakukan salah orang Papua dan Timur lainnya, atau istilah kini yakni rasis dan diskriminatif.
Dalam buku itu tertulis, Keaslian diri batiniah orang kulit hitam Amerika tidaklah seperti orang kulit putih, tetapi dibentuk oleh pengalaman untuk tumbuh sebagai orang kulit hitam dalam masyarakat putih yang tidak bersahabat. Pengalaman ini ditentukan unsur kekerasan, rasisme, fitnah, dan tidak bisa dihargai oleh orang-orang yang tumbuh secara berbeda.
Catatan tersebut ditulis Francis Fukuyama, yang diangkat dari gerakan Black Lives Matter hari ini, yang muncul sebagai respons terhadap kekerasan polisi di Ferguson (Missouri), Baltimore, New York, dan kota-kota Amerika lain. Gerakan ini meluas dari waktu ke waktu, mulai dari tuntutan keadilan bagi para korban individu hingga upaya untuk membuat orang sadar akan sifat kehidupan sehari-hari bagi orang kulit hitam Amerika.
Apa yang terjadi di Amerika, juga merambah ke Indonesia. Jika menilik pengalaman saya di atas, maka yang dibutuhkan adalah bagaimana memperbanyak ruang perjumpaan, agar semakin kenal dan saling sayang dengan siapapun, dan dari manapun asalnya. Bukan lagi membahasakan perbedaan, tetapi menghargai keberagaman yang otentik dan genuine dari kekayaan, warisan dan tradisi kita sebagai bangsa Indonesia, yang merupakan bagian dari warga dunia secara lebih luas. []