Mubadalah.id – Hadits ini menjelaskan tentang pekerjaan domestik perempuan menurut Islam, baik reproduktif biologis maupun layanan terhadap seluruh anggota keluarga.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ مَنْ أَحَقُّ النَّاسِ بِحُسْنِ صَحَابَتِى؟ قَالَ: «أُمُّكَ». قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ: «ثُمَّ أُمُّكَ». قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ: «ثُمَّ أُمُّكَ». قَالَ ثُمَّ مَنْ؟ قَالَ: «ثُمَّ أَبُوكَ». رواه مسلم.
Terjemahan:
Abu Hurairah Ra. menuturkan bahwa ada seorang laki-laki datang dan bertanya kepada Rasulullah Saw., “Siapakah orang yang paling berhak aku layani dan temani?”
Rasulullah Saw. menjawab, “Ibumu.”
“Lalu, siapa?” orang itu bertanya lagi.
“Ibumu.”
“Terus, siapa?”
“Ibumu.”
“Setelah itu, siapa?”
“Kemudian, ayahmu,” jawab Rasulullah Saw. (Shahīh Muslim).
Sumber Hadits:
Hadits ini diriwayatkan Imam Muslim dalam Sahīh-nya (no. hadits: 6664), Imam Bukhari dalam Sahīh-nya (no. hadits: 6037), Imam Abu Dawud dalam Sunan-nya (no. hadits: 5141 dan 5142), Imam Tirmidzi dalam Sunan-nya (2018), Ibnu Majah dalam Sunan-nya (no. hadits: 3789), dan Imam Ahmad dalam Musnad-nya (no. hadits: 8459, 20345, dan 20365).
Penjelasan Singkat:
Hadits Abu Hurairah Ra. ini dinyatakan dalam konteks budaya Jahiliah yang lebih memberi penghormatan kepada laki-laki dibanding kepada perempuan (Ingat pernyataan Umar bin Khathab pada hadits ke-6). Nabi Muhammad Saw. membalik kesadaran mereka, bahwa memberi perhatian kepada perempuan lebih penting daripada kepada laki-laki. Mengapa?
Tentu saja, karena perhatian yang ada di masyarakat sama sekali tidak tertuju pada perempuan. Padahal, perempuan telah mengambil peran penting dalam meneruskan regenerasi kemanusiaan. Yaitu, menjadi ibu, mengandung, melahirkan, menyusui, merawat, dan membesarkan anak. Hadits ini sekaligus memberi pengakuan dan penghargaan terhadap peran domestik dan reproduktif perempuan yang sering sekali diabaikan kebanyakan orang. Perempuan seringkali dibiarkan sendiri menjalankan peran tersebut, tanpa dukungan yang cukup dari pihak keluarga, masyarakat, dan terutama negara.
Dukungan terhadap perempuan sebagai ibu tidak cukup hanya berupa pujian dan ucapan manis. Tetapi, itu harus bentuk riil: membantu berbagi kerja, memberi makanan yang bergizi, mendidik dan memberdayakan perempuan, mengalokasikan anggaran kesehatan untuk perempuan, serta cuti kerja untuk reproduksi.
Penghargaan Nabi Muhammad Saw. kepada seorang ibu adalah ajaran Islam. Ajaran ini sudah seharusnya diimplementasikan dalam bentuk dukungan yang nyata dari anggota keluarga, masyarakat, dan negara. Perempuan sebagai calon ibu harus memperoleh pendidikan yang tinggi, ekonomi yang cukup, dan kesehatan yang terjamin. Begitu pun ketika sedang menjalani peran sebagai ibu, atau sudah menjalankan peran sebagai ibu. Konsep suami siaga dan desa siaga adalah bagian dari implementasi hadits ini, bukan?