Dalam sebuah pengajian yang pernah saya ikuti, seorang ustadz menyampaikan ceramahnya bahwa kalau ada foto perempuan yang tidak menutup aurat (tidak menggunakan jilbab) dipajang di dinding rumah lebih baik dicopot dan diganti dengan foto yang lebih islami, karena kalau tidak foto itu akan menyebarkan dosa kepada laki-laki yang melihatnya, dan karena foto tersebut juga perempuan tidak akan mencium bau surga.
Setelah mendengar cermah tersebut saya jadi ngedumel dalam hati, eh busyet itu hanya foto loh? lalu menyebar dosanya dimananya sih? dan kalau dipikir secara akal sehat, saya kira, apa yang disampaikan oleh Anda itu, tidak masuk akal Mas!
Karena kalau kita mau berpikir secara jernih, foto itukan benda mati, kemudian foto perempuan mau menutup aurat atau tidak, saya kira itu ya tidak ada salah, apalagi sampai menebar dosa, saya yakin tidak. Karena sebetulnya yang salah dan berdosa itu, ya otak mesum dan iman Anda yang lemah, masa liat foto perempuan aja, langsung naik birahinya. Astaghfirullah Akhi !!!
Terus yang menjadi pertanyaan juga, apakah untuk mencapai surga hanya dengan satu cara dan hanya itu-itu saja? lalu, bagaimana dengan kebaikan lain yang tidak kalah penting, misalnya seperti suka menolong, bersedakah, beribadah, berpuasa, berbuat baik dan menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya. Apakah itu bukan cara juga untuk mencapai surga Allah SWT ? Saya yakin itu cara yang lebih jauh lebih baik dan maslahat.
Terkait batasan aurat, di sebagian masyarakat di Indonesia telah mengenal bahwa batasan aurat bagi perempuan adalah pada seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan. Tetapi, pemahaman tersebut belum sepenuhnya selesai, karena masih banyak pandangan-pandangan ulama lain tentang batasan aurat perempuan, dan semuanya beragam pendapat.
Ulama Kontemporer, KH. Husein Muhammad dalam buku Fiqh Perempuan berpendapat bahwa batasan mengenai aurat adalah ditentukan oleh pertimbangan-pertimbangan kemanusian dalam segala aspek. Misalnya, diperlukan mekanisme tertentu yang akomodatif dan responsif terhadap segala nilai yang berkembang di masyarakat. Sehingga dalam tingkat tertentu batasan itu bisa diterima oleh sebagian besar komponen masyarakat.
Lebih lanjut, menurut Buya Husein, pertimbangan khawf al-fitnah yang sudah dikembangkan oleh ulama fiqh juga harus menjadi salah satu penentu pertimbangan, agar tubuh manusia tidak dieksploitasi untuk kepentingan-kepentingan rendah dan murahan yang bahkan mungkin bisa menimbulkan gejolak (fitnah) yang mengakibatkan kerusakan yang tidak diinginkan terhadap tatanan kehidupan masyarakat.
Bahkan seorang cendekiawan Mesir dan juga penulis Kitab Tahrir al-Mar’ah, Qosim Amin berpendapat bahwa al-Quran membolehkan perempuan menampakkan sebagian dari tubuhnya di hadapan orang-orang yang bukan mahramnya. Akan tetapi al-Quran, menurut Qasim Amin, tidak menentukan bagian-bagian mana dari anggota tubuh itu yang boleh dibuka.
Pandangan-pandangan yang luas seperti inilah, sebaiknya harus terus disampaikan dan dikembangkan, karena pada dasarnya Islam adalah agama yang tidak sempit, agama yang selalu memberikan kemudahan, kebebasan kepada perempuan, dan para perempuan bisa memaknai batasan aurat dari sudut pandang manapun, baik mengikuti kebiasaan (adat) warga di sekitar maupun mengikuti pandangan para ulama-ulama kontemporer lainnya.
Oleh karena itu, balik lagi ke permasalahan di atas, bagi para pendakwah, kalau berceramah tentang batasan aurat bagi perempuan mbok ya jangan terpaku sama teks, tapi juga harus membaca konteksnya bagaimana, terlebih konteks masyarakat sekitar juga perlu dipertimbangkan.
Nah, kalau di otak anda ketika melihat perempuan hanya nafsu birahi, saya kira, lebih baik tidak usah ceramah terlebih dahulu, dan lebih baik banyak beribadah dengan istri Anda saja. Dan misalkan kalau mau tetap berceramah, maka carilah topik yang lebih aktual lagi, yang lebih membawa pesan-pesan kepada kemaslahatan, kebaikan, dan kebahagiaan baik kepada perempuan maupun laki-laki. []