Mubadalah.id – Dalam sebuah diskusi kecil di rumah salah satu seorang teman saya yang baru menikah, beberapa teman saya beranggapan bahwa akal harus ditempatkan sebagai raja dalam struktur jiwa manusia. Alasannya karena akal adalah satu-satunya pembeda yang membuat manusia lebih unggul daripada makhluk lainnya di bumi—sebagaimana para filosof muslim berpendapat bahwa manusia adalah binatang yang berpikir (al-insanu hayawanun nathiq).
Dari hasil riset pun menunjukkan kenyataan bahwa 96% bagian tubuh manusia bisa ditemukan dalam tubuh babi ataupun kuda, atau 97,5% dari DNA manusia sama dengan DNA gorilla dan 98,4%-nya sama dengan simpanse.
Satu-satunya pembeda manusia dengan binatang lainnya adalah kemampuannya dalam berpikir dan merencanakan sesuatu di masa depan. Binatang tidak mampu berpikir. Mereka hanya mampu bereaksi dengan insting naluriah yang turun temurun dan pengulangan perilaku, sedangkan manusia bisa menyikapi keadaan dengan pikiran dan pandangan-pandangannya yang jauh ke depan.
Manusia bisa mengoptimalkan kinerja akalnya. Mereka mampu menganalisa sesuatu dan mengembangkan teori terhadap objek yang teramati. Bahkan menurut Lewis Mumford akal manusia tak hanya mampu bekerja secara aktif namun juga hiperaktif—sejak bangun tidur hingga tidur lagi akal manusia selalu aktif berpikir. Dalam tidur pun akal manusia masih aktif bekerja dan memproyeksikan pikiran-pikirannya ke dalam mimpi.
Fahruddin Faiz dalam buku Ihwal Sesat Pikir dan Cacat Logika menyatakan: Manusia dan berpikir hakikatnya adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Pikiran manusia hakikatnya adalah sebuah keajaiban alam. Sebuah penelitian menyatakan bahwa otak manusia dapat memproduksi lebih dari 50.000 pikiran setiap hari dan mengalami 100.000 reaksi kimia setiap detiknya.
Sifat pikiran manusia yang hiperaktif tersebut membawa dampak positif sekaligus dampak negatif—positifnya adalah manusia bisa menaklukkan segala ancaman alam bagi mereka yang mampu memberdayagunakan akalnya dengan baik, namun bagi mereka yang tak mampu mengontrol kapasitas akal dalam berpikir dan tidak mempedulikan batasan-batasan akal. Mereka akan terkena dampak negatif pikiran yang akan merusak dirinya sendiri (self-destruction).
Erich Fromm seorang pakar psikologi humanistik berpendapat:
Terpisahnya pemikiran dan kasih sayang menggiring manusia pada sebuah penyakit skizofrenia kronis tingkat rendah. Bagi Fromm penalaran yang baik adalah penalaran yang mengalir dari campuran antara pemikiran dan perasaan emosional. Jika kedua fungsi tersebut dipisahkan secara paksa maka pemikiran akan merosot menjadi aktivitas intelektual skizoid dan perasaan merosot menjadi gairah neurotis yang merusak hidup.
Meskipun pikiran manusia lebih canggih daripada mahluk-mahluk lainnya di muka bumi, akan tetapi pikiran manusia juga tidak lepas dari kesalahan, dan tidak semua proses dan hasil pikiran manusia senantiasa akurat. Bahkan tak jarang pula manusia menggunakan pikirannya untuk membenarkan kesalahannya sendiri dengan argumen-argumen rasional yang diperolehnya dari akal.
Hal ini membuat Arthur Schopenhauer menganggap bahwa akal bukan merupakan pusat dari segala tindakan manusia. Tugas akal tak lebih hanyalah untuk menjustifikasi baik atau buruknya kehendak. Tak hanya sekedar Schopenhauer yang berpendapat demikian Friedrich Nietzsche malah menganggapnya tak sekedar kehendak biasa melainkan kehendak untuk menguasai (will to power)—semua kehendak tersebut berasal dari hati.
Kehendak yang memunculkan sikap, tindakan dan perlakuan manusia terhadap kehidupan. Proses munculnya kehendak sampai diberlakukannya kehendak tersebut kurang lebih jika diurutkan sebagai berikut:
- Hati memiliki kehendak
- Akal menjustifikasi kehendak tersebut dengan pikiran rasional (baik/buruk dan ya/tidak)
- Kehendak terjustifikasi oleh akal
- Kehendak kembali kepada hati
- Hati memutuskan untuk mengeksekusi atau meniadakan kehendak
Kalau dalam Islam kehendak mungkin bisa kita samakan dengan niat. Sebuah hadis berbunyi “Innamal a’maalu bin niyyat” (Sesungguhnya amal itu tergantung dengan niat). Niat adalah esensi dari perilaku manusia atau mungkin kebenarannya niat merupakan esensi dari kehendak itu sendiri.
Jauh sebelum hati seseorang menghendaki sesuatu, ia akan meniatkan lebih dulu untuk melakukan kehendak itu—kedudukan niat sangat penting dalam pandangan Islam, dalam salah satu syarahnya terhadap kitab al-Hikam di buku Menjadi Manusia Rohani, Gus Ulil Abshar Abdalla menjelaskan bahwa kedudukan niat tak hanya sekedar gerakan hati yang menghendaki sesuatu namun niat seperti halnya gambaran awal sebuah bagunan (blueprint) bagi seorang arsitek yang akan menentukan seluruh pekerjaan pada tahap berikutnya.
Dari sini kita memahami bahwa niat merupakan satu hal yang lebih awal daripada kehendak dan letak niat sama seperti halnya kehendak, ada di dalam hati. Tempat segala sesuatu bermula. Hal ini yang kita jadikan bahan pertimbangan bahwa akal tidak mungkin kita tempatkan sebagai raja. Sebab akal bukan merupakan awal dari segala sesuatu bermula dalam diri manusia dan akal memiliki banyak keterbatasan.
Sebagaimana Al-Ghazali dalam Kimiya’us Sya’adah yang menyatakan bahwa yang lebih pantas dijadikan raja dalam struktur jiwa manusia adalah hati. Sebab hati adalah awal mula segala kehendak manusia. Akal hanyalah penasehat bagi hati yang memberikan pengarahan-pengarahan dan nasehat-nasehat kepadanya.
Selebihnya segala keputusan untuk memberlakukan suatu kehendak adalah hati. Karena hanya di dalam hati belas kasihan itu ada dan rasa cinta melekat padanya. Tanpa ada belas kasih dan rasa cinta kehendak manusia hanyalah sekedar pemenuhan ego belaka yang tak memiliki visi yang lebih bermakna. []