Mubadalah.id – Ngaji Pasaran merupakan istilah bagi pengajian Ramadhan yang diadakan oleh pesantren-pesantren tradisional di Nusantara. Istilah ini banyak digunakan pesantren di Jawa Barat termasuk Cirebon. Sedangkan pesantren Jawa Tengah dan Jawa Timur menyebutnya sebagai ngaji Posonan atau pengajian pasaran.
Dinamakan Ngaji Pasaran karena para santri bebas untuk memilih pengajian manapun yang akan mereka ikuti. Biasanya pesantren membuat jadwal dengan ustadz dan kitab yang beragam. Pada akhirnya akan ada ustadz terlaris dengan peserta pengajian terbanyak (seperti di pasar) dan ada ustadz yang sepi pelanggan.
Konon, sistem pengajian seperti inilah yang dahulu diterapkan oleh Wali Songo dan pesantren pada awal kemunculannya. Para Wali dan kiai membebaskan muridnya untuk mengaji kepada siapapun dan di manapun. Sehingga niat dan minat untuk mengaji tumbuh secara alami tanpa adanya paksaan.
Pondok Kebon Jambu di Cirebon pun setiap satu tahun sekali membuka pengajian pasaran dari tanggal 1 hingga 16 Ramadhan. Setiap tahunnya selalu ada ustadz terlaris dan ada pula ustadz yang tutup warung hingga gulung tikar. Hal ini bukan berarti ustadz tersebut tidak pandai dalam mengkaji kitab yang disajikannya. Namun minat para santri terhadap kitab yang disajikan itulah yang menentukan.
Pengajian Pasaran Ramadhan merupakan momentum kebebasan bagi para santri untuk mengaji kitab apapun. Karena belakangan ini pesantren lebih banyak menerapkan sistem pengajian per kelas, sehingga para santri ‘terpaksa’ harus mengikuti pengajian pada tahap tertentu sesuai dengan kemampuan dan usia mondok mereka.
Namun di pengajian pasaran, para santri datang dari berbagai usia, berbagai kemampuan bahkan berbagai pondok pesantren.
Yang unik lagi, pada Ngaji Pasaran, para santri duduk lesehan tanpa meja dan alas apapun. Kadang mereka hanya menggunakan sejadah atau sendal sebagai alas duduk.
Tidak jarang para kiai dan ustadz pun duduk sejajar dengan mereka tanpa jarak dan sekat apapun.
Ngaji Pasaran juga menjadi ajang ngabuburit sambil menunggu azan magrib berkumandang. Lelah dan lesu selama berpuasa tidak akan terasa saking nikmatnya mengikuti ngaji pasaran. D Kebon Jambu bahkan ada kiai yang sengaja mengakhiri pengajiannya saat bel buka puasa berbunyi. Jika bel belum berbunyi, pengajian tidak akan bubar.