Mubadalah.id – Menginjak usia kepala dua, saya sering sekali mendapat cerita dan wejangan dari orang-orang tentang pernikahan. Mulai dari cara memilih pasangan, persoalan akad dan resepsi, persoalan anak hingga cerita tentang kehidupan perempuan setelah menikah.
Ketika mendengar perkataan mereka, saya akui, sebagian besar statement dan pandangan mereka soal pernikahan cukup menarik dan bisa dibuat pertimbangan untuk ke depan. Namun, dari berbagai topik yang mereka bahas, ada satu topik yang sukses membuat bulu kuduk saya merinding dan bergumam “Se-menyedihkan itukah dunia pernikahan?”
Mungkin anda bisa menebak topik apa yang saya maksud. Ya, tentang kehidupan perempuan setelah menikah. Seseorang pernah mengatakan kepada saya menggunakan Bahasa Jawa kurang lebih seperti ini “Wong wedok lek wes rabi iku gak iso lapo-lapo. Kudu manut opo jare bojo. Arep metu omah lek gak diolehi bojo yo gak iso metu omah. Bedo karo wong lanang.” (Baca: Perempuan itu kalau sudah menikah tidak bisa apa-apa. Harus nurut suami. Mau keluar rumah kalau tidak dapat izin suami ya tidak bisa keluar, beda sama laki-laki)
Itu masih statement pertama. Ada satu statement lagi yang berhasil membuat saya cukup takut memasuki dunia pernikahan, yaitu “Wong wedok iku isok e mung meneng. Gak berhak memutuskan apapun dalam rumah tangga.” (Baca: Perempuan itu hanya bisa diam. Tidak berhak memutuskan apapun dalam rumah tangga).
Kedua statement itu meresahkan bukan? Jujur saja, ketika mendengar itu yang ada dalam pikiran saya adalah pernikahan rasa-rasanya tak ada bedanya dengan penjara (mungkin bisa dibilang lebih dari penjara). Mengurung perempuan tidak hanya fisik, tapi juga psikis dan intelektual. Saya membayangkan jika saya berada dalam pernikahan seperti itu, pasti stress gak ketulungan.
Sebagai perempuan yang belum menikah, saya kemudian memahami statement tersebut menggunakan perspektif yang ramah terhadap perempuan dan tidak bias, untuk kemudian saya terapkan dalam hidup saya ketika saya berumah tangga nanti. Saya memahami menggunakan perspektif Mubadalah.
Singkatnya begini, Mubadalah mempunyai prinsip kesalingan. Relasi suami istri di sini bersifat kesalingan baik dalam melaksanakan peran-peran publik maupun domestik. Mubadalah menjunjung tinggi nilai keadilan dan kemaslahatan untuk keduanya. Jadi dalam relasi suami istri tidak ada yang namanya hegemoni relasi kuasa yang timpang, yang ada adalah relasi yang saling bekerja sama satu sama lain, saling memahami, saling memberi kesempatan satu sama lain untuk bertumbuh dan berkembang.
Mubadalah menempatkan posisi suami dan istri sebagai subjek dalam kehidupan. Keduanya tidak ada yang diposisikan sebagai objek, sehingga keduanya sama-sama punya kesempatan yang sama. Semuanya bisa berkontribusi penuh, saling bekerja sama untuk mewujudkan keluarga sakinah ma waddah wa rahmah tanpa memandang gender tertentu.
Jika statement meresahkan yang saya sebut sebelumnya dilihat dari kacamata Mubadalah, -seperti yang pernah disebutkan oleh Kiai Faqihuddin Abdul Qadir dalam bukunya- persoalan izin harusnya dimaknai secara resiprokal. Artinya, jika istri wajib meminta izin suami ketika ingin berpergian, maka suami juga harusnya meminta izin kepada istrinya ketika akan berpergian.
Begitu juga dengan mitos perempuan hanya bisa diam dan tidak bisa berkontribusi membuat keputusan dalam rumah tangga. Kalau dipahami secara Mubadalah, tidak mungkin perempuan suaranya dibungkam, diabaikan dan tidak di dengar. Sebab Mubadalah sangat mengedepankan musyawarah dalam relasi suami istri. Semua suara dari kedua belah pihak di dengar dan dipertimbangkan, kemudian di cari jalan tengah yang maslahat bagi semuanya.
Dari sini kita tahu bahwa perspektif ini terlihat sangat humanis dan dapat menciptakan kedamaian dalam kehidupan pernikahan nantinya. Saya kira perspektif ini penting untuk dipahami dan dipelajari teman-teman yang belum menikah seperti saya, agar nantinya mempunyai pandangan yang baik soal relasi pernikahan. Bahwa relasi pernikahan bukan seperti relasi seorang tuan dengan budaknya, tapi suami istri adalah pasangan yang posisinya setara.
Selain itu, memahami perspektif Mubadalah sebelum menikah dapat menjadi bekal untuk kita menciptakan relasi yang maslahat dan dapat mendobrak pemikiran lama terkait pernikahan yang bias, tidak humanis dan merugikan salah satu pihak. []