Sabtu, 18 Oktober 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Keadilan Gender

    SIKON CILEM UIN SSC Cirebon Angkat KUPI sebagai Gerakan Global Keadilan Gender Islam

    Metodologi KUPI

    Menelusuri Metodologi KUPI: Dari Nalar Teks hingga Gerakan Sosial Perempuan

    Trans7

    Pesantren di Persimpangan Media: Kritik atas Representasi dan Kekeliruan Narasi Trans7

    Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Belajar dari Gus Dur dan Daisaku Ikeda, Persahabatan adalah Awal Perdamaian

    Jurnalis Santri

    Sambut Hari Santri Nasional 2025, Majlis Ta’lim Alhidayah Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar untuk Para Santri

    Thufan al-Aqsha

    Dua Tahun Thufan al-Aqsha: Gema Perlawanan dari Jantung Luka Kemanusiaan

    Daisaku Ikeda

    Dialog Kemanusiaan Gus Dur & Daisaku Ikeda, Inaya Wahid Tekankan Relasi Lintas Batas

    Soka Gakkai

    Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    Gus Dur dan Ikeda

    Masjid Istiqlal Jadi Ruang Perjumpaan Dialog Peradaban Gus Dur dan Daisaku Ikeda

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Suhu Panas yang Tinggi

    Ketika Bumi Tak Lagi Sejuk: Seruan Iman di Tengah Suhu Panas yang Tinggi

    Sopan Santun

    Sikap Tubuh Merunduk Di Hadapan Kiai: Etika Sopan Santun atau Feodal?

    Aksi Demonstrasi

    Dari Stigma Nakal hingga Doxing: Kerentanan Berlapis yang Dihadapi Perempuan Saat Aksi Demonstrasi

    Pembangunan Pesantren

    Arsitek Sunyi Pembangunan Pesantren

    Eko-Psikologi

    Beginilah Ketika Kesalehan Individual dan Sosial Bersatu Dalam Eko-Psikologi

    Sampah Plastik

    Menyelamatkan Laut dari Ancaman Sampah Plastik

    Budaya Pondok Pesantren

    Budaya Pondok Pesantren yang Disalahpahami

    Berdoa

    Berdoa dalam Perbedaan: Ketika Iman Menjadi Jembatan, Bukan Tembok

    Lirboyo

    Lirboyo dan Luka Kolektif atas Hilangnya Kesantunan Publik

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

    Fitrah Anak

    Memahami Fitrah Anak

    Pengasuhan Anak

    5 Pilar Pengasuhan Anak

    Pengasuhan Anak

    Pengasuhan Anak adalah Amanah Bersama, Bukan Tanggung Jawab Ibu Semata

    mu’asyarah bil ma’ruf

    Mu’asyarah bil Ma’ruf: Fondasi dalam Rumah Tangga

    Kemaslahatan dalam

    3 Prinsip Dasar Kemaslahatan dalam Perspektif Mubadalah

    Kemaslahatan Publik

    Kemaslahatan Publik yang Mewujudkan Nilai-nilai Mubadalah

    Politik

    Politik itu Membawa Kemaslahatan, Bukan Kerusakan

    Kepemimpinan

    Kepemimpinan Itu yang Mempermudah, Bukan yang Memersulit

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Keadilan Gender

    SIKON CILEM UIN SSC Cirebon Angkat KUPI sebagai Gerakan Global Keadilan Gender Islam

    Metodologi KUPI

    Menelusuri Metodologi KUPI: Dari Nalar Teks hingga Gerakan Sosial Perempuan

    Trans7

    Pesantren di Persimpangan Media: Kritik atas Representasi dan Kekeliruan Narasi Trans7

    Gus Dur dan Daisaku Ikeda

    Belajar dari Gus Dur dan Daisaku Ikeda, Persahabatan adalah Awal Perdamaian

    Jurnalis Santri

    Sambut Hari Santri Nasional 2025, Majlis Ta’lim Alhidayah Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar untuk Para Santri

    Thufan al-Aqsha

    Dua Tahun Thufan al-Aqsha: Gema Perlawanan dari Jantung Luka Kemanusiaan

    Daisaku Ikeda

    Dialog Kemanusiaan Gus Dur & Daisaku Ikeda, Inaya Wahid Tekankan Relasi Lintas Batas

    Soka Gakkai

    Pimpinan Soka Gakkai Jepang: Dialog Antaragama Hilangkan Salah Paham tentang Islam

    Gus Dur dan Ikeda

    Masjid Istiqlal Jadi Ruang Perjumpaan Dialog Peradaban Gus Dur dan Daisaku Ikeda

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Suhu Panas yang Tinggi

    Ketika Bumi Tak Lagi Sejuk: Seruan Iman di Tengah Suhu Panas yang Tinggi

    Sopan Santun

    Sikap Tubuh Merunduk Di Hadapan Kiai: Etika Sopan Santun atau Feodal?

    Aksi Demonstrasi

    Dari Stigma Nakal hingga Doxing: Kerentanan Berlapis yang Dihadapi Perempuan Saat Aksi Demonstrasi

    Pembangunan Pesantren

    Arsitek Sunyi Pembangunan Pesantren

    Eko-Psikologi

    Beginilah Ketika Kesalehan Individual dan Sosial Bersatu Dalam Eko-Psikologi

    Sampah Plastik

    Menyelamatkan Laut dari Ancaman Sampah Plastik

    Budaya Pondok Pesantren

    Budaya Pondok Pesantren yang Disalahpahami

    Berdoa

    Berdoa dalam Perbedaan: Ketika Iman Menjadi Jembatan, Bukan Tembok

    Lirboyo

    Lirboyo dan Luka Kolektif atas Hilangnya Kesantunan Publik

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Rumah Tangga dalam

    Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi

    Fitrah Anak

    Memahami Fitrah Anak

    Pengasuhan Anak

    5 Pilar Pengasuhan Anak

    Pengasuhan Anak

    Pengasuhan Anak adalah Amanah Bersama, Bukan Tanggung Jawab Ibu Semata

    mu’asyarah bil ma’ruf

    Mu’asyarah bil Ma’ruf: Fondasi dalam Rumah Tangga

    Kemaslahatan dalam

    3 Prinsip Dasar Kemaslahatan dalam Perspektif Mubadalah

    Kemaslahatan Publik

    Kemaslahatan Publik yang Mewujudkan Nilai-nilai Mubadalah

    Politik

    Politik itu Membawa Kemaslahatan, Bukan Kerusakan

    Kepemimpinan

    Kepemimpinan Itu yang Mempermudah, Bukan yang Memersulit

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Sastra

PE[R]SONA 5: Arah dalam Dilema

Tidak mudah menjadi Dewa. Banyak hal yang berkelindan di pikirannya, banyak pertanyaan menguap ke udara.

Nikmara Nikmara
5 Maret 2025
in Sastra
0
Dilema

Dilema

1.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Alkisah ada sepasang kekasih yang menikah lalu melahirkan seorang Putra. Betapa bahagianya memiliki anak pertama berjenis kelamin laki-laki. Meski zaman sudah maju dan modern, pendapat bahwa melahirkan anak pertama laki-laki adalah berkah karunia terbesar: merupakan pencapaian tertinggi seorang suami, dan kebanggaan bagi istri.

Persis seperti Raja zaman dulu yang merasa beban takhta-nya telah terangkat jika permaisurinya melahirkan Putra, yang tentu saja akan menjadi Putra Mahkota. Tugas sebagai istripun rasanya purna, tak ada dilema dan posisinya akan aman. Tidak perlu merasa terancam jika ada selir yang melahirkan putra untuk Raja, karena meminimalisir perang saudara.

Impian Memiliki Bayi Perempuan

Lana, perempuan itu, kini sedang mengandung anak kedua. Ingin sekali ia punya anak perempuan, karena setelah laki-laki, mereka ingin punya anak perempuan. Karena menurut keyakinan suami-istri tersebut, anak perempuan kelak mau dan mampu merawat bapak-ibunya.

Meski anak laki-laki memiliki ibunya sepenuhnya, namun belum tentu menantu perempuan mau merawat mertua, dengan cinta kasih sebagaimana anak perempuan kandung. Maka setelah memiliki putra, mereka ingin memiliki putri. Demikian harapan yang terpatri secara mendalam di benak Lana dan Rey, suaminya.

Kelahiran yang Tak Diinginkan

Lana dan Rey, melakukan segala cara agar anaknya yang kedua lahir perempuan. Mereka melakukan program dari dokter terkenal di sebuah rumah sakit, sampai datang ke rumah “orang pintar”, minta doa dan jampi. Bukan hanya itu, mereka juga pergi ke para Kiai dan Habaib meminta doa agar dikaruniai anak sesuai keinginannya. Para Kiai mendoakan namun menasehati, apapun jenis kelaminnya, harus disyukuri asal bayi dan ibu sehat selamat.

Tentu Lana dan Rey setuju, kesehatan dan keselamatan itu yang utama. Namun di pedalaman batin, mereka tetap menginginkan anak perempuan. Segala upaya mereka lakukan. Namun sekeras apapun manusia berusaha, Tuhan kadang punya rencana yang berbeda.

Dan kadang, jika kita mengejar sesuatu terlalu keras, maka sesuatu itu justru menjauh, bahkan menghilang. Hal inipun menimpa pasangan suami-istri itu. Lana kemudian melahirkan anak laki-laki, bukan cuma satu, namun kembar. Mereka bernama Dewandra Senja dan Indra Pandya Wirasena. Keduanya sehat.

Dress dari Lana untuk Putera-puteranya

Namun kesedihan Lana tak bisa disembunyikan. Waktu itu belum ada USG, jadi jenis kelamin menjadi kejutan di momen persalinan. Selama kehamilan, ia sudah melakukan banyak usaha dan tirakat. Ia juga sudah membeli perlengkapan bayi perempuan, baju-baju hingga menghias kamar dengan warna pink, warna yang identik dengan bayi perempuan.

Ia sering membayangkan mendandani anak perempuannya, mengepang, dan mengatur rambutnya dengan aksesoris rambut. Juga mengenakannya dress-dress dengan renda dan rajutan cantik. Namun semuanya kandas.

Di bulan-bulan awal pengasuhan, Lana menolak mengurusi kedua bayinya, sehingga terpaksa mencari donor ASI. Setelah tiga bulan, barulah Lana mulai berdamai. Namun, ia kemudian tetap memakaikan pakaian perempuan pada kedua putranya. Sampai satu tahun, dan tahun berikutnya.

Dewa dan Indra dibelikan mainan boneka dengan karakter yang lucu-lucu berwarna pink, dan dibelikan pula mereka boneka Barbie, hingga alat-alat make-up sampai alat-alat masak.

Hingga lulus sekolah dasar, Dewa dan Indra lebih suka belajar masak dan macak ketimbang bermain sepak bola, mobil-mobilan, apalagi tembak-tembakan.

Tentang Cita-cita

“Alasanku masuk kedokteran karena aku ingin menyembuhkan manusia. Meski bukan jiwanya, aku berkompetensi menyembuhkan fisik mereka.” Dewa membuka obrolan setelah mengulurkan pancake dengan sirup maple kesukaan Ambara.

“Itu cita-cita yang bagus. Aku yakin kau akan menyembuhkan banyak orang dengan semua kecerdasan dan keahlianmu.” Ambara tertegun. Seorang pria dengan jiwa yang dianggap sakit karena tak jelas identitasnya, tetap punya cita-cita menolong sesama.

“Alasanku masuk Tata Busana semua karenamu. Kau peletak dasar mimpi-mimpiku, kau idolaku, inspirasiku.” Kata-kata Ambara meluncur dengan fasihnya seperti biasa.

“Seleramu memang aneh. Kau mengidolakan sampah masyarakat, Ambara!”

“Aku bukan bagian dari masyarakat itu.”

Dewa tersenyum. Adik kecilnya sudah dewasa sekarang. Dia sudah bisa bersikap, memilah-milah posisinya, meneguhkan eksistensinya, punya preferensi ingin masuk ke komunitas mana, menjadi bagian masyarakat yang seperti apa.

“Mau kubuatkan Spaghetti kesukaanmu?”

“Tentu.” Ambara mengiyakan saja meski sudah melahap dua piring pancake.

Laki-Laki, Masak, dan ‘Macak’

Ambara kaget dengan kemampuan memasak Dewa yang meningkat pesat dari teknik, pengetahuan bumbu, hingga menu yang bukan hanya sebatas masakan tradisional, Rendang dan Ayam Betutu, namun juga hidangan aneh dari Eropa. Dewa berkata bahwa ia telah mengikuti kursus masak sembari mengikuti summer course tahun lalu di Finlandia.

Katanya, laki-laki di Finlandia belajar memasak sudah menjadi hal umum. Memasak adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki laki-laki dan perempuan. Memasak adalah skill survival sebagai makhluk hidup yang netral gender. Ada atau tidaknya perempuan, laki-laki harus bisa memenuhi kebutuhan “makan”nya sendiri.

Tidak perlu menjadi Raja yang menunggu dimasakkan makanan oleh orang lain. Ambara suka sekali dengan pemikiran itu. Di matanya, laki-laki yang bisa masak itu keren. Dewa membuatkan Spaghetti bolognese dengan topping Truffle. Jamur elit dengan harga selangit.

“Kemampuan memasakmu layak dipuji tapi kau menyukai jenis makanan mahal yang tidak enak. Lidah ndeso-ku tidak cocok dengan Truffle.” Ledek Ambara.

Ambara tidak sekedar meledek. Dia memang tidak menyukai rasa Truffle—dan juga Caviar. Disaat orang lain berlomba ingin sesering mungkin memakan hidangan elit itu, sekaligus memotret dan mengunggahnya ke media sosial. Ambara merasa bergidik. Ia memindahkan jamur Truffle ke piring Dewa. Dewa hanya menggelengkan kepala.

Setelah makan, Ambara melihat-lihat lemari pajangan di lantai dua rumah Dewa. Di rak meja belajar ruang itu, Ambara menemukan peralatan make-up dengan brand ternama. Menemukan pula sederet foto-foto dari kamera polaroid; foto hasil latihan make up dengan model dirinya sendiri. Apakah dia titisan Charlotte Tilbury? Batin Amabara. Terlalu keren untuk seorang otodidak.

Identitas Sejak Kecil

Ambara ingat bagaimana Ibu Dewa membelikan putranya itu seperangkat alat rias, membiarkan putranya bereksperimen dengan bedak, lipstick, eyeshadow, eyeliner, blush on, dan lain sebagainya. Kemampuan merias Dewa jauh lebih baik dibanding Ambara yang baru belajar akhir-akhir ini saja karena tuntutan pekerjaan.

Di etalase lain, berjejer koleksi boneka Barbie dari era 1990an sampai masa kini. Dia benar-benar mengoleksi. Patung kecil Princess Disney juga lengkap. Baju-baju Barbie hasil jahitannya sendiri juga indah sekali menurut mata Ambara.

Di meja belajar, ada foto keluarga. Bude, Pakde, Zaddie (kakak Dewa), Dewa, dan almarhum Indra, saudara kembar Dewa. Zaddie sangat gagah, dia atlet beladiri, pemilik sabuk hitam Karate. Saat kecil Zaddie memang suka olah raga. Di saat Dewa bermain boneka dan masak-masakan, Zaddie mencoba menguasai semua cabang olahraga mulai dari sepak bola, bulu tangkis, lari, hingga tenis dan basket. Bahkan balapan motor. Zaddie hidup sebagaimana anak laki-laki sewajarnya hidup.

“Bukalah box di atas meja belajar, itu hadiah untukmu!” Ucap Dewa dari lantai satu.

Betapa senang Ambara mendapati gaun berwarna Burgundi yang sangat Anggun. Ia bergegas mencobanya, dan pas sekali di tubuhnya.

“Kemampuan menjahitmu mengagumkan. Aku harus belajar banyak padamu.” Ucap Ambara masih dengan ketakjuban karena Dewa masih punya waktu menjahit baju di sela-sela kesibukannya menjadi mahasiswa kedokteran dan kegiatan aktivisnya.

Ambara kembali ingat, Bude-nya, Ibunda Dewa, adalah penjahit yang terkenal di kotanya. Dewa yang sedari kecil menyukai Barbie, sering membuat pakaian Barbie dengan mesin jahit di gallery Ibunya. Sedari SMP Dewa sudah bisa menjahit. Ambara juga sering membantu Budenya memasang kancing baju dan membantu memotong pola saat masih SD, sehingga saat SMA, Ambara sudah bisa membuat baju-baju untuk pesanan orang.

Arah Dalam Dilema

Dewa tak bisa melepaskan hal-hal yang sudah menjadi identitasnya sejak kecil. Ambara tak bisa menghakimi, tak bisa menyalahkan, dan tak bisa juga melakukan banyak hal. Ia hanya memahami dan mengerti dilema hidup Dewa; kebimbangan, kecemasan, dan ketakutan kakaknya itu. Bagi orang lain yang tak punya kenalan, tak pernah berinteraksi, tak pernah terhubung dengan orang seperti Dewa; menghakimi sangat mungkin terjadi.

Tidak mudah menjadi Dewa. Banyak hal yang berkelindan di pikirannya, banyak pertanyaan menguap ke udara. Haruskah ia mengikuti kecondongan jiwanya menjadi perempuan? Atau tetap menjadi laki-laki dengan perasaan perempuan? Lantas dia beribadah dan menjalani peran sosial dengan cara seperti apa dan bagaimana? Bolehkah ia jatuh cinta? Lantas cinta itu akan ia muarakan kepada siapa?

Tak ada aturan agama yang memfasilitasi dengan gamblang, konstruksi sosial juga menolaknya. Kebingungan, sepertinya akan menjadi kegelisahan abadi bagi Dewa. Tak bisa secara pasti ia akan menjadi siapa. Jati dirinya terbelah dua. Arah hidupnya berada dalam dilema; ke kanan jatuh, ke kiri runtuh. Sementara di hadapannya jalan penuh duri-duri siap berdarahkan kaki. []

Tags: cerita pendekDilemaKepribadianlaki-lakiperempuanPola PengasuhanSastratubuh perempuan
Nikmara

Nikmara

Terkait Posts

Aksi Demonstrasi
Publik

Dari Stigma Nakal hingga Doxing: Kerentanan Berlapis yang Dihadapi Perempuan Saat Aksi Demonstrasi

17 Oktober 2025
Metodologi KUPI
Aktual

Menelusuri Metodologi KUPI: Dari Nalar Teks hingga Gerakan Sosial Perempuan

17 Oktober 2025
Berbuat Baik Kepada Perempuan
Hikmah

Islam Memerintahkan Laki-Laki untuk Berbuat Baik kepada Perempuan

11 Oktober 2025
Perempuan di Bawah Laki-laki
Hikmah

Islam Tidak Pernah Menempatkan Perempuan di Bawah Laki-Laki

10 Oktober 2025
Laki-laki Perempuan dalam Kemanusiaan
Hikmah

Laki-Laki dan Perempuan: Mitra Setara dalam Kemanusiaan

10 Oktober 2025
Laki-laki dan Perempuan
Hikmah

Kenikmatan Surga untuk Laki-Laki dan Perempuan

9 Oktober 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Aksi Demonstrasi

    Dari Stigma Nakal hingga Doxing: Kerentanan Berlapis yang Dihadapi Perempuan Saat Aksi Demonstrasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Arsitek Sunyi Pembangunan Pesantren

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menyelamatkan Laut dari Ancaman Sampah Plastik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sikap Tubuh Merunduk Di Hadapan Kiai: Etika Sopan Santun atau Feodal?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menelusuri Metodologi KUPI: Dari Nalar Teks hingga Gerakan Sosial Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Ketika Bumi Tak Lagi Sejuk: Seruan Iman di Tengah Suhu Panas yang Tinggi
  • Mencegah Konflik Kecil Rumah Tangga dengan Sikap Saling Terbuka dan Komunikasi
  • Guruku Orang-orang dari Pesantren; Inspirasi Melalui Lembaran Buku KH. Saifuddin Zuhri
  • SIKON CILEM UIN SSC Cirebon Angkat KUPI sebagai Gerakan Global Keadilan Gender Islam
  • Sikap Tubuh Merunduk Di Hadapan Kiai: Etika Sopan Santun atau Feodal?

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID