• Login
  • Register
Selasa, 1 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom

Prinsip Kesalingan dalam Kearifan Lokal Masyarakat Minangkabau

Kabati Kabati
05/10/2018
in Kolom
0
rumah minangkabau

Ilustrasi: wikipedia[dot]com

131
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Salah satu cara mengetahui konsep perempuan dalam masyarakat Minangkabau yang matrilinial kita bisa ketik di mesin perambah: “Padusi” atau “Perempuan Minang”, maka dengan cepat akan muncul narasi seperti di bawah ini:

Perempuan yang dalam bahasa Minangkabau disebut padusi: Limpapeh rumah nan gadang, ambun puruak pagangan kunci, pusek jalo kumparan tali, nan gadang basa batuah, kapai tampek batanyo, ka pulang tampek babarito.

Limpapeh (hiasan) rumah gadang, ambun puruak pegangan kunci, pusat jala kumparan tali, yang besar dan bertuah, ketika mau pergi jadi tempat bertanya, ketika pulang tempat berberita.

Perempuan adalah perhiasan di rumah gadang sehingga harus bisa membuat rumah tetap hidup dan berseri, bertugas memegang kunci brangkas layaknya seorang kasir. Orang-orang ketika akan pergi, biasanya ini laki-laki ketika hendak merantau, harus bertanya dulu kepadanya, kemana sebaiknya tempat tujuan. Dan ketika para lelaki itu pulang (dari rantau) kepada perempuan itulah mereka harus mengabarkan berita perantauannya.

Baca juga: Membatasi Perempuan, Langkah Mundur Peradaban

Baca Juga:

Kekerasan dalam Pacaran Makin Marak: Sudah Saatnya Perempuan Selektif Memilih Pasangan!

Women as The Second Choice: Perempuan Sebagai Subyek Utuh, Mengapa Hanya Menjadi Opsi?

Fikih yang Berkeadilan: Mengafirmasi Seksualitas Perempuan

Jangan Tanya Lagi, Kapan Aku Menikah?

Karena posisi dan perannya tersebut, maka seorang perempuan ideal haruslah menjelma sebagai seorang yang intelek dan berwibawa. Mereka wajib punya keistimewaan:

  1. Tahu dibayang kato sampai (tahu dengan bayang kata sampai);
  2. Tahu dikilek camin pacah (tahu dengan kilat cermin pecah);
  3. Tahu di hulu gabak hujan (tahu di hulu gabak hujan);
  4. Tahu diriak rasah zaman (tahu dengan riak rasam zaman); dan
  5. Tahu di hulu persoalan (tahu dengan hulu persoalan).

Lalu bagaimana pula dengan laki-laki minang? Mari kita lihat Narasi besar tentang laki-laki minang:

Anak dipangku, kemenakan dibimbing, orang kampung dipatenggangkan (dipertimbangkan). Begitulah idealnya seorang laki-laki.

Seorang laki-laki di Minangkabau punya tanggungjawab yang besar. Dia tidak boleh hidup berlepas tangan dan memperjuangkan kepentingan pribadinya saja namun harus bertanggung jawab terhadap keluarga (anak), keluarga besar (keponakan) dan seluruh orang kampung.

Gambaran perempuan dan laki-laki ideal minang di atas apakah bersesuaian dengan realitas yang ada?

Baca juga: Husein Muhammad: Batas “Aurat” itu Budaya

Mari kita lanjutkan pencarian di ranah realitas. Coba ketik “angka perceraian di Sumatera Barat.” Maka akan muncullah berita berisi data-data yang luar biasa. Dua ribu janda lahir di Sumbar setiap tahunnya. Guru dominasi tingkat perceraian di Sumbar. Tingkat perceraian di Sumbar terus meningkat. Tujuh puluh lima persen tingkat perceraian di Sumbar adalah gugatan istri.

Apa sih yang bisa kita simpulkan dari kenyataan-kenyataan di atas? Jadi perempuan maupun menjadi laki-laki itu berat, coy!

Apa yang membuatnya berat? Bisa jadi konstruksi sosial. Kita tidak bebas memilih makna untuk diri kita sendiri tetapi ditentukan oleh sesuatu di luar diri kita.

Saya jadi ingat quote Sartre bahwa hidup itu terletak antara realitas dan cita ideal.

Nah bagaimana adat kemudian mengajarkan masyarakat Minang untuk terus bertahan mengayuh kehidupan, sehingga mereka terkenal sebagai perantau tangguh, petarung yang gigih dan pedagang yang ulet?

Dalam adagium adat minang, ada sebuah konsep keseimbangan hidup yang sudah dipakai secara umum: Lamak dek awak katuju dek urang.  Artinya, “untuk mengukur sesuatu itu enak atau tidak adalah dengan mengujinya dengan diri sendiri.”

Sesuatu yang enak bagi kita harusnya disukai juga oleh orang lain. Inilah kemudian yang menjadi poros, ketika beban hidup terasa menekan berat. Laki-laki dan perempuan Minang idealnya saling mempertimbangankan satu sama lain sehingga seharusnya yang berat tidak dipikul sendiri. Sebuah konsep yang mungkin sejalan dengan prinsip Mubadalah.[]

Tags: Budayakearifan lokalkeluargamatrilinialminangMubadalahnasihatperempuanSartresosial
Kabati

Kabati

Ka'bati. Penulis dan pekerja budaya di RUANG KERJA BUDAYA Konsentrasi pendidikan di bidang jurnalistik dan sosiologi. Sekarang Tinggal di Padang. Sumatera Barat

Terkait Posts

Pacaran

Kekerasan dalam Pacaran Makin Marak: Sudah Saatnya Perempuan Selektif Memilih Pasangan!

30 Juni 2025
Toxic Positivity

Melampaui Toxic Positivity, Merawat Diri dengan Realistis Ala Judith Herman

30 Juni 2025
Pisangan Ciputat

Bukan Lagi Pinggir Kota yang Sejuk: Pisangan Ciputat dalam Krisis Lingkungan

30 Juni 2025
Kesetaraan Disabilitas

Ikhtiar Menyuarakan Kesetaraan Disabilitas

30 Juni 2025
Second Choice

Women as The Second Choice: Perempuan Sebagai Subyek Utuh, Mengapa Hanya Menjadi Opsi?

30 Juni 2025
Tradisi Ngamplop

Tradisi Ngamplop dalam Pernikahan: Jangan Sampai Menjadi Beban Sosial

29 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Toxic Positivity

    Melampaui Toxic Positivity, Merawat Diri dengan Realistis Ala Judith Herman

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Women as The Second Choice: Perempuan Sebagai Subyek Utuh, Mengapa Hanya Menjadi Opsi?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ikhtiar Menyuarakan Kesetaraan Disabilitas

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bukan Lagi Pinggir Kota yang Sejuk: Pisangan Ciputat dalam Krisis Lingkungan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kekerasan dalam Pacaran Makin Marak: Sudah Saatnya Perempuan Selektif Memilih Pasangan!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Menjaga Pluralisme Indonesia dari Paham Wahabi
  • Taman Eden yang Diciptakan Baik Adanya: Relasi Setara antara Manusia dan Alam dalam Kitab Kejadian
  • Kekerasan dalam Pacaran Makin Marak: Sudah Saatnya Perempuan Selektif Memilih Pasangan!
  • Melampaui Toxic Positivity, Merawat Diri dengan Realistis Ala Judith Herman
  • Bukan Lagi Pinggir Kota yang Sejuk: Pisangan Ciputat dalam Krisis Lingkungan

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID