Mubadalah.id – Salah satu unsur terpenting dalam shalat Jumat adalah pembacaan dua khutbah. Sebagaimana yang kita tahu, khutbah Jumat dibaca sebelum dua rakaat shalat dilakukan. Hal ini, sudah turun-temurun dari generasi Nabi Muhammad SAW ke generasi selanjutnya, dan selanjutnya, lalu sampailah kepada kita sekarang seperti adanya, yaitu dilakukan sebelum shalat. Namun, jauh sebelum khutbah Jumat dilakukan sebelum shalat seperti sekarang, sebenarnya di zaman Nabi khutbah dilakukan setelah shalat sebagaimana khutbahnya shalat Idulfitri dan Adha.
Khutbah Jumat diadakan tujuannya untuk mengingat segala nikmat Allah yang telah diberikan kepada hambanya. seperti nikmat sehat, masih berpikir dan semua nikmat-nikmat yang tidak terhitung jumlahnya. karena hari jumat adalah Sayyidul Ayyam, tuannya hari-hari yang lain dan dihari ini pula oleh Allah dijadikan ajang bagi orang-orang mukmin untuk bersyukur serta menampakkan kebahagiaan. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu perkumpulan yang dapat mempopulerkannya.
Di zaman Nabi, sebenarnya khutbah Jumat dibacakan sesudah shalat jumat dilakukan. Tidak seperti sekarang dimana khutbahnya dilakukan terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan shalat. Akan tetapi, terjadi beberapa peristiwa yang memaksa Nabi mengubah teknis jum’at seperti yang kita lakukan sekarang, yaitu shalat dilakukan setelah pembacaan khutbah jum’at selesai. Kejadian itu, bermula dari kedatangan seorang pengusaha, namanya Dihyah bin Khalifah Al-Kalbii, dengan membawa segala macam barang dagangannya sambil lalu menabuh gendang sebagai tanda kedatangannya kepada penduduk kota Madinah.
Sementara Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya sedang mendirikan shalat Jumat di Masjid. Setelah shalat jum’at dilaksanakan Nabi maju kedepan untuk membaca khutbah. Namun para sahabat berhamburan meninggalkan Nabi yang sedang khutbah di masjid. Mereka semua keluar untuk membeli macam-macam kebutuhan dari pengusaha yang datang. Hanya segelintir sahabat kepercayaan beliau yang setia mendengarkan khutbah jumat yang dikumandnagkan setelah shalat oleh Nabi Muhammad SAW.
Para sahabat yang mengabaikan Nabi sedang khutbah di masjid mengira bahwa tidak ada pengaruh apa-apa tidak mendengarkan khutbah. Tidak berdosa meninggalkan khutbah Jumat. Oleh karena itu, Allah swt. Menurunkan ayat sebagai respon dari peristiwa yang dilakukan orang-orang mukmin saat itu. dalam [Q.S. Al-Jumu’ah, ayat:11], Allah berfirman
وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا انْفَضُّوا إِلَيْهَا وَتَرَكُوكَ قَائِمًا قُلْ مَا عِنْدَ اللَّهِ خَيْرٌ مِنَ اللَّهْوِ وَمِنَ التِّجَارَةِ وَاللَّهُ خَيْرُ الرَّازِقِينَ (11)
“Dan apabila mereka melihat perdagangan atau permainan, mereka segera menuju kepadanya dan mereka meninggalkanmu (Muhammad SAW) sedang berdiri (berkhutbah). Katakanlah, “sesuatu yang berada disisi allah lebih baik dari pada permainan dan perdagangan”, dan Allah sebaik-baiknya pemberi rezeki.”
Ayat di atas diturunkan oleh Allah sebab Nabi ditinggalkan saat khutbah oleh para sahabatnya bukan hanya sekali, namun berulang-ulang. Menurut riwayat Qatadah, kejadian Nabi Muhammad SAW diabaikan oleh kaumnya saat membaca khutbah setelah shalat jumat, terjadi sampai tiga kali.
Pada mulanya, Nabi Muhammad SAW masih mentoleransi kepada sahabat-sahabat yang meninggalkan masjid setelah shalat Jumat dan tidak ikut serta mendengarkan khutbahnya. Akan tetapi, pada ketiga kalinya Nabi merasa jengkel pula karena yang tetap tinggal semakin sedikit. Hanya sahabat-sahabat yang teguh imannya dan tidak memiliki problem ekonomi yang tetap setia mendampingi beliau berkhutbah seperti Abu Bakar, Umar dan sahabat lainnya.
Menurut riwayat Maqatil, sahabat yang tetap berdiam di masjid sekitar dua belas atau delapan orang. Oleh karena itu, Nabi mencari cara supaya umatnya tidak keluar sebelum khubah Jumat dibacakan meski shalat Jumat sudah selesai didirikan.
Maka Nabi mensiasati masyarat Madinah agar tidak lagi meninggalkan masjid sebelum khutbah dibacakan dengan mengubah strategi di dalam melaksanakan shalat Jumat. Yaitu khutbah dilaksanakan lebih dahulu sebelum dilakukannya shalat tujuannya agar orang-orang tidak pergi lagi. Setelah selesai membaca khutbah baru Nabi melaksanakan shalat jumat. Dan cara inilah yang bertahan sampai sekarang. []