• Login
  • Register
Sabtu, 7 Juni 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hikmah

Siasat Nabi Membaca Khutbah Sebelum Shalat Jumat

Menurut riwayat Maqatil, sahabat yang tetap berdiam di masjid sekitar dua belas atau delapan orang. Oleh karena itu, Nabi mencari cara supaya umatnya tidak keluar sebelum khubah Jumat dibacakan meski shalat Jumat sudah selesai didirikan

Moh Soleh Shofier Moh Soleh Shofier
14/08/2021
in Hikmah
0
Shalat Jumat

Shalat Jumat

85
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Salah satu unsur terpenting dalam shalat Jumat adalah pembacaan dua khutbah. Sebagaimana yang kita tahu, khutbah Jumat dibaca sebelum dua rakaat shalat dilakukan. Hal ini, sudah turun-temurun dari generasi Nabi Muhammad SAW ke generasi selanjutnya, dan selanjutnya, lalu sampailah kepada kita sekarang seperti adanya, yaitu dilakukan sebelum shalat. Namun, jauh sebelum khutbah Jumat dilakukan sebelum shalat seperti sekarang, sebenarnya di zaman Nabi khutbah dilakukan setelah shalat sebagaimana khutbahnya shalat Idulfitri dan Adha.

Khutbah Jumat diadakan tujuannya untuk mengingat segala nikmat Allah yang telah diberikan kepada hambanya. seperti nikmat sehat, masih berpikir dan semua nikmat-nikmat yang tidak terhitung jumlahnya. karena hari jumat adalah Sayyidul Ayyam, tuannya hari-hari yang lain dan dihari ini pula oleh Allah dijadikan ajang bagi orang-orang mukmin untuk bersyukur serta menampakkan kebahagiaan. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu perkumpulan yang dapat mempopulerkannya.

Di zaman Nabi, sebenarnya khutbah Jumat dibacakan sesudah shalat jumat dilakukan. Tidak seperti sekarang dimana khutbahnya dilakukan terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan shalat. Akan tetapi, terjadi beberapa peristiwa yang memaksa Nabi mengubah teknis jum’at seperti yang kita lakukan sekarang, yaitu shalat dilakukan setelah pembacaan khutbah jum’at selesai. Kejadian itu, bermula dari kedatangan seorang pengusaha, namanya Dihyah bin Khalifah Al-Kalbii, dengan membawa segala macam barang dagangannya sambil lalu menabuh gendang sebagai tanda kedatangannya kepada penduduk kota Madinah.

Sementara Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya sedang mendirikan shalat Jumat di Masjid. Setelah shalat jum’at dilaksanakan Nabi maju kedepan untuk membaca khutbah. Namun para sahabat berhamburan meninggalkan Nabi yang sedang khutbah di masjid. Mereka semua keluar untuk membeli macam-macam kebutuhan dari pengusaha yang datang. Hanya segelintir sahabat kepercayaan beliau yang setia mendengarkan khutbah jumat yang dikumandnagkan setelah shalat oleh Nabi Muhammad SAW.

Para sahabat yang mengabaikan Nabi sedang khutbah di masjid mengira bahwa tidak ada pengaruh apa-apa tidak mendengarkan khutbah. Tidak berdosa meninggalkan khutbah Jumat. Oleh karena itu, Allah swt. Menurunkan ayat sebagai respon dari peristiwa yang dilakukan orang-orang mukmin saat itu. dalam [Q.S. Al-Jumu’ah, ayat:11], Allah berfirman

Baca Juga:

Jamilah binti Abdullah: Kisah Perempuan yang Mendampingi Dua Syuhada

Beda Qiyas dari Metode Mubadalah: Menjembatani Nalar Hukum dan Kesalingan Kemanusiaan

Kisah Rumi, Aktivis, dan Suara Keledai

Hari Kemenangan dan 11 Bulan Kemudian

وَإِذَا رَأَوْا تِجَارَةً أَوْ لَهْوًا انْفَضُّوا إِلَيْهَا وَتَرَكُوكَ قَائِمًا قُلْ مَا عِنْدَ اللَّهِ خَيْرٌ مِنَ اللَّهْوِ وَمِنَ التِّجَارَةِ وَاللَّهُ خَيْرُ الرَّازِقِينَ (11)

“Dan apabila mereka melihat perdagangan atau permainan, mereka segera menuju kepadanya dan mereka meninggalkanmu (Muhammad SAW) sedang berdiri (berkhutbah). Katakanlah, “sesuatu yang berada disisi allah lebih baik dari pada permainan dan perdagangan”, dan Allah sebaik-baiknya pemberi rezeki.”

Ayat di atas  diturunkan oleh Allah sebab Nabi ditinggalkan saat khutbah oleh para sahabatnya bukan hanya sekali, namun berulang-ulang. Menurut riwayat Qatadah, kejadian Nabi Muhammad SAW diabaikan oleh kaumnya saat membaca khutbah setelah shalat jumat, terjadi sampai tiga kali.

Pada mulanya, Nabi Muhammad SAW masih mentoleransi kepada sahabat-sahabat yang meninggalkan masjid setelah shalat Jumat dan tidak ikut serta mendengarkan khutbahnya. Akan tetapi, pada ketiga kalinya Nabi merasa jengkel pula karena yang tetap tinggal semakin sedikit. Hanya sahabat-sahabat yang teguh imannya dan tidak memiliki problem ekonomi yang tetap setia mendampingi beliau berkhutbah seperti Abu Bakar, Umar dan sahabat lainnya.

Menurut riwayat Maqatil, sahabat yang tetap berdiam di masjid sekitar dua belas atau delapan orang. Oleh karena itu, Nabi mencari cara supaya umatnya tidak keluar sebelum khubah Jumat dibacakan meski shalat Jumat sudah selesai didirikan.

Maka Nabi mensiasati masyarat Madinah agar tidak lagi meninggalkan masjid sebelum khutbah dibacakan dengan mengubah strategi di dalam melaksanakan shalat Jumat. Yaitu khutbah dilaksanakan lebih dahulu sebelum dilakukannya shalat tujuannya agar orang-orang tidak pergi lagi. Setelah selesai membaca khutbah baru Nabi melaksanakan shalat jumat. Dan cara inilah yang bertahan sampai sekarang. []

Tags: HikmahKisah NabiNabi Muhammad SAWsahabat nabiSejarah IslamShalat JumatSyariat Islam
Moh Soleh Shofier

Moh Soleh Shofier

Dari Sampang Madura

Terkait Posts

KDRT

3 Faktor Sosial yang Melanggengkan Terjadinya KDRT

7 Juni 2025
Apresiasi Kepada Perempuan yang Bekerja di Publik

Islam Berikan Apresiasi Kepada Perempuan yang Bekerja di Publik

6 Juni 2025
Wuquf Arafah

Makna Wuquf di Arafah

5 Juni 2025
Kritik Asma Barlas

Iduladha sebagai Refleksi Gender: Kritik Asma Barlas atas Ketaatan Absolut

5 Juni 2025
Aurat

Aurat Perempuan: Antara Teks Syara’ dan Konstruksi Sosial

5 Juni 2025
Batas Aurat Perempuan

Dalil Batas Aurat Perempuan

5 Juni 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • KDRT

    3 Faktor Sosial yang Melanggengkan Terjadinya KDRT

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Masyarakat Adat dan Ketahanan Ekologi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Fenomena Walid; Membaca Relasi Kuasa dalam Kasus Kekerasan Seksual

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Spirit Siti Hajar dalam Merawat Kehidupan: Membaca Perjuangan Perempuan Lewat Kacamata Dr. Nur Rofiah

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Dari Sapi Hingga Toleransi : Sebuah Interaksi Warga Muslim Saat Iduladha di Bali

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Jam Masuk Sekolah Lebih Pagi Bukan Kedisiplinan, Melainkan Bencana Pendidikan
  • Masyarakat Adat dan Ketahanan Ekologi
  • 3 Faktor Sosial yang Melanggengkan Terjadinya KDRT
  • Dari Sapi Hingga Toleransi : Sebuah Interaksi Warga Muslim Saat Iduladha di Bali
  • Spirit Siti Hajar dalam Merawat Kehidupan: Membaca Perjuangan Perempuan Lewat Kacamata Dr. Nur Rofiah

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID