• Login
  • Register
Minggu, 1 Juni 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Publik

Taktik DARVO: Perilaku Manipulatif Andalan Predator Seksual

Dalam menangani atau mendampingi korban kekerasan, hal yang paling penting adalah melindungi hak korban. Keadilan baginya adalah hal yang esensial

M. Naufal Waliyuddin M. Naufal Waliyuddin
28/02/2024
in Publik, Rekomendasi
0
Taktik DARVO

Taktik DARVO

1.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Dalam melakukan atau menyembunyikan aksinya, penjahat seksual tidak jarang menggunakan strategi manipulatif. Kasus Subchi (Bechi) di pesantren Jombang, misalnya, melecehkan lima santri sejak 2017. Ia menyudutkan korban dengan tuduhan merusak nama baiknya. Dari situ, banyak pendukung fanatik pelaku yang justru menyerang dan menyalahkan korban.

Semasih belum terungkap, pengurus Pesantren Shiddiqiyyah ini ketika menjalankan aksinya ia meyakinkan korban dengan dalih ilmu “metafakta”. Menurutnya aksi bejatnya itu tidak bisa dinalar dan harus kita terima tanpa sanggahan sama sekali. Sikap demikian hanyalah satu dari sekian variasi tindak manipulatif dari penjahat seksual.

Mengenal DARVO

Taktik manipulatif yang paling lazim dan sering dipakai adalah DARVO. Istilah ini akronim dari deny (menyangkal), attack (menyerang), dan reverse victim and offender (pembalikan posisi korban dan pelaku). Yang membikin pusing dari dampak taktik tersebut adalah karena publik kerap kali terperdaya, terkecoh, dan secara tidak sadar bahkan ikut menyudutkan korban. Mereka termakan (terbeli secara psikologis) oleh sikap pelaku yang ingin menutupi kejahatannya.

Term DARVO pertama kali Jennifer Freyd perkenalkan pada 1997 saat mempublikasikan risetnya seputar “betrayal trauma theory”.  Di penelitian lanjutan, Vialle-Giancotti menyodorkan keprihatinannya:

“Minimnya kesadaran publik akan siasat pelaku yang destruktif itu tidak hanya berimbas pada pelaku, tetapi juga berkonsekuensi bagi korban dan masyarakat.”

Baca Juga:

Ketuhanan yang Membebaskan: Membangun Perdamaian dengan Dasar Pancasila

Fenomena Inses di Indonesia: Di Mana Lagi Ruang Aman bagi Anak?

Menilik Peran KUPI Muda dalam Momen Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

Pesan Nyai Alissa Wahid di Bulan Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

Lebih repot lagi, riset kolaborasi Sarah Harsey, Zurbriggen & Freyd (2017) menunjukkan kalau korban yang menjadi sasaran DARVO justru putar balik menjadi menyalahkan diri mereka sendiri.

Pada gilirannya, mereka malah tidak berani bicara dan memilih bungkam. Mereka juga takut orang-orang akan merundung korban (victim-blaming) hingga mengancam kesehatan psikologis korban. Di titik ini, posisi rentan korban menjadi semakin terhimpit.

Penerimaan Audiens & Kekerasan Interpersonal

Lebih repot lagi, taktik DARVO dalam riset Sarah Harsey dan Jennifer Freyd (2020) bekerja sangat efektif dalam mendelegitimasi keterangan korban. Kredibilitas korban menjadi dipertanyakan. Riset itu menjajaki dua kali eksperimen pada lebih dari 300 mahasiswa.

Eksperimen pertama (316 mahasiswa) menunjukkan hasil kalau mereka yang terpapar taktik DARVO dari pelaku cenderung menilai korban sebagai pihak yang kurang dapat dipercaya, lebih bertanggung jawab terhadap kekerasan itu, dan lebih abusive.

Pada eksperimen kedua, 360 mahasiswa diberi bekal pengetahuan dulu terkait DARVO, lantas para peneliti menelaah pandangan mereka. Hasilnya, para informan yang lebih teredukasi tentang DARVO ini cenderung melihat korban sebagai pihak yang lebih dapat mereka percaya, kurang abusive, sedangkan informan kurang bisa percaya pada pelaku.

Dengan kata lain, sosialisasi taktik DARVO ke masyarakat berdampak serius terhadap pandangan dan sikap audiens terhadap korban maupun pelaku.

Di luar sektor kejahatan seksual, taktik DARVO ironisnya juga ampuh dipakai para pelaku kekerasan interpersonal (antar-individu). Taktik yang sama masih efektif dalam kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan dalam relasi, sampai kekerasan simbolik dan varian sejenis.

Apa yang Bisa Diperbuat?

Dalam menangani atau mendampingi korban kekerasan, hal yang paling penting adalah melindungi hak korban. Keadilan baginya adalah hal yang esensial. Sosialisasi ke sebanyak mungkin audiens tentang kesadaran ini beserta taktik manipulatif DARVO juga merupakan unsur tak terpisah dari upaya pencegahan dan penanganan kekerasan (seksual ataupun interpersonal).

Apalagi, di masyarakat kita, stigmatisasi terhadap korban masih rutin mencuat. Bahkan tidak sedikit dari aparat hukum yang malah senewen bertanya, “apakah nyaman” ketika mendampingi korban. Suatu sikap yang semestinya perlu kita tampar dengan edukasi tegas.

Jika sudah tersosialisasi dan teredukasi dengan baik, alangkah baiknya kalau korban juga berani menyatakan kebenaran (speak the truth). Tentu saja yang terpenting sebelum itu adalah situasi dan ruang aman yang perlu terjamin.

Lebih lanjut, elemen masyarakat lainnya perlu mendapat edukasi terkait taktik manipulatif tersebut. Tujuannya agar publik bisa mendeteksi secara dini sekaligus menumpulkan efektivitas DARVO dalam kasus kekerasan seksual (KS). Apalagi yang sering terjadi, para pelaku KS justru banyak yang berasal dari orang terdekat korban dan tidak jarang menutupi tingkah busuknya dengan riasan pencitraan sosial yang kuat.

Kemudian para penegak hukum, sampai aneka lembaga/institusi dan media pun perlu meningkatkan wawasan mereka dan berfokus pada korban lebih dahulu. Sebab pekerjaan utama selain menghukum pelaku, adalah justru berpihak dan mendampingi pemulihan para penyintas. Ini mungkin tampak mudah kita tuliskan dan lisankan, tapi sulit untuk kita laksanakan. Meski begitu, tetap saja perlu kita upayakan terus menerus. Jangan sampai lengah.[]

Tags: hukumIndonesiakeadilan relasiKekerasan seksualTaktik DARVO
M. Naufal Waliyuddin

M. Naufal Waliyuddin

Redaktur metafor.id. Peneliti swadaya seputar generasi muda dan sosial keagamaan. Alumni Tasawuf Psikoterapi dan Interdisciplinary Islamic Studies. Pegiat literasi dan seni yang kerap menulis dengan nama pena Madno Wanakuncoro.

Terkait Posts

Ketuhanan

Ketuhanan yang Membebaskan: Membangun Perdamaian dengan Dasar Pancasila

1 Juni 2025
Perempuan Penguasa

Sejarah Para Perempuan Penguasa Kerajaan Wajo, Sulawesi Selatan

31 Mei 2025
Disabilitas dan Seni

Kreativitas tanpa Batas: Disabilitas dan Seni

31 Mei 2025
Ruang Aman bagi Anak

Fenomena Inses di Indonesia: Di Mana Lagi Ruang Aman bagi Anak?

30 Mei 2025
Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

Menilik Peran KUPI Muda dalam Momen Kebangkitan Ulama Perempuan Indonesia

30 Mei 2025
Kasus Argo

Kasus Argo UGM dan Sampai Kapan Nunggu Viral Dulu Baru Diusut?

30 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Jilbab

    Ketika Jilbab Menjadi Alat Politik dan Ukuran Kesalehan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ketuhanan yang Membebaskan: Membangun Perdamaian dengan Dasar Pancasila

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Luka Ibu Sebelum Suapan Terakhir (Bagian 1)

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Makna Hijab dan Jilbab dalam al-Qur’an

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kreativitas tanpa Batas: Disabilitas dan Seni

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Makna Hijab dan Jilbab dalam al-Qur’an
  • Ketika Jilbab Menjadi Alat Politik dan Ukuran Kesalehan
  • Ketuhanan yang Membebaskan: Membangun Perdamaian dengan Dasar Pancasila
  • Luka Ibu Sebelum Suapan Terakhir (Bagian 1)
  • Tren Mode Rambut Sukainah

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID