Mubadalah.id – Setiap Kamis sore Jum’at, apalagi jika jatuh pada kalender Jawa weton Kliwon, setiap pulang kerja melintas di jalan Gunung Jati pasti selalu macet dan padat merayap. Sebab disitulah makam salah satu dari sembilan wali bersemayam. Sunan Gunung Jati atau yang bergelar Syeikh Syarif Hidayatullah, yang hingga kini makamnya terus saja diziarahi oleh banyak orang.
Jelang pergantian tahun baru Cina atau Imlek, tak hanya orang Islam yang berziarah, tetapi juga dari komunitas Tionghoa, terutama dari Kota Cirebon dan sekitarnya. Mereka pun punya tradisi ziarah yang sama, yaitu berziarah ke Makam Nyai Ong Tien yang bergelar Ratu Mas Rarasumanding. Ia adalah salah satu istri Sunan Gunung Jati yang konon berasal dari negeri tirai bambu Cina.
Jalan raya Gunung Jati, sebagai salah satu akses jalan yang menghubungkan Indramayu-Cirebon, terutama ketika aku pulang pergi kerja, menjadi kesempatan bagiku untuk memperhatikan para pelaku ziarah. Maraknya penemuan makam keramat palsu, khususnya di Pulau Jawa, tak menyurutkan mereka untuk melestarikan tradisi ziarah.
Bahkan bagi kami, orang Indramayu dan Cirebon setiap kali hendak pergi keluar kota, selalu menyempatkan diri untuk berziarah ke makam Sunan Gunung Jati. Terutama ketika hendak mengantarkan anak mondok, atau merantau ke tempat jauh.
Kami datang sekadar untuk berpamitan dan mohon doa keselamatan. Karena konon, para Ki Gede atau pendiri desa, babat alas atau kampung di sebagian besar wilayah Indramayu, makamnya berada di area Pemakaman Sunan Gunung Jati. Sebut saja Ki Gede Babadan, Ki Gede Segeran, Ki Gede Kertasemaya dan lain-lain.
Menyoal Makam Palsu
Melansir dari Tirto.id, pembongkaran beberapa makam palsu di Ngawi dan Mojokerto jelas telah menyita perhatian masyarakat luas. Makam-makam tersebut diduga dibuat berdasarkan mimpi atau firasat pembuatnya tanpa bukti yang kuat, dan banyak anggapan dimanfaatkan untuk keuntungan pribadi.
Pembongkaran makam-makam palsu ini warga lakukan bersama Pejuang Walisongo Indonesia Laskar Sabilillah (PWI LS) dan pemerintah desa untuk meluruskan sejarah dan menjaga keaslian makam-makam yang sebenarnya.
Bagi sebagian orang, keberadaan makam palsu mungkin terdengar aneh. Namun, fenomena ini ternyata cukup sering kita temukan di berbagai tempat di Indonesia, khususnya pulau Jawa. Secara sederhana, pembuatan makam palsu sengaja menyerupai makam asli. Lengkap dengan nisan dan elemen khas lainnya. Tetapi tidak menyimpan jenazah di dalamnya alias makam kosong.
Tidak jarang makam palsu mereka buat dengan tujuan untuk menarik perhatian wisatawan atau peziarah. Beberapa tempat bahkan menjadikan makam palsu sebagai bagian dari daya tarik wisata religi yang dikeramatkan. Biasanya, lokasi-lokasi seperti ini akan mereka lengkapi dengan cerita-cerita mistis atau legenda yang menambah daya tarik.
Beberapa orang juga membuat makam palsu untuk memberikan penghormatan atau legitimasi kepada leluhur atau tokoh tertentu yang mereka anggap penting dalam sejarah atau budaya. Namun, di sisi lain, ada juga yang mengkritik keberadaan makam palsu karena anggapannya menyesatkan atau bahkan komersial.
Komersialisasi dan Alat Propaganda
Pada Agustus 2024 lalu, warga bersama para ulama dan budayawan di wilayah Citepus, Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, membongkar 41 makam keramat palsu yang diduga sengaja mereka bangun untuk mencari keuntungan.
Polres Sukabumi mengamankan seorang laki-laki berinisial J sebagai otak di balik keberadaan 41 makam palsu tersebut. Polisi mengamankan J untuk menjaga dari amukan massa yang kesal karena tujuan awalnya hanya menyewa lahan.
Bukan hanya di dalam negeri, pembangunan makam palsu juga menjadi aset propaganda zionis Israel pada tahun 2022 lalu. Menurut Komite Yerusalem dan Masjid Al-Aqsa, Ahmad Abu Halibiyeh, otoritas Israel sengaja membangun kuburan palsu di sekitar Masjid Al-Aqsa untuk membangun keberadaan Yahudi yang bersejarah di kota tersebut.
Ahmad menambahkan bahwa sekitar 300 makam palsu telah terbangun di Jabal Al-Zaytoun dan 200 lainnya di Wadi Al Hilwa. Selain itu, terbangun ratusan makam palsu lainnya di berbagai wilayah di Yerusalem yang diduduki, terutama di Kota Tua.
Lain lagi pada era Mesir Kuno, makam palsu sengaja dibuat untuk mengelabui perampok makam yang kerap mencari harta karun di makam-makam Firaun.
Senada dengan penyampaian Rudiyant dalam Misteri Lembah Para Firaun yang Tanpa Pewaris, makam asli mereka mungkin berada di daerah yang kurang terprediksi, terpencil, atau di bawah permukaan tanah yang sulit perampok temukan.
Antara Nilai Spiritualitas, Cerita dan Mitos
Makam, selain sebagai tempat peristirahatan, sering kali kita anggap juga sebagai tempat keramat dan bersifat spiritual. Banyak orang yang datang berziarah, berdoa, atau sekadar mengingat jasa-jasa tokoh yang terbaring di dalamnya.
Dalam pandangan masyarakat, makam wali atau ulama biasanya memiliki daya tarik tersendiri, baik dari segi spiritual maupun sejarah. Ketika seseorang berasal dari leluhur dan memiliki latar belakang keagamaan yang kuat, makam seperti ini bisa jadi sumber inspirasi dan motivasi untuk terus berbuat amal kebaikan.
Tetapi makam palsu hanya menciptakan cerita dan mitos yang tidak berdasar. Lantas kemudian masyarakat mempercayainya. Dampak dari kepercayaan itu, mengubah pemahaman historis tentang tokoh atau peristiwa tertentu sehingga narasi sejarah yang berkembang bisa jadi tidak akurat.
Dalam beberapa kasus, makam palsu sering kali mereka buat dengan tujuan ekonomi. Di zaman yang serba materialistis, bahkan hal-hal yang bersifat spiritual pun kerap menjadi komoditas perdagangan.
Beberapa kelompok dan komunitas mungkin sengaja mengklaim bahwa seorang tokoh terkenal dimakamkan di daerah mereka. Tujuannya untuk meningkatkan citra daerah tersebut. Mereka yang merasa terhubung dengan tokoh tersebut, lalu melakukan perjalanan jauh hanya untuk berziarah di makam “keramat.” Padahal yang mereka kunjungi ternyata hanya sebuah replika.
Ada juga kasus makam palsu yang muncul karena kesalahan identifikasi. Misalnya, ada dua orang dengan nama yang sama. Lalu masyarakat salah mengira bahwa makam milik orang biasa adalah milik tokoh terkenal.
Akhirnya karena pembiaran, kedua makam tersebut tetap ramai menjadi tujuan ziarah, meski bukti penelitian mengatakan bahwa salah satu makam hanya sebuah petilasan atau jejaknya saja.
Ziarah dan Pengingat Kematian
Terlepas dari kontroversi makam palsu, tradisi ziarah tetap marak hingga kini. Bahkan bagi sebagian orang, termasuk aku pun begitu, berziarah ke makam leluhur menempati ruang spiritualitas tersendiri. Mengutip dari nu.or.id, inilah dalil ziarah kubur menurut Syaikh Nawawi al-Bantani dalam Nihayatuz Zain.
Adapun keterangannya berbunyi: “Disunnahkan berziarah kubur. Barang siapa berziarah ke makam kedua orang tuanya atau salah satunya di hari Jumat, maka Allah SWT. mengampuni dosa-dosanya. Dan dia dicatat sebagai anak yang berbakti dan taat kepada orang tuanya.”
Syaikh Nawawi al-Bantani juga menambahkan apabila, “Barangsiapa berziarah kubur ke pemakaman kedua orang tuanya setiap Jumat, maka pahalanya seperti ibadah haji.”
Dalam kitab lain, yakni Al-Maudhu’at berdasarkan hadits Ibnu Umar R.A. menyebutkan bahwa, “Rasulullah bersabda: Barang siapa berziarah ke kuburan bapak atau ibu, paman atau bibi, maupun makam salah satu keluarganya, maka pahalanya sebanyak haji mabrur. Dan barang siapa beristiqomah untuk berziarah kubur sampai ajal menjemput, maka para malaikat akan mengunjungi kuburannya.”
Doa Berziarah
Saat berziarah, doa ziarah kubur adalah salah satu hal yang penting untuk kita amalkan. Sebab, doa ini adalah tujuan utama dari kita melakukan ziarah kubur, yaitu mendoakan orang yang telah meninggal dunia. Selain itu doa ini juga memiliki keutamaan bagi pembacanya, yakni mengingatkan tentang kematian.
Dalam Shahih Muslim menjelaskan bahwa Nabi Muhammad pernah melakukan ziarah kubur. Setelah itu Rasulullah saw mengucapkan doa ziarah kubur:
السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ
“Assalamuallaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besok, dan kami Insya Allah akan menyusul kalian.” (H.R Muslim).
Selain itu, berdasarkan riwayat dari Buraidah bin Al Hasib Radhiyallahu Anha, apabila Rasulullah mendatangi pemakaman, beliau akan membaca:
السَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اللهُ بِكُمْ لَلَاحِقُونَ أَسْأَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ
Artinya: “Semoga keselamatan tercurah kepada kalian, wahai penghuni kubur, dari (golongan) orang-orang beriman dan orang-orang Islam. Kami Insya Allah akan menyusul kalian, saya meminta keselamatan untuk kami dan kalian.” (H.R An-Nasa’i). []