Mubadalah.id – Bulan puasa bagi mayoritas rakyat Indonesia yang beragama Islam selalu terasa istimewa. Bagaimana tidak, tiap daerah di negara kita tercinta biasa menyambut bulan suci ini dengan beragam tradisi yang penuh suka cita. Indonesia yang kaya akan budaya memiliki banyak cara dalam menyambut bulan penuh berkah. Bahkan di berbagai daerah di Indonesia, perayaannya tersaji karena ada akulturasi budaya lokal lama dengan nilai-nilai Islam, contohnya saja tradisi ziarah kubur, yang di beberapa daerah dikenal dengan nyekar.
Awal Mula Tradisi Ziarah Kubur
Secara etimologis kata ziarah berasal dari bahasa Arab, kata ziarah ini merupakan isim masdar dari kata zara, yazuru, ziyarah, yang berarti berkunjung. Sedangkan kata makam juga berasal dari bahasa Arab yang berarti kubur. Dari pengertian ini, maka ziarah kubur secara sederhana dapat berarti berkunjung ke makam.
Menurut Quraish Shihab kata ziarah dalam al-Quran selalu disandarkan atau beriringan dengan kata kubur yang mengindikasikan adanya keterkaitan yang erat antara ziarah dan sebuah makam atau kuburan. Kunjungan seseorang ke makam-makam tertentu bukanlah kunjungan biasa. Tapi kunjungan yang mempunyai maksud, makna dan tujuan tertentu. Dilengkapi dengan bacaan-bacaan tertentu sesuai dengan keinginan dan tradisi dimana ziarah kubur tersebut dilakukan.
Dosen Ilmu sejarah Universitas Airlangga (Unair) Purnawan Basundoro mengatakan bahwa tradisi ziarah kubur merupakan tradisi yang sudah berumur sangat tua. Tradisi tersebut dilakukan dengan mengadopsi keyakinan dalam rangka memberikan penghormatan terhadap leluhur atau nenek moyang.
Ketika Islam datang, alih-alih meniadakan kebiasaan ziarah kubur tersebut, para pendakwah Islam zaman dulu kemudian menyesuaikan kebiasaan setempat dengan menyisipkan nilai-nilai Islam di dalamnya. Sehingga, penerimaan masyarakat setempat terhadap Islam justru amat terbuka. Mereka melihat Islam adalah ajaran universal, bukan agama yang asing/anti akan budaya lokal.
Meski begitu ziarah kubur termasuk ibadah yang pada awalnya diharamkan saat perkembangan Islam. Namun kemudian dianjurkan dalam agama. Pengharaman ziarah kubur sendiri disebabkan para sahabat yang baru memeluk Islam, melakukan ziarah dengan niatan untuk meminta kekayaan kepada leluhur, bukan untuk mendoakan mereka.
Padahal perbuatan itu termasuk perbuatan syirik yang dosanya tidak akan diampuni bila terbawa mati dan belum bertaubat. Termasuk kebiasaan mereka mengkeramatkan kuburan serta melakukan berbagai ritual lainnya yang hukumnya haram. Namun ketika para sahabat lebih kuat keimanannya, lebih dewasa cara berpikirnya serta sudah berpegang teguh pada Allah, ziarah kubur semakin dianjurkan karena kebiasaan ini membawa umat pada hikmah mengingat kematian.
Hal tersebut sesuai Firman Allah dalam Al Quran, yakni QS Al-Mu’min: 67, yakni
هُوَ ٱلَّذِى خَلَقَكُم مِّن تُرَابٍ ثُمَّ مِن نُّطْفَةٍ ثُمَّ مِنْ عَلَقَةٍ ثُمَّ يُخْرِجُكُمْ طِفْلًا ثُمَّ لِتَبْلُغُوٓا۟ أَشُدَّكُمْ ثُمَّ لِتَكُونُوا۟ شُيُوخًا ۚ وَمِنكُم مَّن يُتَوَفَّىٰ مِن قَبْلُ ۖ وَلِتَبْلُغُوٓا۟ أَجَلًا مُّسَمًّى وَلَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ
Artinya: Dialah yang menciptakan kamu dari tanah kemudian dari setetes mani, sesudah itu dari segumpal darah, kemudian dilahirkannya kamu sebagai seorang anak, kemudian (kamu dibiarkan hidup) supaya kamu sampai kepada masa (dewasa), kemudian (dibiarkan kamu hidup lagi) sampai tua, di antara kamu ada yang diwafatkan sebelum itu. (Kami perbuat demikian) supaya kamu sampai kepada ajal yang ditentukan dan supaya kamu memahami(nya).
Berbagai Hikmah Tradisi Ziarah Kubur
Rasulullah juga mengimbau umatnya untuk ziarah kubur untuk terus mengingat kehidupan akhirat. Dengan kata lain, ketika orang mengunjungi makam orang yang sudah tiada, mereka yang masih hidup tergerak untuk terus berbuat kebaikan agar ke depannya ketika ia meninggal dunia, ia akan membawa bekal yang cukup. Sehingga, bisa ditarik kesimpulan bahwa ada dakwah dan nilai edukasi yang terselip di balik sebuah prosesi pemakaman.
Tak hanya itu, tradisi ini diharapkan bisa membuat peziarah menitikkan air mata agar hati menjadi semakin lembut. Dengan berziarah kubur diharapkan membuat keluarga yang ditinggalkan juga bersikap qonaah atau merasa cukup, serta lebih bersyukur.
Jika dikaitkan dengan relasi antar manusia, berziarah kubur diharapkan bisa mengenang jasa-jasa orang yang sudah dimakamkan. Terlebih bila sosok yang meninggal telah memberikan teladan baik ketika ia di dunia, tentu kita yang masih hidup harus mengikuti jejak baiknya agar dapat meneruskan amal-amal yang ia wariskan.
Melihat akar dari tradisi ziarah kubur, sangat jelas terlihat bahwa Islam adalah agama yang terbuka dengan budaya adat istiadat setempat, dan mengakomodasinya dengan prinsip-prinsip Islam. Sehingga, akan salah kaprah jika kita memukul rata bahwa semua budaya lokal adalah haram dan tak perlu dilestarikan. Padahal, sejak kedatangan Islam, para pendakwah kita dulu justru mencontohkan untuk mengakulturasinya, alih-alih melarangnya sekaligus. []