• Login
  • Register
Kamis, 3 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hikmah

Tuduhan Kafir Terhadap Imam Al Ghazali

Al-Ghazali dituduh biang kerok kemunduran Islam dan mematikan dinamika kreatifitas dan intelektualisme Islam. Kaum tekstualis ortodok menuduh al-Ghazali telah keluar dari Islam, dia sesat dan kafir

KH. Husein Muhammad KH. Husein Muhammad
29/10/2022
in Hikmah
0
Tuduhan Kafir Terhadap Imam Al Ghazali

Tuduhan Kafir Terhadap Imam Al Ghazali

270
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Imam Abu Hamid al-Ghazali w.1111 M). Siapa yang tak kenal nama ini. Ia adalah filsuf, ahli hukum Islam sekaligus sufi besar.  Pikiran-pikirannya terus dikutip dan dijadikan sumber kebijakan kaum muslmin di seluruh dunia sampai hari ini. Karya-karyanya dibaca selama berabad-abad, hingga sekarang. Artikel ini akan tuduhan Kafir terhadap Imam Al Ghazali.

Ia telah menulis ratusan buku. Paling tidak ada beberapa yang sering disebut orang. Ihya Ulum al Din, Tahafut al Falasifah, Al Mustashfa, Faishal al Tafriqah, Al Munqidz min al Dhalall. Dua karyanya yang paling kontroversial : Tahafut al-Falasifah (kerancuan kaum filsuf) dan Ihya Ulumiddin (Menghidupkan ilmu-ilmu agama).

Dari dua buku ini Al-Ghazali dituduh biang kerok kemunduran Islam dan mematikan dinamika kreatifitas dan intelektualisme Islam. Kaum tekstualis ortodok menuduh al-Ghazali telah keluar dari Islam, dia sesat dan kafir.

Al-Ghazali dalam Faishal al Tafriqah menginformasikan pengalaman tentang hal ini :

فإني رأيتك أيها الأخ المشفق؛ والصديق المتعصب؛ موغر الصدر؛ منقسم القلب؛ لِمَا قرع سمعك من طعن طائفة من الحسدة؛ على بعض كتبنا المصنفة في أسرار معاملات الدين وزعمهم أن فيها ما يخالف مذهب الأصحاب المتقدمين؛ والمشايخ المتكلمين، وأن العدول عن مذهب الأشعري ولو قيد شبر كفر؛ ومباينته ولو في شيء نزر ضلال

Baca Juga:

Kesalehan Perempuan di Mata Filsuf Pythagoras

Menyulam Spiritualitas dan Rasionalitas: Belajar Menyebut Nama Tuhan dari Perempuan Abad 16

Kisah Rumi, Aktivis, dan Suara Keledai

Tasawuf Perspektif Buya Syakur Yasin

Sahabat, aku melihatmu sedang gelisah, sakit hati, dan kacau. Hal ini akibat engkau mendengar caci-maki dan stigma orang terhadap pikiran-pikiranku yang aku tulis dalam sejumlah buku. Mereka menyatakan bahwa pikiran dan pendapat-pendapatku bertentangan dengan pandangan al-Salaf al-Shalih dan para guru ilmu Tauhid. Berpaling dari pendapat al-Asy’ari, meski hanya dalam satu isu, adalah kekafiran. Menentangnya, meski hanya satu dua masalah saja, adalah kesesatan.

Sahabat yang sedang bersedih hati. Janganlah engkau berduka dan bersedih hati. Bersabarlah atas ucapan-ucapan stigmatik mereka yang menyakitkan itu. Tinggalkan mereka dengan baik-baik. Anggap saja ucapan-ucapan mereka yang mendengki dan menuduh itu bagai angin lalu. Tak usah juga pedulikan mereka yang tak mengerti apa yang sesungguhnya makna ‘kafir’ dan ‘sesat’ itu?.

Manusia paling baik dan paling terhormat di muka bumi, Nabi Muhammad saw, utusan Tuhan, tak luput dari caci maki dan tuduhan semacam itu oleh teman-temannya, kaumnya sendiri yang tak paham. Nabi disebutnya sebagai “orang gila” (majnun).

Ucapan-ucapan orang paling mulia itu dianggap mereka sebagai “dongeng” dan “mitos” belaka (Asathir al-Awwalin).  Tak usah engkau menyibukkan diri melayani dan membungkam mulut mereka yang tak paham itu. Tak ada gunanya. Teriakan apapun terhadap mereka tak akan menggoyahkan pendirian mereka. Bukankah anda pernah mendengan puisi ini :

كل العداوات قد ترجى سلامتها      إلا عداوة من عاداك من حسد

“Semua permusuhan masih bisa diselesaikan, kecuali permusuhan orang yang dengki (iri hati) kepadamu.” []

Demikian penjelasan tuduhan kafir terhadap Imam Al Ghazali. Semoga bermanfaat. (Baca juga: Ketika Nabi Muhammad Memuji Orang Kafir)

 

Tags: filsafatFilsufimam al-ghazaliSufitasawuf
KH. Husein Muhammad

KH. Husein Muhammad

KH Husein Muhammad adalah kyai yang aktif memperjuangkan keadilan gender dalam perspektif Islam dan salah satu pengasuh PP Dar al Tauhid Arjawinangun Cirebon.

Terkait Posts

Laki-laki dan Perempuan dalam fikih

Hak dan Kewajiban Laki-laki dan Perempuan dalam Fikih: Siapa yang Diuntungkan?

3 Juli 2025
Perceraian untuk

Mengapa Perceraian Begitu Mudah untuk Suami?

2 Juli 2025
Perceraian dalam

Perceraian dalam Fikih: Sah untuk Laki-Laki, Berat untuk Perempuan

1 Juli 2025
Fikih Perempuan

Fikih yang Kerap Merugikan Perempuan

1 Juli 2025
amar ma’ruf

Meninjau Ulang Amar Ma’ruf, Nahi Munkar: Agar Tidak Jadi Alat Kekerasan

1 Juli 2025
Fikih

Mewujudkan Fikih yang Memanusiakan

1 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Konten Kesedihan

    Fokus Potensi, Difabel Bukan Objek Konten Kesedihan!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ketika Istilah Marital Rape Masih Dianggap Tabu

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Meninjau Ulang Cara Pandang terhadap Orang yang Berbeda Keyakinan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengapa Perceraian Begitu Mudah untuk Suami?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Bisnis Mentoring Poligami: Menjual Narasi Patriarkis atas Nama Agama

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Komitmen Disabilitas untuk Isu Iklim
  • Merencanakan Anak, Merawat Kemanusiaan: KB sebagai Tanggung Jawab Bersama
  • Kisah Jun-hee dalam Serial Squid Game dan Realitas Perempuan dalam Relasi yang Tidak Setara
  • Bisnis Mentoring Poligami: Menjual Narasi Patriarkis atas Nama Agama
  • Laki-laki Juga Bisa Jadi Penjaga Ruang Aman di Dunia Digital

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID