Mubadalah.id – Ummu Mahjan adalah satu sahabiyat yang memiliki peran besar di masjid Nabi saw. Perempuan bernama asli Kharqa’ tersebut terkenal dengan dedikasi dan pengorbanannya yang luar biasa demi kebersihan dan kenyamanan bagi jamaah masjid Nabawi di Madinah, meski usianya telah tua renta.
Bahkan, sebagaimana tersebut dalam Sahih Bukhari, Muslim, dan Ibnu Majah bahwa meskipun pekejaan membersihkan masjid terlihat sepele, namun Nabi sangat menghormati beliau. Ummu Mahjan mengabdikan diri dia sebagai marbot masjid hingga menjelang ajalnya.
Hadis Tentang Ummu Mahjan
Dalam riwayat, ketika Ummu Mahjan wafat, para sahabat mendatangi kediaman Nabi Muhammad setelah salat Isya, namun ternyata beliau saw. sudah tidur. Akhirnya, mereka tidak memberitahukan Rasulullah karena khawatir mengganggu istirahat beliau.
Para sahabat akhirnya langsung menguburkan Ummu Mahjan di daerah Baqi’ al-Gharqad. Setelah beberapa hari berlalu, Nabi saw. menyadari bahwa Ummu Mahjan tak lagi terlihat di masjid Nabawi. Beliau pun menanyakan keberadaan perempuan tersebut. Para sahabat lalu mengabarkan bahwa Ummu Mahjan telah wafat beberapa hari lalu.
Mendengar kabar tersebut, wajah Nabi pun langsung terlihat marah. Nabi kemudian meminta kepada para sahabat untuk menunjukkan tempat di mana Ummu Mahjan terkuburkan, dan para sahabat mengantar beliau menuju makamnya. Setelah sampai, Nabi saw. lalu berdiri di dekat makamnya dan melaksanakan salat gaib.
Nabi Muhamamd yang rela datang ke kuburan Ummu Mahjan dengan berjalan kaki demi menyalati dan mendoakannya. Hal tersebut menunjukkan penghormatan beliau saw. kepada perempuan yang mempunyai peran besar untuk masjid Nabawi. Sebab sejarah menyebutkan bahwa tak sembarang orang dapat disalati oleh Nabi saw.
Keterlibatan Perempuan di Masjid
Dari kisah Ummu Mahjan ini, dapat kita ambil pelajaran bahwa perempuan di masa Nabi saw. tidak terlarang untuk mengambil perannya dengan berkhidmah di ruang publik, terutama di masjid. Selain itu, juga sangat jelas menunjukkan bahwa Rasulullah Saw sangat menghormati dan memuliakan seorang perempuan.
Masjid sebagai ruang publik dan sarana ibadah, memberikan ruang dan posisi yang sama kepada lelaki juga perempuan. Sebab Islam adalah agama yang tidak khusus untuk kaum laki-laki saja. Namun, dalam realitanya menunjukkan bahwa kaum perempuan dinomorduakan di masjid. Termasuk, sering kali perempuan tidak mendapatkan hak untuk aktivitas ataupun ibadah di dalam masjid.
Representasi perempuan di masjid terabaikan. Menguatkan fakta bahwa ada subordinasi terhadap perempuam atas dominasi budaya sangat patriarkis. Sebab masjid terkonstruksi sangat patriarkis dan jauh dari fasilitas yang memberikan kemudahan-kemudahan pada perempuan.
Terlebih lagi, perempuan selalu dihantui oleh pertanyaan-pertanyaan ‘apakah perempuan boleh salat di masjid?’ Dalil yang sering tampil ke permukaan adalah hadis tentang ‘salat seorang perempuan lebih afdhal di rumah daripada di masjid.’
Padahal tidak sedikit hadis-hadis shahih yang menyatakan tentang bolehnya kaum perempuan salat dan beribadah di masjid. Bahkan Abu Syuqqah dalam kitabnya, Tahrir al-Marah fi ‘Ashr al-Risalah meriwayatkan puluhan teks hadis sahih yang berkaitan dengan aktivitas perempuan di masjid.
Di zaman Nabi, masjid merupakan ruang publik utama yang sering tertuju dan didatangi para perempuan untuk ibadah, pengajian, maupun mengadakan kegiatan sosial. Wallah a’lam.[]