• Login
  • Register
Senin, 12 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Waisak: Merayakan Noble Silence untuk Perenungan Dharma bagi Umat Buddha

Selamat Hari Raya Trisuci Waisak bagi seluruh umat Buddha. Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta. Semoga semua makhluk hidup berbahagia.

Layyin Lala Layyin Lala
12/05/2025
in Personal, Rekomendasi
0
Umat Buddha

Umat Buddha

779
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Selamat Hari Raya Trisuci Waisak bagi seluruh umat Buddha. Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta. Semoga semua makhluk hidup berbahagia. Hari Raya Trisuci Waisak merupakan perayaan suci bagi umat Buddha. Waisak memperingati tiga peristiwa agung dalam kehidupan Sang Guru Mulia, Siddhartha Buddha Gautama.

Tiga peristiwa agung itu ialah kelahiran sebagai Pangeran Siddhartha. Kedua, pencapaian pencerahan sempurna menjadi Buddha. Dan ketiga, wafatnya beliau dalam kondisi tanpa kelahiran dan kematian (Parinibbāna). Ketiga peristiwa tersebut terjadi pada hari dan bulan yang sama dalam penanggalan lunar. Oleh karenanya, Waisak diperingati dengan penuh makna oleh umat Buddha seluruh dunia.

Waisak: Bentuk Perayaan Noble Silence

Hari raya Trisuci Waisak bukan sekadar ritual spritualitas yang didakan secara tahunan. Melainkan momen mendalam bagi umat Buddha untuk merenungi hakikat hidup dan ajaran Dharma yang diwariskan oleh Sang Buddha.

Umat Buddha memperingati Waisak dengan berbagai bentuk praktik spiritual seperti meditasi, puja bakti, dan perenungan sunyi atau terkenal sebagai Noble Silence. Dalam keheningan tersebut, umat Buddha diajak masuk ke dalam dirinya sendiri, mendengarkan suara batin, dan menyatu dengan ajaran Buddha secara lebih utuh.

Dalam tulisan saya sebelumnya, Noble Silence: Seni Menghormati Waktu Hening untuk Refleksi Keimanan. Saya menuliskan bahwa Noble silence atau yang lebih akrab sebagai keheningan mulia merupakan konsep dari agama Buddha mengenai praktik keheningan secara sadar. Praktik keheningan tersebut bukanlah sebuah praktik hening oleh fisik saja. Namun juga hening pikiran dan ucapan.

Baca Juga:

Hari Raya Waisak: Mengenal 7 Tradisi dan Nilai-Nilai Kebaikan Umat Buddha

Islam Hadir untuk Gagasan Kemanusiaan

Islam Memuliakan Perempuan Belajar dari Pemikiran Neng Dara Affiah

Aurat dalam Islam

Noble Silence merupakan bentuk menahan diri dari perkataan atau perbuatan yang sia-sia untuk menciptakan kedamaian dalam hati. Noble silence mengajak Umat Buddha untuk mendengar lebih dalam, meningkatkan kesadaran akan saat ini, dan memahami lebih tajam terhadap diri sendiri maupun dunia di sekitar.

Dengan kata lain, melalui noble silence, seseorang dapat belajar melepaskan nafsu, amarah, dan kebodohan batin, serta mengasah sati (kesadaran) dan samādhi (konsentrasi) untuk mencapai pencerahan dalam kehidupan sehari-hari. 

Noble Silence dan Sidharta Buddha Gautama

Pangeran Siddhartha Gautama, sebelum menjadi Buddha, telah menunjukkan jalan sunyi melalui praktik meditasi. Beliau meninggalkan kemewahan istana, bertapa di hutan, dan akhirnya mencapai pencerahan sempurna di bawah pohon Bodhi.

Setelah menjadi Buddha, Beliau tidak menyimpan pencerahan itu untuk diri sendiri, melainkan membabarkan Dharma pertama kali melalui khotbah Dhammacakkappavattana Sutta, yang berisi ajaran tentang Empat Kebenaran Mulia dan Jalan Tengah Beruas Delapan (Ariya Aṭṭhaṅgika Magga).

Delapan Jalan Mulia tersebut adalah: Pandangan Benar, Pikiran Benar, Ucapan Benar, Perbuatan Benar, Penghidupan Benar, Usaha Benar, Perhatian Benar, dan Konsentrasi Benar. Semua aspek tersebut menuntun umat Buddha untuk hidup dengan penuh kesadaran, welas asih, dan bebas dari penderitaan.

Noble Silence menjadi jembatan antara praktik spiritual dan kehidupan. Melalui noble silence, umat Buddha belajar menumbuhkan metta (cinta kasih), karuna (kasih sayang), dan upekkha (keseimbangan batin) dalam menghadapi segala situasi. Hening menjadi ruang refleksi terhadap spiritual keimanan yang Sang Buddha ajarkan.

Refleksi Hari Raya Trisuci Waisak

Sebagai seorang Muslim, saya turut merasakan bagaimana noble silence mempengaruhi kehidupan saya. Meskipun berasal dari ajaran Buddha, nilai-nilai spiritual yang terkandung dalam noble silence bersifat universal.

Hampir setiap hari, saya menyisihkan waktu kurang lebih 30 menit untuk bermeditasi. Dalam meditasi yang saya lakukan, saya berusaha belajar untuk fokus dan hadir pada kehidupan saat ini. Tidak mengkhawatirkan masa depan dengan pemikiran yang buruk (overthinking) atau berlarut-larut dalam penyesalan masa lalu. 

Saya menemukan bahwa dengan duduk diam dalam kesadaran penuh, saya lebih mampu menahan amarah, mengendalikan keinginan, serta memperhatikan kualitas ucapan dan tindakan saya. Baru-baru ini saya sadari bahwa kesalahan manusia sebetulnya bermula dari pikiran yang sibuk, lisan yang tergesa, dan hati yang tertutup oleh ego.

Saya menikmati meditasi sebagai bentuk untuk merefleksikan iman Islam saya. Bagi saya, ajaran Islam memiliki banyak kemiripan dengan ajaran Buddha. Misalnya dalam kegiatan penyucian jiwa atau dalam Islam terkenal dengan sebutan tazkiyatun nafs.

Dalam Islam, konsep tazkiyatun nafs (penyucian jiwa) menekankan pentingnya membersihkan hati dari penyakit-penyakit batin seperti iri, dengki, sombong, dan marah. Konsep tersebut sejalan dengan ajaran Buddha tentang pembebasan diri dari penderitaan melalui pengendalian pikiran, emosi, dan nafsu keinginan.

Begitu pula, praktik dzikrullah (mengingat Allah) dalam Islam yang dilakukan dalam kesunyian, penuh kekhusyukan, sangat mirip dengan praktik meditasi kesadaran dalam Buddhisme. Keduanya mengajarkan bahwa keheningan merupakan ruang batin yang penuh makna. 

Sebagaimana Sang Buddha mengajarkan cinta kasih kepada semua makhluk, demikian pula Islam mengajarkan rahmat bagi semesta alam. Dan dalam kesunyian hati yang penuh penerimaan, saya menemukan kedamaian yang tak dapat saya ungkapkan oleh kata-kata.

Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta. Semoga semua makhluk hidup berbahagia. []

 

Tags: BuddhaislamNoble SilenceTazkiyatunnafsUmat BuddhaWaisak
Layyin Lala

Layyin Lala

Khadimah Eco-Peace Indonesia and Currently Student of Brawijaya University.

Terkait Posts

Pekerja Rumah Tangga

Ibu, Aku, dan Putriku: Generasi Pekerja Rumah Tangga

11 Mei 2025
Membaca Kartini

Merebut Tafsir: Membaca Kartini dalam Konteks Politik Etis

10 Mei 2025
Neng Dara Affiah

Islam Memuliakan Perempuan Belajar dari Pemikiran Neng Dara Affiah

10 Mei 2025
Kisah Luna Maya

Kisah Luna Maya, Merayakan Perempuan yang Dicintai dan Mencintai

9 Mei 2025
Waktu Berlalu Cepat

Mengapa Waktu Berlalu Cepat dan Bagaimana Mengendalikannya?

9 Mei 2025
Vasektomi untuk Bansos

Vasektomi untuk Bansos: Syariat, HAM, Gender hingga Relasi Kuasa

9 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Paus Leo XIV

    Mengenal Paus Leo XIV: Harapan Baru Penerus Paus Fransiskus

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Waisak: Merayakan Noble Silence untuk Perenungan Dharma bagi Umat Buddha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Hari Raya Waisak: Mengenal 7 Tradisi dan Nilai-Nilai Kebaikan Umat Buddha

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Kontekstualisasi Ajaran Islam terhadap Hari Raya Waisak

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Mengirim Anak ke Barak Militer, Efektifkah?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Hari Raya Waisak: Mengenal 7 Tradisi dan Nilai-Nilai Kebaikan Umat Buddha
  • Mengenal Paus Leo XIV: Harapan Baru Penerus Paus Fransiskus
  • Waisak: Merayakan Noble Silence untuk Perenungan Dharma bagi Umat Buddha
  • Islam Hadir untuk Gagasan Kemanusiaan
  • Apakah Barak Militer Bisa Menjadi Ruang Aman bagi Siswi Perempuan?

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version