Mubadalah.id – Selamat Hari Raya Trisuci Waisak bagi seluruh umat Buddha. Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta. Semoga semua makhluk hidup berbahagia. Hari Raya Trisuci Waisak merupakan perayaan suci bagi umat Buddha. Waisak memperingati tiga peristiwa agung dalam kehidupan Sang Guru Mulia, Siddhartha Buddha Gautama.
Tiga peristiwa agung itu ialah kelahiran sebagai Pangeran Siddhartha. Kedua, pencapaian pencerahan sempurna menjadi Buddha. Dan ketiga, wafatnya beliau dalam kondisi tanpa kelahiran dan kematian (Parinibbāna). Ketiga peristiwa tersebut terjadi pada hari dan bulan yang sama dalam penanggalan lunar. Oleh karenanya, Waisak diperingati dengan penuh makna oleh umat Buddha seluruh dunia.
Waisak: Bentuk Perayaan Noble Silence
Hari raya Trisuci Waisak bukan sekadar ritual spritualitas yang didakan secara tahunan. Melainkan momen mendalam bagi umat Buddha untuk merenungi hakikat hidup dan ajaran Dharma yang diwariskan oleh Sang Buddha.
Umat Buddha memperingati Waisak dengan berbagai bentuk praktik spiritual seperti meditasi, puja bakti, dan perenungan sunyi atau terkenal sebagai Noble Silence. Dalam keheningan tersebut, umat Buddha diajak masuk ke dalam dirinya sendiri, mendengarkan suara batin, dan menyatu dengan ajaran Buddha secara lebih utuh.
Dalam tulisan saya sebelumnya, Noble Silence: Seni Menghormati Waktu Hening untuk Refleksi Keimanan. Saya menuliskan bahwa Noble silence atau yang lebih akrab sebagai keheningan mulia merupakan konsep dari agama Buddha mengenai praktik keheningan secara sadar. Praktik keheningan tersebut bukanlah sebuah praktik hening oleh fisik saja. Namun juga hening pikiran dan ucapan.
Noble Silence merupakan bentuk menahan diri dari perkataan atau perbuatan yang sia-sia untuk menciptakan kedamaian dalam hati. Noble silence mengajak Umat Buddha untuk mendengar lebih dalam, meningkatkan kesadaran akan saat ini, dan memahami lebih tajam terhadap diri sendiri maupun dunia di sekitar.
Dengan kata lain, melalui noble silence, seseorang dapat belajar melepaskan nafsu, amarah, dan kebodohan batin, serta mengasah sati (kesadaran) dan samādhi (konsentrasi) untuk mencapai pencerahan dalam kehidupan sehari-hari.
Noble Silence dan Sidharta Buddha Gautama
Pangeran Siddhartha Gautama, sebelum menjadi Buddha, telah menunjukkan jalan sunyi melalui praktik meditasi. Beliau meninggalkan kemewahan istana, bertapa di hutan, dan akhirnya mencapai pencerahan sempurna di bawah pohon Bodhi.
Setelah menjadi Buddha, Beliau tidak menyimpan pencerahan itu untuk diri sendiri, melainkan membabarkan Dharma pertama kali melalui khotbah Dhammacakkappavattana Sutta, yang berisi ajaran tentang Empat Kebenaran Mulia dan Jalan Tengah Beruas Delapan (Ariya Aṭṭhaṅgika Magga).
Delapan Jalan Mulia tersebut adalah: Pandangan Benar, Pikiran Benar, Ucapan Benar, Perbuatan Benar, Penghidupan Benar, Usaha Benar, Perhatian Benar, dan Konsentrasi Benar. Semua aspek tersebut menuntun umat Buddha untuk hidup dengan penuh kesadaran, welas asih, dan bebas dari penderitaan.
Noble Silence menjadi jembatan antara praktik spiritual dan kehidupan. Melalui noble silence, umat Buddha belajar menumbuhkan metta (cinta kasih), karuna (kasih sayang), dan upekkha (keseimbangan batin) dalam menghadapi segala situasi. Hening menjadi ruang refleksi terhadap spiritual keimanan yang Sang Buddha ajarkan.
Refleksi Hari Raya Trisuci Waisak
Sebagai seorang Muslim, saya turut merasakan bagaimana noble silence mempengaruhi kehidupan saya. Meskipun berasal dari ajaran Buddha, nilai-nilai spiritual yang terkandung dalam noble silence bersifat universal.
Hampir setiap hari, saya menyisihkan waktu kurang lebih 30 menit untuk bermeditasi. Dalam meditasi yang saya lakukan, saya berusaha belajar untuk fokus dan hadir pada kehidupan saat ini. Tidak mengkhawatirkan masa depan dengan pemikiran yang buruk (overthinking) atau berlarut-larut dalam penyesalan masa lalu.
Saya menemukan bahwa dengan duduk diam dalam kesadaran penuh, saya lebih mampu menahan amarah, mengendalikan keinginan, serta memperhatikan kualitas ucapan dan tindakan saya. Baru-baru ini saya sadari bahwa kesalahan manusia sebetulnya bermula dari pikiran yang sibuk, lisan yang tergesa, dan hati yang tertutup oleh ego.
Saya menikmati meditasi sebagai bentuk untuk merefleksikan iman Islam saya. Bagi saya, ajaran Islam memiliki banyak kemiripan dengan ajaran Buddha. Misalnya dalam kegiatan penyucian jiwa atau dalam Islam terkenal dengan sebutan tazkiyatun nafs.
Dalam Islam, konsep tazkiyatun nafs (penyucian jiwa) menekankan pentingnya membersihkan hati dari penyakit-penyakit batin seperti iri, dengki, sombong, dan marah. Konsep tersebut sejalan dengan ajaran Buddha tentang pembebasan diri dari penderitaan melalui pengendalian pikiran, emosi, dan nafsu keinginan.
Begitu pula, praktik dzikrullah (mengingat Allah) dalam Islam yang dilakukan dalam kesunyian, penuh kekhusyukan, sangat mirip dengan praktik meditasi kesadaran dalam Buddhisme. Keduanya mengajarkan bahwa keheningan merupakan ruang batin yang penuh makna.
Sebagaimana Sang Buddha mengajarkan cinta kasih kepada semua makhluk, demikian pula Islam mengajarkan rahmat bagi semesta alam. Dan dalam kesunyian hati yang penuh penerimaan, saya menemukan kedamaian yang tak dapat saya ungkapkan oleh kata-kata.
Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta. Semoga semua makhluk hidup berbahagia. []