Mubadalah.id – Tidak hanya Muslim yang sedang puasa, non-Muslim pun ternyata menantikan aneka kuliner pada bulan Ramadan. Hal ini nampak dari fenomena yang viral di berbagai media sosial pada bulan Ramadan ini. Yaitu, war takjil nonis (non-Islam/non-Muslim). Fenomena di mana non-Muslim ikut berburu takjil pada sore hari di pasar-pasar Ramadan.
Konten-konten terkait fenomena ini viral di berbagai media sosial. Satu fenomena yang tidak sekadar kerjaan umat non-Muslim ingin berburu kuliner. Melainkan, aktivitas yang turut menggambarkan giat mereka untuk merekat kerukunan dengan umat Muslim pada bulan Ramadan ini.
Takjil dan Pasar Ramadan
Takjil dapat kita katakan menjadi pernak-pernik yang mewarnai aktivitas puasa umat Muslim pada bulan Ramadan. Umat Muslim punya kebutuhan menyediakan takjil untuk berbuka puasa. Budaya konsumtif ini turut memengaruhi perkembangan tradisi masyarakat.
Sebagaimana dalam ukuran Fungsionalisme Molinowski, atau pandangan tradisi Islam Charles Adams, pemenuhan kebutuhan memengaruhi perkembangan tradisi. Kebutuhan umat Muslim akan takjil pada proses budayanya memunculkan banyak pasar-pasar Ramadan. Pasar yang khusus menjual aneka takjil.
Semisal, di Jogja, salah satu yang terkenal dan sudah melegenda ada Pasar Tiban Kauman. Pasar Ramadan yang menyediakan aneka kuliner tradisional, seperti Kicak Kauman, Getuk Lindri, dan lainnya yang dapat kita jadikan menu takjil.
Tentu tidak hanya di Jogja, namun umumnya di berbagai daerah Nusantara banyak pasar Ramadan dengan kekhasannya masing-masing. Di Sulawesi Utara, pasar Ramadan umumnya berbentuk tenda-tenda di pinggiran jalan yang menyediakan aneka kukis basah (begitu masyarakat ini menyebut kue), seperti balapis, cantik manis, kueku, biapong, dan lainnya, serta aneka minuman dan makanan. Dan, ragam pasar Ramadan dengan aneka takjilnya di berbagai daerah lain.
Kemunculan pasar Ramadan dengan aneka kulinernya selalu ada di setiap tahun. Sebagaimana kebutuhan berburu takjil umat Muslim yang selalu muncul pada momen puasa Ramadan. Hal ini telah menjadi satu kekhasan dalam tradisi Islam Nusantara.
Kehadiran Nonis di Pasar Ramadan
Fenomena war takjil nonis pada momen Ramadan kali ini viral di berbagai media sosial. Di Instagram, Facebook, Tiktok, Youtube, dan lainnya, konten-konten non-Muslim yang ikut berburu takjil ramai berseliweran di beranda.
Beberapa yang sempat saya lihat, seperti konten seorang non-Muslim yang menggunakan kalung salip tengah memborong takjil di pasar Ramadan.
Ada juga para suster Katolik yang membeli takjil. Bahkan, sampai ada aksi seorang pendeta yang dalam khutbahnya mengarahkan jamaatnya untuk ikut war takjil. “…soal takjil kita duluan,” demikian kata si pendeta. Dan, berbagai konten lainnya yang memperlihatkan kehadiran nonis di pasar Ramadan untuk berburu takjil.
Dalam kasus ini, meski kemunculan budaya berburu takjil dan pasar Ramadan tidak lepas dari pemenuhan kebutuhan berbuka puasa umat Muslim, namun bukan berarti non-Muslim tidak boleh ikut berburu takjil. Sebab, ya, pada dasarnya takjil adalah takjil.
Aneka ragam kuliner yang siapa saja, baik Muslim maupun non-Muslim, punya potensi untuk ingin membelinya. Sehingga, semua kita dapat menjadi orang yang berburu takjil di pasar Ramadan. Syaratnya yang penting punya uang saja. Iya, kan?
Ya kalau pengen gratisan. Berburu takjilnya jangan di pasar Ramadan. Bisa ke masjid atau tempat lain yang menyediakan takjil gratis.
Tentu tidak ada larangan bagi non-Muslim untuk membeli takjil di pasar Ramadan. Meski beda motif, namun kita sama-sama punya kebutuhan akan takjil. Bagi Muslim, takjil tidak lepas dari pemenuhan kebutuhan berbuka puasa. Bagi non-Muslim, mungkin untuk kebutuhan kulineran. Dan lagi penjual takjil juga butuh pembeli. Sehingga, atas dasar pemenuhan kebutuhan masing-masing itu, adalah sah-sah saja untuk kita semua membeli takjil favorit di pasar Ramadan.
Berburu Kerukunan di Pasar Ramadan
Giat war takjil nonis sebenarnya bukan sekadar aktivitas non-Muslim berburu takjil. Namun, lebih dari itu adalah aktivitas non-Muslim yang sedang berburu (menjalin) toleransi bersama umat Muslim di pasar Ramadan.
Kehadiran non-Muslim di pasar Ramadan mengakibatkan terjadinya relasi mubadalah Muslim dan non-Muslim. Kesalingan ini sederhananya berlangsung pada aktivitas non-Muslim yang dengan gembiranya ingin membeli takjil yang ia sukai, dan penjual Muslim yang turut menyambut baik niat non-Muslim itu.
Dalam aktivitas yang mubadalah ini, sadar atau tidak, terjalin ikatan kerukunan antara orang yang berbeda agama. Antara si pembeli non-Muslim, dan penjual Muslim.
Berdasarkan ukuran relasi mubadalah Muslim dan non-Muslim itu, dapatlah kita katakan kalau war takjil nonis termasuk fenomena kerukunan antarumat beragama yang positif. Sepanjang pada kewajarannya tak perlu dipermasalahkan. Apalagi war takjil nonis menjadi satu aktivitas yang dapat merekat kerukunan antarumat Muslim dan non-Muslim dalam masyarakat Nusantara. []