Mubadalah.id – Lamine Yamal baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-18 tahun. Bintang muda Barcelona itu tengah bercucuran kebahagiaan.
Mewah. Ramai. Penuh kegembiraan. Begitulah mungkin suasana yang kini mengembang di hati Yamal. Di usianya yang bahkan belum berkepala dua, karpet merah kesuksesan telah membentang di hadapannya.
Segalanya bisa ia peroleh dengan mudah. Uang, pamor, serta prestisenya sebagai pemain klub besar merupakan nilai tukar yang laku di mana saja.
Yamal memulai karir sepakbolanya di akademi Barcelona sejak usianya masih belasan tahun. Pemain kelahiran 2007 itu mencetak debut pertamanya di level profesional pada April 2023 lalu.
Sepanjang permainannya bersama Barcelona, Yamal menunjukkan kualitas yang memukau segenap pecinta sepakbola. Publik menggadangnya sebagai “the next Messi”.
Apalagi, kini ia resmi mengenakan nomor punggung sepuluh. Nomor tersebut merupakan warisan keramat Messi yang sukses mengantarkan Barcelona meraih dua kali treble winners.
Blunder perayaan ulang tahun
Namun, meski Yamal layak bersukacita, agaknya publik juga mesti mengingatkannya akan arti sebuah penghargaan. Dalam perayaan ulang tahunnya, Yamal menghadirkan penyandang disabilitas sebagai salah seorang penghibur.
Sontak, tindakan tersebut segera menuai protes. Asosiasi Penyandang Akondroplasia dan Displasia Skeletal dengan Dwarfisme Spanyol (ADEE) melayangkan nota protes.
ADEE mengecam pemanfaatan penyandang dwarfisme dalam pesta Yamal sebagai tindakan perendahan martabat. Mereka juga menilai bila tindakan tersebut telah melanggar hak-hak disabilitas.
Tak tinggal diam, Kementerian Hak-hak Sosial Spanyol segera memerintahkan penyelidikan. Mereka meminta jaksa untuk menyelidiki dugaan pelanggaran hukum di dalam penyelenggaraan pesta tersebut.
Sikap permisif terhadap laku eksploitatif
Alih-alih menginsafi, pihak Yamal justru bersikukuh bila tak ada pelanggaran hukum. Ayah Yamal, Mounir Nasraoui, menyebut bila anaknya sekadar bersenang-senang belaka.
“Orang-orang mesti sadar bahwa ia (Yamal) baru berusia 18 tahun. Ia berhak untuk sedikit menikmati hidup,” tutur Nasraoui.
Bukannya fokus pada masalah yang menjadi sorotan, Nasraoui justru mengutarakan pernyataan permisif. Seakan, eksploitasi terhadap penyandang disabilitas adalah wajar selagi pihaknya mampu membayar atas nama kesenangan.
“Ia seorang atlet profesional, namun ia juga remaja seperti kebanyakan,” bela Nasraoui.
Marginalisasi penyandang disabilitas di dunia hiburan
Permitivitas terhadap “eksploitasi” penyandang disabilitas dalam dunia hiburan tentu tak lepas dari kultur entertainment yang umum berlaku.
Marginalisasi yang mendera para penyandang disabilitas juga akhirnya berdampak terhadap stereotip (paradigma) masyarakat dalam memandang penyandang disabilitas.
Longmore (dalam Saito & Ishiyama, 2005) menyoroti marginalisasi penyandang disabilitas dalam dunia hiburan—khususnya hiburan layar kaca. Ia membaginya kedalam lima potret peran.
Kelimanya yakni penjahat, monster, maladjusted person, manusia super, serta pengidap kelainan seksual. Dari kelima peran ini, nyata bila porsi positif yang penyandang disabilitas dapatkan sangatlah kecil—satu banding lima.
Menyedihkannya, kasus yang terjadi pada Yamal bahkan memperkecil porsi itu. Kita bisa menambahkan satu lagi peran marginal yang diterima penyandang disabilitas, yaitu sebagai objek hiburan. Naas!
Tertawa tanpa menertawakan
Berbahagia tentu merupakan hak siapa saja. Tak terkecuali bagi Lamine Yamal. Ulang tahun kedelapan belasnya memang semestinya ia selebrasikan.
Meski begitu, Yamal dan semua dari kita mesti sadar akan arti kebahagiaan kolektif. Kita bisa tertawa tanpa harus menertawakan.
Kebahagiaan yang kita rayakan tak seyogianya justru meninggalkan luka dan lara kepada orang lain. Selayaknya hubungan antar organ dalam satu tubuh, satu kebahagiaan harus dapat dirasakan oleh yang lain.
Karenanya, agama berpesan untuk ber-tahadduts bin ni’mah. Yakni, kebahagiaan yang kita rasakan hendaknya sampai kepada sesama. Agama tak menghendaki kebahagiaan yang eksploitatif lagi eksklusif tanpa kebermanfaatan untuk komunitas.
Sejatinya, kita dan Yamal telah sama-sama sadar akan pentingnya kebahagiaan kolektif itu. Namun, kita mungkin sesekali lupa. Karenanya, kesadaran untuk saling mengingatkan mesti senantiasa dipupuk.
Sebaik-baik mereka yang lupa adalah mereka yang mau diingatkan. Sebaik-baik pengingat ialah mereka yang menunjukkan terang tanpa merendahkan.
Nasaluka Allah sabilal haq! []