Mubadalah.id – Apa beda pendidikan di sekolah umum dan pesantren? Jika pertanyaan itu muncul, jawaban paling gampang adalah persoalan porsi tanggung jawab pendidiknya yang cenderung berlainan.
Guru di sekolah umum sudah menjadi profesi. Pengajarannya pun tersistem hanya sesuai bidang yang diamanatkan. Begitu pun mengenai jam ajar yang berbatas pada pembagian jadwal berdasarkan kurikulum yang dipakai. Meskipun, secara daya pikirnya, dicurahkan untuk kepentingan murid selama 24 jam.
Berbeda dengan di pesantren. Sekat-sekat itu nyaris bias. Kiai, nyai, ustaz, maupun ustazah hampir menjadi guru segala-gala. Tidak cuma itu, mata pelajaran bukanlah melulu apa yang ia ucapkan, melainkan apa yang ia lakukan.
Tindak-tanduk guru di pesantren secara otomatis menjadi sebuah kurikulum. Apa yang ia kerjakan maupun dilanggar, akan amat berpengaruh pada hasil didikan. Maka dengan demikian, pendidikan di pesantren ialah pencarian ilmu dengan penuh kesabaran. Sebab, apa yang ditangkap santri, mesti dicerna sebagai pelajaran.
Lantas, masih idealkah pola pendidikan seperti itu di zaman yang serba instan seperti sekarang?
Menghadapi Generasi Kritis
Banyak yang bilang, anak-anak sekarang memiliki daya kritis melebihi generasi pendahulunya. Pasalnya, mereka lahir di tengah-tengah kekayaan informasi. Tak ada pengetahuan tunggal yang mereka terima, sejak bayi, hingga masa remaja.
Jarak antargenerasi itu lantas menghadirkan pekerjaan rumah sendiri. Generasi pendahulu yang, misalnya, hari ini telah berperan sebagai guru, akan merasa sedikit kelimpungan akibat ketidak-siapan menerima respons kritis tersebut. Mereka yang lahir dari sumber pengetahuan tunggal memang lebih sering kelelahan saat diberondong aneka pertanyaan dan ungkapan ketidak-puasan.
Di sinilah pola pendidikan pesantren kian mendapatkan momentumnya. Pesantren yang dikenal sebagai penganut mode pembelajaran yang klasik, ternyata terlihat lebih pas diaplikasikan untuk menghadapi generasi bernalar kritis. Dengan predikat guru segala-gala itu, ustaz-ustaz di pesantren akan dengan terbiasa memenuhi keinginan peserta didik meski dengan segala akrobat keilmuannya.
Untungnya, pesantren lebih masyhur mengistilahkan guru sebagai seorang muallim. Meski maknanya sama sebagai pengajar, namun ada muatan-muatan lain yang perlu dipertimbangkan sebagai nilai tambah.
Fudail ibn ‘Iyadh menyatakan, kriteria mu’allim adalah seseorang yang âlim sekaligus ‘âmil. Dia tidak cuma pandai mengajarkan secara teori, namun juga meneladankan secara sikap dan prktis.
Mengimbangi Pengetahuan Instan
Kedudukan guru dalam pesantren sangat istimewa. Akan tetapi, ini bukanlah bentuk kultus berlebihan. Titik tolaknya berdasarkan banyak dalil naqli, misalnya, hadis yang diriwayatkan Abi Umamah berikut;
أن الله وملائكته وأهل السموات والأرضين حتى النملة في حجرها وحتى الحوت ليصلون على معلم الناس الخير
“Sesungguhnya Allah, para malaikat, dan semua makhluk yang ada
di langit dan di bumi, sampai semut yang ada di liangnya dan juga ikan
besar, semuanya bersalawat kepada mu’allim yang mengajarkan
kebaikan kepada manusia (HR. Tirmidzi).”
Ya, mengajarkan kebaikan. Sebab, output pendidikan pesantren bukan semata-mata keilmuan pikiran, namun juga perilaku alias akhlak. Dan inilah titik strategis mengapa tingkah laku guru dalam pesantren termasuk bagian dari pola pengajaran.
Perilaku sebagai bahan ajar bukan pula sesuatu yang instan. Di pesantren, yang kini konon didominasi santri generasi Z yang mendapat sebutan sebagai manusia serba instan, akan dipaksa dengan sabar dan bertahap memahami apa yang ia lihat, sebagai pengetahuan dan bekal kehidupan.
Tradisi ini kian menjadi lengkap saat menengok kurikulum secara utuh bahwa sebagian besar pelajaran di pesantren menekankan serba detail dan bertahap. Pola ini akan dapat mengimbangi nalar dan kecenderungan para peserta didik yang sebelumnya telah akrab dengan teknis-teknis yang serba instan.
Di pesantren, guru adalah kurikulum dan pengetahuan itu sendiri. Santri akan terus mempelajarinya sepanjang masa. Tidak instan, juga tidak berbatas. []