Mubadalah.id – Fenomena kawin anak merupakan bukan isu yang baru bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Dalam beberapa catatan, fenomena kawin anak di Indonesia dimulai sejak akhir tahun 1970 an dan awal 1980 an. Artikel ini akan membahas tentang dampak kawin anak menurut ulama KUPI.
Hingga saat ini fenomena kawin anak semakin marak terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Di Kabupaten Cirebon, menurut data pada tahun 2020 dari Pengadilan Agama, terdapat 478 layangan surat permohonan izin, dan diterima dan 446 yang diputuskan oleh pihak pengadilan untuk menikah di usia dini.
Data tersebut naik dua kali lipat dibanding pada tahun sebelumnya. Data tahun 2019 tercatat hanya 236 anak yang izinnya diterima.
Dengan semakin maraknya fenomena kawin anak, sebetulnya apa sih dampak kawin anak?.
Menurut Anggota Majelis Musyawarah KUPI, Dr. Nur Rofiah, Bil. Uzm, dampak kawin anak pada dasarnya bisa memberikan dampak biologis yang berbeda pada laki-laki dan perempuan.
Dinikahkan di usia berapapun, kata Nur Rofi’ah, laki-laki tidak akan mengalami hamil, melahirkan, nifas, dan menyusui. Sebaliknya perempuan sangat mungkin mengalaminya.
“Kawin anak memberikan dampak berbeda atas kualitas kesehatan reproduksi pada laki-laki dan perempuan,” tulisnya.
Demikian pula dampak secara sosial, lanjut kata Nur Rofi’ah, kewajiban memberi nafkah bagi laki-laki sangat mungkin diwakilkan pada ayah atau kerabat laki-laki lainnya.
Sementara hamil, melahirkan, dan nifas yang dipandang sebagai kewajiban istri tidak mungkin diwakilkan oleh siapapun.
Karenanya, Dosen Perguruan Tinggi Ilmu al-Qur’an (PTIQ) Jakarta itu menyampaikan, laki-laki bisa tetap sekolah saat terpaksa kawin anak. Bahkan bisa melanjutkan hingga jenjang pendidikan tertinggi, sedangkan perempuan pada umumnya putus sekolah karena mesti hamil, melahirkan, nifas, dan menyusui secara berkali-kali.
“Kawin anak memberikan dampak pada daya saing keduanya dalam bursa kerja, terutama sektor yang menghendaki pendidikan formal,” jelasnya.
Lebih lanjut, Pendiri Ngaji Keadilan Gender Islam (KGI) itu menjelaskan, perbedaan dampak kawin anak semakin signifikan jika terjadi antara laki-laki dewasa yang dengan kemauannya sendiri menikahi anak perempuan yang dipaksa nikah oleh ayahnya.
Sementara, al-Qur’an sendiri, kata dia, menggambarkan pengalaman beruntun ini sebagai sesuatu yang memayahkan (kurhan) dan sakit/payah/resiko yang berlipat-lipat (wahnan ala wahnin).
“Perempuan dewasa yang hamil karena suami yang sangat dicintainya bahkan hamil anak yang sudah lama sangat dinantikannya pun bisa mengalami kurhan dan wahnan ala wahnin,” ungkapnya.
Terlebih, Nur Rofi’ah melanjutkan, apalagi jika dialami oleh perempuan yang masih berusia anak-anak, hamil karena laki-laki yang tidak dikehendakinya sebagai suami, dan usia anak menyebabkannya sama sekali belum menginginkan punya anak.
“Perkawinan anak ini berdampak buruk (mafsadat), bahkan berbahaya (mudlarat) bagi perempuan,” tukasnya. Demikian penjelasan dampak kawin anak menurut ulama KUPI. Semoga bermanfaat. (Baca juga: KUPI II Mendorong Kepemimpinan Perempuan).