Rabu, 10 Desember 2025
  • Login
  • Register
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
    Media yang

    Aida Nafisah: Literasi Media Berperspektif Perempuan, Kunci Menghentikan Kekerasan yang Dinormalisasi

    Halaqah Kubra

    KUPI akan Gelar Halaqah Kubra untuk Memperkuat Peradaban Islam yang Ma’ruf dan Berkeadilan

    16 HAKTP yang

    16 HAKTP Cirebon: Menggugat Media yang Masih Menormalisasi Kekerasan terhadap Perempuan

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi adalah Dosa Struktural Bangsa

    Banjir Aceh

    Banjir Aceh dan Sumatera Bukan Musibah Alam, Tapi Kegagalan Negara Mengontrol

    Bencana di Sumatera

    Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

    Ayat Ekologi

    Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam

    Bencana

    Agama Harus Jadi Rem: Pesan Dr. Faqih atas Terjadinya Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana di Aceh dan

    Dr. Faqih Bongkar Gagalnya Kontrol Agama dan Negara atas Bencana di Aceh dan Sumatera

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Kekerasan Seksual saat Bencana

    Perempuan, Trauma, dan Kekerasan Seksual saat Bencana

    Media Sosial Anak

    Perlukah Indonesia Batasi Usia Media Sosial Anak?

    Anak Muda

    Anak Muda dan Kerapuhan Sosial Baru

    Bencana Ekologis

    Bencana Ekologis Sumatra dan Pengalaman Disabilitas yang Masih Sering Terlupakan

    Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    Skizofrenia

    Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi dan Tanggung Jawab Agama: Refleksi Tadarus Subuh ke-173

    Dunia Digital

    Menguatkan Kesehatan Mental dan Psikososial Anak di Dunia Digital Bersama Para Pakar

    Manusia dan Alam

    Alam Bukan Objek: Nyatanya Manusia dan Alam Saling Menghidupi

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
    Media yang

    Aida Nafisah: Literasi Media Berperspektif Perempuan, Kunci Menghentikan Kekerasan yang Dinormalisasi

    Halaqah Kubra

    KUPI akan Gelar Halaqah Kubra untuk Memperkuat Peradaban Islam yang Ma’ruf dan Berkeadilan

    16 HAKTP yang

    16 HAKTP Cirebon: Menggugat Media yang Masih Menormalisasi Kekerasan terhadap Perempuan

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi adalah Dosa Struktural Bangsa

    Banjir Aceh

    Banjir Aceh dan Sumatera Bukan Musibah Alam, Tapi Kegagalan Negara Mengontrol

    Bencana di Sumatera

    Bencana Alam di Aceh dan Sumatera Harus Ditetapkan sebagai Bencana Nasional

    Ayat Ekologi

    Dr. Faqih: Ayat Ekologi Menjadi Peringatan Tuhan atas Kerusakan Alam

    Bencana

    Agama Harus Jadi Rem: Pesan Dr. Faqih atas Terjadinya Bencana di Aceh dan Sumatera

    Bencana di Aceh dan

    Dr. Faqih Bongkar Gagalnya Kontrol Agama dan Negara atas Bencana di Aceh dan Sumatera

  • Kolom
    • All
    • Keluarga
    • Personal
    • Publik
    Kekerasan Seksual saat Bencana

    Perempuan, Trauma, dan Kekerasan Seksual saat Bencana

    Media Sosial Anak

    Perlukah Indonesia Batasi Usia Media Sosial Anak?

    Anak Muda

    Anak Muda dan Kerapuhan Sosial Baru

    Bencana Ekologis

    Bencana Ekologis Sumatra dan Pengalaman Disabilitas yang Masih Sering Terlupakan

    Relasi Difabel

    Relasi Difabel dan Jurnalisme: Antara Representasi, Sensasi, dan Keadilan Narasi

    Skizofrenia

    Skizofrenia: Bukti Perjuangan Disabilitas Mental

    Kerusakan Ekologi

    Kerusakan Ekologi dan Tanggung Jawab Agama: Refleksi Tadarus Subuh ke-173

    Dunia Digital

    Menguatkan Kesehatan Mental dan Psikososial Anak di Dunia Digital Bersama Para Pakar

    Manusia dan Alam

    Alam Bukan Objek: Nyatanya Manusia dan Alam Saling Menghidupi

  • Khazanah
    • All
    • Hikmah
    • Hukum Syariat
    • Pernak-pernik
    • Sastra
    Mimi Monalisa

    Aku, Mama, dan Mimi Monalisa

    Romantika Asmara

    Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

    Binatang

    Animal Stories From The Qur’an: Menyelami Bagaimana Al-Qur’an Merayakan Biodiversitas Binatang

    Ujung Sajadah

    Tangis di Ujung Sajadah

    Surga

    Menyingkap Lemahnya Hadis-hadis Seksualitas tentang Kenikmatan Surga

    Surga

    Surga dalam Logika Mubadalah

    Kenikmatan Surga

    Kenikmatan Surga adalah Azwāj Muṭahharah

    Surga Perempuan

    Di mana Tempat Perempuan Ketika di Surga?

    Surga

    Ketika Surga Direduksi Jadi Ruang Syahwat Laki-Laki

  • Rujukan
    • All
    • Ayat Quran
    • Hadits
    • Metodologi
    • Mubapedia
    Perempuan Fitnah

    Perempuan Fitnah Laki-laki? Menimbang Ulang dalam Perspektif Mubadalah

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Menjadi Insan Bertakwa dan Mewujudkan Masyarakat Berkeadaban di Hari Kemenangan

    Idul Fitri

    Teks Khutbah Idul Fitri 1446 H: Merayakan Kemenangan dengan Syukur, Solidaritas, dan Kepedulian

    Membayar Zakat Fitrah

    Masihkah Kita Membayar Zakat Fitrah dengan Beras 2,5 Kg atau Uang Seharganya?

    Ibu menyusui tidak puasa apa hukumnya?

    Ibu Menyusui Tidak Puasa Apa Hukumnya?

    kerja domestik adalah tanggung jawab suami dan istri

    5 Dalil Kerja Domestik adalah Tanggung Jawab Suami dan Istri

    Menghindari Zina

    Jika Ingin Menghindari Zina, Jangan dengan Pernikahan yang Toxic

    Makna Ghaddul Bashar

    Makna Ghaddul Bashar, Benarkah Menundukkan Mata Secara Fisik?

    Makna Isti'faf

    Makna Isti’faf, Benarkah hanya Menjauhi Zina?

  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Keluarga

Meneladani Pernikahan Mewah Ummu Sulaim binti Milhan Ar-Rumaisha’

Ketentraman hati bersama pasangan yang tepat jauh lebih mewah, dan mahal daripada pernikahan yang hanya mampu mempesonakan mata dalam sehari kemudian akan berujung pada perpisahan

Ryan Hidayat Ryan Hidayat
6 Juli 2022
in Keluarga
0
Pernikahan Mewah

Pernikahan Mewah

402
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Pernikahan sejatinya suatu akad untuk menyatukan janji suci antara perempuan dan laki-laki. Namun, pada perkembangannya tidaklah dianggap sesederhana yang terucapkan. Masyarakat saat ini, lebih sering mementingkan resepsi pernikahan mewah dalam acara sakral tersebut.

Menurut Dr. Irwan Hidayana, Kepala Departemen Antropologi Fisip Universitas Indonesia, terdapat tiga faktor terjadinya pernikahan mewah. Antara lain: Mengistemawakan selebrasi, pertunjukkan status sosial, dan tren di media sosial. Berdasarkan hal tersebut, maka tak berani jika kita melihat membengkaknya biaya anggaran dalam sebuah ritual yang bernama “pernikahan”, sehingga banyak generasi saat ini menunda pernikahannya yang bersifat mewah tersebut.

Melansir dari hitekno.com bahwa melaksanakan pernikahan secara mewah, cenderung berimplikasi terhadap resiko perceraian. Menurut pakar ekonomi dari Emory University bahwa pelaksanaan nikah dengan sederhana mampu memberikan ketahanan hubungan, karena mampu menghindarkan pasangan dari pertikaian, dan percekcokan antara keduanya pasca resepsi pernikahan.

Fenomena Resepsi Pernikahan Mewah

Berbeda jika melakukan pernikahan secara mewah justru akan menghasilkan malapetaka dalam suatu hubungan. Sebut saja pernikahannya pasangan di Amerika yang rela merogoh koceknya lebih dalam demi dianggap pernikahannya mewah dan berkesan. Namun, itu semua hampa karena fenomena seremonial itu berefek pada perceraian antara keduanya.

Berangkat dari fenomena di atas, tampaknya perlu mengangkat sosok perempuan yang menikah dengan mewah, namun mampu membawa kepada ketentraman hati, dan keteguhan keluarga yang mereka jalani. Bahkan dalam cacatan sejarah ia merupakan sosok yang mendapat mahar yang mahal di antara yang lainnya.

Mengenal Ummu Sulaim

Ummu Sulaim binti Milhan Ar-Rumaisha’ atau sering dipanggil dengan Sayyidah Ummu Sulaim. Beliau adalah ibunda dari Anas bin Malik RA, berbagai pendapat yang memunculkan perdebatan terkait namanya Ummu Sulaim di antaranya ada yang memanggilnya Rumailah, dan ada pula yang memanggilnya Al-Ghumaisha’. Terlepas dari itu semua para pakar sepakat akan namanya yaitu Sayyidah Ummu Sulaim.

Mengenai Ummu Sulaim, ia merupakan istri dari Malik bin an-Nadhar yang masuk Islam. Meskipun sejatinya dia tidaklah mendapat izin oleh suaminya. Ketertarikannya terhadap Islam akhirnya tertuangkan pada sang buat hatinya, yaitu Anas bin Malik dengan membisikkan kalimat syahadat.

Kemudian terikuti oleh sang anak. Perilaku tersebut mendapatkan respon suaminya dengan meninggalkan Ummu Sulaim dan Anas menuju Syam lalu meninggal dunia di sana. Selepas kepergiannya, begitu banyak yang datang ingin melamar Ummu Sulaim. Abu Thalhah Al-Anshari adalah salah satu diantara para pelamar.

Namun, lamarannya tertolak lantaran ia merupakan seorang yang musyrik sedangkan ia adalah muslimah. Pada suatu hari, untuk menguji rasa cinta Abu Thalhah Al-Anshari Ummu Sulaim memberikan penawaran kepadanya agar masuk Islam sebagai mahar untuk dapat menikahinya.

Karena perkataan tersebut, hati Abu Thalhah langsung kepo tentang Islam, yang kemudian sampailah ia mendeklarasikan ia agar masuk kepada agama Allah Swt. Tidak hanya masuk kepada agama Allah (Islam) saja, justru Abu Thalhah menjadi muslim yang baik nan taat. Dalam riwayat disebutkan bahwa Tsabit menjudge bahwa tidak ada pernikahan yang mahal dan mewah. Kecuali pernikahan antara Ummu Sulaim dan Abu Thalhah Al-Anshari.

Hal itu karena maharnya adalah Islam. Demikianlah, mahar yang Ummu Sulaim terima adalah mahar termahal dalam catatan sejarah. Bagaimana tidak? Seorang muslimah rela untuk dipersunting oleh seorang laki-laki dengan melihat agama sebagai prioritasnya.

Ummu Sulaim Teladan bagi Muslimah

Menurut hemat penulis, inilah pernikahannya mewah nan damai karena tidaklah ada mahar yang mahal kecuali Islam. Alangkah beruntungnya pernikahan yang membuat seorang muslimah menjadikan Islam sebagai maharnya, sehingga sang suami dan seluruh amal salehnya masuk ke dalam timbangan kebaikan sang istri.

Semoga para muslimah rela dan ridha dengan suami yang saleh. Bukankah sifat dan watak yang baik mampu memberikan keberkahan antara pasangan dalam mengarungi bahtera kehidupan berkeluarga. Dalam hadist yang riwayat Ahmad bahwa Rasulullah pernah bersabda : “perempuan yang paling besar berkahnya ialah wanita yang paling mudah maharnya.”

Fenomena Ummu Sulaim patut menjadi teladan muslimah lainnya, di mana ia mengedepankan aspek spiritual ketimbang perekonomian. Beberapa sumber yang penulis dapatkan bahwa kehidupan Ummu Sulaim bersama dengan Abu Thalhah Al-Anshori damai, tentram, dan ayem.

Apalah daya nan upaya jika hidup bergelimpangan harta tetapi selalu terbayang-bayangi keributan dan hutang. Ketentraman hati bersama pasangan yang tepat jauh lebih mewah, dan mahal daripada pernikahan yang hanya mampu mempesonakan mata dalam sehari, kemudian akan berujung pada perpisahan. Wallahu a’lam. []

Tags: istrikeluargaKesalinganpernikahansahabat nabisuamiSunah Nabi
Ryan Hidayat

Ryan Hidayat

Mahasiswa Magister UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Minat Kajian Tafsir dan Feminisme

Terkait Posts

Media Sosial Anak
Keluarga

Perlukah Indonesia Batasi Usia Media Sosial Anak?

10 Desember 2025
Pendidikan Karakter
Publik

Pendidikan Karakter, dari Keluarga hingga Perguruan Tinggi

3 Desember 2025
EKonomi Istri
Keluarga

Kemandirian Ekonomi Istri: Hak yang Dijamin Al-Qur’an

2 Desember 2025
Privasi Anak
Keluarga

Berhenti Sejenak Sebelum Mengunggah: Privasi Anak di Era Digital

1 Desember 2025
Ayat-ayat Perceraian
Keluarga

Laki-laki dalam Asbab Nuzul Ayat-ayat Perceraian

1 Desember 2025
Romantika Asmara
Hikmah

Romantika Asmara dalam Al-Qur’an: Jalan Hidup dan Menjaga Fitrah

29 November 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Media Sosial Anak

    Perlukah Indonesia Batasi Usia Media Sosial Anak?

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perempuan, Trauma, dan Kekerasan Seksual saat Bencana

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Anak Muda dan Kerapuhan Sosial Baru

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KUPI akan Gelar Halaqah Kubra untuk Memperkuat Peradaban Islam yang Ma’ruf dan Berkeadilan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Aida Nafisah: Literasi Media Berperspektif Perempuan, Kunci Menghentikan Kekerasan yang Dinormalisasi

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Aida Nafisah: Literasi Media Berperspektif Perempuan, Kunci Menghentikan Kekerasan yang Dinormalisasi
  • Perempuan, Trauma, dan Kekerasan Seksual saat Bencana
  • KUPI akan Gelar Halaqah Kubra untuk Memperkuat Peradaban Islam yang Ma’ruf dan Berkeadilan
  • Perlukah Indonesia Batasi Usia Media Sosial Anak?
  • 16 HAKTP Cirebon: Menggugat Media yang Masih Menormalisasi Kekerasan terhadap Perempuan

Komentar Terbaru

  • Refleksi Hari Pahlawan: Tiga Rahim Penyangga Dunia pada Menolak Gelar Pahlawan: Catatan Hijroatul Maghfiroh atas Dosa Ekologis Soeharto
  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2025 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2025 MUBADALAH.ID