Mubadalah.id – Saya terpukau melihat Dian Sastrowardoyo (Disas) mengenakan pakaian kebaya sebagai baju harian yang ia kenakan ketika bekerja. Dil aman Instagram ia kerapkali memasang foto dengan gaya casual lengkap dengan kacamata hitam dan sepatu kekinian.
Menurutnya pakaian kebaya tidak melulu harus dipadankan dengan sanggul atau sepatu tinggi (wedges). Kebaya juga tidak akan mengalami pelunturan makna manakala bersanding dengan sneakers. Atau jenis mode busana lain sehingga menampilkan sisi elegan dan tetap simpel.
Belakangan publik memang jarang menggunakan pakaian kebaya ini sebagai daily fashion. Karena masih menganggap sebagai pakaian kondangan bahkan busana orang zaman dulu. Boleh jadi adik-adik kita para generasi alpha hanya tahu bahwa kebaya adalah pakaian zaman kolonial. Ia ada menjadi koleksi museum, bahkan jenis baju yang terpakai hanya saat acara perpisahan.
Sejarah Pakaian Kebaya
Sebagai produk kebudayaan, pakaian kebaya memiliki sejarah yang panjang sekaligus berperan dalam banyak aspek. Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Dwi Retno Mastuti menyebutkan catatan sejarah mengenai kebaya sudah muncul sejak zaman Mataram Kuno dalam relief Candi Borobudur. Di lain sumber, Sejarawan Ria Pentasari dalam bukunya Chic in Kebaya juga mengungkapkan bahwa kebaya merupakan busana yang perempuan Jawa kenakan sejak abad ke-15.
Pakaian kebaya ini menjelma menjadi busana keseharian baik untuk di rumah. Penggunaannya untuk bertani di sawah dan di kebun. Lalu, sebagai pakaian formal juga keagamaan seperti yang para nyai kenakan di banyak pesantren di Indonesia. Sementara melansir dari artikel yang tertulis di goodnewsfromindonesia.id kebaya bahkan sempat digunakan oleh para bangsawan kolonial sebagai pakaian resmi tatkala masih menduduki wilayah Nusantara.
Pakaian Kebaya Bukan Hanya Soal Busana
Salah satu tak boleh luput dari ingatan adalah paradoks mengenai kebaya itu sendiri, Foedalisme Jawa sangat kental dengan konservatisme nilai-nilai keteraturan yang menyasar perempuan sebagai objek. Lihat saja kisah mengenai Kartini yang karena kedudukannya sebagai keturunan bangsawan juga karena pakaiannya mengharuskan ia agar tumbuh menjadi perempuan pasif yang harus menunduk, pasrah, taat serta seiya sekata dengan orangtuanya meskipun hal tersebut bertentangan dengan cita-cita dan jatidirinya.
Di satu sisi pakaian ini sama paradoksnya dengan perempuan: diagungkan namun juga terbatasi. Pendek kata, dahulu sangat dielu-elukan namun beresiko akan kebebasan berekspresi. Di kemudian hari justru anggapannya adalah sebagai pakaian masyarakat kuno yang miskin, lemah dan terpinggirkan.
Akhirnya hal ini kemudian ‘pecah’ menjadi bom waktu terutama di kalangan ekstrimis muslim lokal yang menganggap bahwa (karena lazim penggunaannya tanpa jilbab) orang-orang dengan paham ini menganggap bahwa kebaya tidak Islami, tidak sesuai syariah dan bukan pakaian seorang Muslim.
Saya sendiri pernah mengalami hal ini saat masih sekolah dulu. Kami mengajukan proposal Hari Kartini kepada pejabat. Kemudian mereka menolak usulan saya dengan dalih bahwa Kartini itu tidak Islami karena auratnya terbuka. Padahal fakta sejarah juga bicara bahwa perempuan dengan kebaya mampu berperan dan tetap mengamalkan ajaran Islam, Nyai Sholichah Wahid contohnya.
Kini kesadaran itu muncul kembali bahwa cara merawat kebudayaan salah satunya adalah dengan merawat pakaian asli kita sendiri, selain dengan mempertahankan dan mengembangkan kebudayaan lain seperti bahasa, alat-alat kesenian, lagu daerah, kuliner hingga situs sejarah. Jangan sampai ada status quo memperebutkan kesenian dan klaim sepihak dari negara lain di luar negeri.
Menyambung soal kebaya dan transformasinya saat ini ada hal baik yang mesti kita aminkan dari Dian Sastro. “Mari kita asosiasikan kebaya dengan sesuatu yang berbau profesionalitas dan integritas. Bukan hanya seragam kondangan. Bukan hanya sesuatu yang bersifat ornamental atau pajangan semata. Ini diri kita. Dengan segala kandungan pemahaman tentang asal usul diri kita, berikut imajinasi kolektif tentang kemana arah yang kita tuju. Ini diri kita. Sekarang. Bukan hanya masa lalu.” []