Mubadalah.id – Di lingkungan kita terjadi perbincangan hangat tentang penggunaan jilbab. Ini menarik, secara tidak langsung menjadi bagian dari perbincangan yang memperkuat saling pengertian.
Banyak orang baik di lingkungan pengguna maupun di luar pengguna jilbab yang saling berprasangka tentang penggunaan jilbab ini. Tapi bila kita mencermati, soal jilbab sebagaimana soal cara berpakaian lainnya adalah hal sangat pribadi, yang tentu di situ ada perbedaan wawasan dan pemahaman tentang tafsir keagamaan dan penghayatan tentang tubuh.
Beda agama, bisa saja memiliki kesamaan dalam penghayatan tentang tubuh dan pengalaman keperempuanan. Agama sama tapi sangat mungkin memiliki perbedaan penghayatan tentang tubuh dan pengalaman keperempuanan.
Perbedaan Perspektif
Menarik juga bahwa dalam perbincangan hangat itu ternyata ada perbedaan perspektif yang tidak disadari oleh dua pihak yang berbeda pandangan.
Perspektif filsafat modernis menutup diri pada adanya Yang Suci dan bagaimana orang hidup menghayati itu. Sementara dalam perspektif agama-agama, mereka menghayati itu sebagai bagian dari menghayaati nilai hidup. Termasuk dalam soal jilbab, ada sisi-sisi yang hanya dapat kita pahami dalam persepektif penghayatan pada Yang Suci ini.
Dari perspektif modernis yang rasional, menganggap ini tidak masuk akal, dan menganggapnya sebagai pilihan yang tidak bebas. Misalnya ada seorang peserta diakusi yang berpendapat dengan mempertanyakan, ” Mengapa ulama perempuan tidak diminta menanggalkan jilbab dan mengganti dengan kerudung” yang merupakan budaya nusantara?
Saya tidak tahu bagaimana yang bersangkutan memiliki pandangan tentang kebebasan berekspresi. Saya juga bertanya-tanya apakah dia mempertimbangkan sudut emik dan etik saat melihan yang berbeda. Sementara di satu sisi dia menolak pemaksaan, tapi ingin pihak yang berbeda menjadi sama dengan apa yang dia pikirkan.
Tapi menurut saya ini salah satu contoh perbedaan penghayatan yang menghasilkan perbedaan cara pandang. Soal penggunaan jilbab juga sering didiskualifikasi sebagai bukan budaya nusantara. Ini menarik juga sebagai bahan diskusi menambah minat perbincangan tentang kebudayaan.
Pertukaran Budaya
Bila kita ingat pelajaran sejarah budaya yang terselip dalam pelajaran sejarah sejak SD, kita dapat menangkap pengetahuan bahwa setiap kebudayaan itu dinamis, tidak statis.
Dalam sejarah umat manusia selalu ada pertukaran dalam berbagai aspek antar budaya. (Bukunya Denys Lombard tentang Silang Budaya Jawa misalnya, menyajikan dinamika pertukaran budaya ini dengan cukup kaya, silakan teman-teman nikmati). Ulasan di situ seperti membenarkan pepatah tidak ada yang sama sekali baru di bawah matahari.
Klaim bahwa satu ekspresi budaya lebih asli dari yang lain, tidak mendapatkan argumentasi ilmiahnya, bisa kita telusuri salah satunya dari buku itu.
Meski terdengar klise, dalam soal penggunaan jilbab pun ternyata perlu ada toleransi, (dan untuk toleransi membutuhkan kesediaan untuk terus menerus mengembangkan wawasan mendalam sehingga tidak terkesan sok tahu, karena banyak ekspresi budaya perlu penafsiran yang belum tentu sesuai juga).
Toleransi Jilbab
Toleransi di sini ya saling memberi ruang ekspresi dan pemaknaan. Sikap ini akan mencegah ada pemaksaan baik untuk memakai maupun melepas. Tentu saja hal ini dimungkinkan dengan terlebih dahulu membuang prasangka antarpihak yang berbeda. Karena justru prasangka dan cap-cap buruk antarpihak ini yang memecah belah bangsa, bukan ekspresi budayanya.
Sebagaimana menghadapi setiap perbedaan, tidak perlu yang satu merasa superior atas yang lain: menganggap yang berjilbab atau tidak berjilbab sebagai kurang, apalagi dengan kata-kata yang merendahkan (meski terdengar halus atau kasar).
Tidak berjilbab, kadang pakai kadang lepas, kerudung, selendang. Berjilbab dengan berbagai bentuk, dan seterusnya adalah bagian dari kebhinekaan. Sekali lagi bagian dari kebinekaan yang harus terus menerus kita pelajari karena perbedaan itu terus berkembang sebagaimana perkembangan hidup manusia. Kita memerlukan bahasa yang bijaksana untuk mencegah semua bentuk pemaksaan, tidak hanya soal jilbab.
Di luar soal ekspresi berpakaian, masih ada yang lebih mendasar. Yakni tentang kontribusi yang perlu kita berikan untuk kehidupan yang lebih luas. Tujuannya agar lebih beradab dan lingkungan alam yang lestari. Mungkin ini lebih relevan dengan substansi ajaran agama rahmat bagi semesta maupun nilai perdamaian yang kita rindukan orang yang berjilbab maupun tidak berjilbab. Salam dan bahagia. []