• Login
  • Register
Rabu, 30 Juli 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Kolom Personal

Pesantren Luhur Manhajiy Fahmina: Pesantren yang Ajarkan Nilai-nilai Keadilan dan Kesetaraan

Di Pesantren Luhur Manhajiy Fahmina, para santri perempuan didorong untuk dapat sama-sama terlibat aktif dengan santri laki-laki. Bahkan di pesantren ini, para santri dibekali ilmu dan perspektif tentang keadilan gender

Siti Miratul Masfufah Siti Miratul Masfufah
26/10/2023
in Personal
0
Pesantren Luhur Manhajiy Fahmina

Pesantren Luhur Manhajiy Fahmina

791
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – Pondok Pesantren Luhur Manhajiy Fahmina di bawah asuhan Abi Marzuki Wahid dan Bunda Nurul Bahrul Ulum menjadi salah salah satu pesantren yang kira sangat langka. Karena di pesantren ini, saya diajarkan tentang banyak hal, terutama soal nilai-nilai keadilan, kesalingan dan kesetaraan gender antara santri laki-laki dan perempuan.

Mungkin bagi sebagian orang, isu soal keadilan, kesalingan dan keseteraan gender masih sangat rentan untuk dibicarakan di pesantren. Bahkan menjadi hal yang sangat tabu. “Santri perempuan ko belajar soal keseteraan gender. Mau melawan kodrat?.” Kira-kira begitu ucapan yang kerap saya dengar.

Terlebih, jika mengutip pandangan M. Nuruzzaman dalam buku Kiai Husein Membela Perempuan, ia mengatakan bahwa perempuan di pesantren tampaknya belum banyak dibicarakan secara lebih khusus.

Bahkan Cliffort Geertz ketika mendeskripsikan pesantren, secara eksplisit hanya menyebutkan “siswa pria muda.”

Oleh sebab itu, hal inilah yang memperlihatkan kepada kita bahwa pada masa awal, pesantren hanya dihuni oleh laki-laki, atau hanya laki-laki saja yang dapat kesempatan belajar di pesantren.

Baca Juga:

Jika Aku Percaya pada Kesetaraan, Harus Bagaimana Aku Bersikap?

Emansipasi Perempuan Menurut Al-Ghazali: Telaah atas Kitab Ihya’ Ulum al-Din

“Nyanyi Sunyi dalam Rantang”: Representasi Perjuangan Perempuan Melawan Ketidakadilan

Standar Keadilan Menurut Dr. Nur Rofiah, Bil. Uzm

Akan tetapi, semakin majunya perkembangan zaman, pesantren kian mengalami perkembangan yang pesat. Hari ini, sudah banyak para perempuan yang belajar di pesantren.

Pesantren Perempuan

Namun, perlu kita ketahui salah satu pencetus berdirinya pesantren khusus perempuan pertama adalah Pesantren Hidayatul Mubtadiat Lirboyo Kediri, Pesantren Cukir dan Pesantren Seblak di Jombang.

Menurut Zamakhsyari, Pondok Pesantren perempuan telah berdiri sejak tahun 1910-an. Dari hasil penelitiannya di sejumlah pesantren, ia menyatakan bahwa jumlah santri perempuan pada waktu itu sangat besar rata-rata sekitar 60% dari santri laki-laki.

Di Cukir Tebuireng Jombang misalnya jumlah santri putri yang tinggal di komplek Seblak dan Cukir, pada tahun 1978 ada 1100 santri perempuan. Seperti halnya santri-santri laki-laki, santri perempuan juga berasal dari daerah-daerah yang jauh.

Greg Barton mencatat bahwa pada tahun 1917, KH. Bisri Syansuri, kakek Gus Dur dari Ibu adalah kiai yang pertama mengenalkan kelas pertama perempuan ke dunia pesantren.

Meskipun demikian, lagi-lagi fungsi perempuan dan pesantren mengalami pergeseran. Jika kita melihat pada awal berdirinya pesantren perempuan, bahkan angka perempuan yang belajar di pesantren sangat tinggi daripada santri laki-laki. Namun sekarang keberadaan santri perempuan kembali mengalami kemunduruan.

Artinya, pesantren sebagai fungsi masih kerapkali menempatkan para santri perempuan sebagai kelas kedua daripada santri laki-laki. Bahkan tidak memberikan ruang kepada santri perempuan untuk tampil di ruang publik.

Mungkin hal inilah yang kita kenal dengan sangat melekatkanya budaya patriakhi di pesantren. Hingga dampaknya para santri perempuan belum memiliki ruang publik bersama santri laki-laki.

Pesantren Luhur Manhajiy Fahmina

Maka dengan berdirinya Pondok Pesantren Luhur Manhajiy Fahmina, saya kira menjadi salah satu pesantren yang berani mendobrak budaya patriakhi. Budaya yang melemahkan, dan mendiskriminasi para santri perempuan.

Di Pesantren Luhur Manhajiy Fahmina, para santri perempuan didorong untuk dapat sama-sama terlibat aktif dengan santri laki-laki. Bahkan di pesantren ini, para santri dibekali ilmu dan perspektif tentang keadilan gender dan mubadalah.

Dengan perspektif keadilan gender dan mubadalah ini, saya kira menjadi bekal bagi kami semua untuk menempatkan bahwa santri laki-laki dan santri perempuan itu adalah manusia yang wajib kita hormati, hargai dan muliakan.

Oleh sebab itu, kami sebagai santrinya, kami sama-sama diberikan ruang oleh pengasuh untuk sama-sama aktif, dan terlibat dalam berbagai kegiatan, perlombaan dan banyak hal lainnya.

Sehingga, hal inilah yang menjadi kekuatan bagi saya untuk terus menyuarakan bahwa santri perempuan juga memiliki kesempatan yang sama dengan santri laki-laki. Dengan begitu, kami akan tumbuh menjadi santri yang memiliki perspektif yang memanusiakan manusia. []

Tags: keadilanKesetaraanLuhur Manhajiy FahminaNilai-Nilaipesantren
Siti Miratul Masfufah

Siti Miratul Masfufah

Saya adalah mahasantriwa Sarjana Ulama Perempuan Indonesia (SUPI) Institut Studi Islam Fahmina (ISIF) Cirebon.

Terkait Posts

Menjaga Bumi

Perempuan Tidak Bercerita; Jihad Sunyi Menjaga Bumi

30 Juli 2025
Percaya pada Kesetaraan

Jika Aku Percaya pada Kesetaraan, Harus Bagaimana Aku Bersikap?

30 Juli 2025
Emansipasi Perempuan

Emansipasi Perempuan Menurut Al-Ghazali: Telaah atas Kitab Ihya’ Ulum al-Din

30 Juli 2025
S-Line

S-Line dan Pubertas Digital: Saat Tren Media Sosial Menjadi Cermin Krisis Literasi Seksual

29 Juli 2025
Pengalaman Perempuan

A Letter for 23: Pengalaman Perempuan Menjadi Sehat, Cerdas, dan Berdaya

28 Juli 2025
Tren S-Line

Refleksi Tren S-Line: Bagaimana Jika Dosa Kita Terlihat Jelas Atas Kepala?

27 Juli 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Perkawinan

    Perempuan Berhak Memilih Pasangan dan Mengakhiri Perkawinan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Menikah Bukan Kewajiban, Melainkan Hak yang Harus Dihormati

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Ajaran tentang Cinta Lingkungan dalam Lintas Iman

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Emansipasi Perempuan Menurut Al-Ghazali: Telaah atas Kitab Ihya’ Ulum al-Din

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Perempuan Berhak Menolak Pernikahan yang Dipaksakan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Memahami Hukum Menikah secara Kontekstual
  • Perempuan Tidak Bercerita; Jihad Sunyi Menjaga Bumi
  • Menikah Tak Selalu Sunnah: Bisa Jadi Wajib, Makruh, atau Bahkan Haram
  • Jika Aku Percaya pada Kesetaraan, Harus Bagaimana Aku Bersikap?
  • Pernikahan sebagai Kontrak Kesepakatan

Komentar Terbaru

  • M. Khoirul Imamil M pada Amalan Muharram: Melampaui “Revenue” Individual
  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
redaksi@mubadalah.id

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID