Mubadalah.id – Pernah seseorang bertanya, apakah Allah SWT memberikan hidayah lebih melimpah kepada orang-orang sekarang. Karena pakai berhijab itu tanda mendapat hidayah. Sedangkan generasi para embah, nenek, dan buyut-buyut sepuh kita dahulu tidak ada yang berhijab. Mengapa hidayah Allah sepi di masa itu? Mungkin itu persoalan rasa ge er saja, jawab saya.
Ulama pendahulu bukannya tidak tahu, mereka justru hidup lebih dekat dengan sumber sejarah. Mereka menimbang maslahat dan mursalat. Mengerti hakikat. Meletakkan konsep aurat pada proporsinya sesuai konteks budaya. Maka dahulu keluarga kiai, santrinya, kerabatnya, tidak disuruh melilitkan kain menutup seluruh tubuh. Baju harian dan tradisional yang ada tak kurang-kurang menghantar muslimat dalam kesejatian dirinya.
Dan Ayahanda, termasuk tak mengusik soal ini. Ia tentu menganjurkan santrinya jemaahnya jaga aurat dan kesopanan. Budaya kita sebetulnya sudah membentuk itu semua. Suatu hari sekeluarga ke pantai, anak gadisnya pakai kulot dan kaos pendek saja, jilbabnya dilepas.
Tak ada komentar atau peringatan. Beliau lebur saja menikmati kebersamaan. Saat akad nikah saya rapih berjilbab. Tetapi petangnya berganti gaun tanpa jilbab. Saat itu masyarakat datang cukup banyak ke pesantren, diundang menyimak penceramah kondang. All were just fine.
Seorang teman mengirimi saya foto ibundanya pergi haji tahun 70an. Nampak beliau di Masjidil Harom pakai kebaya dan selendang sederhana. Itu exotic, tanpa mengurangi khusyu ibadahnya. Teman lain, mengirimkan foto sang ibu mertua yang istri Kiai, sedang mengajar ngaji santri putra. Berkebaya saja, bahkan tanpa tutup kepala. Tulus dan syahdu di mataku. Di sanalah hakikat amal. Pada hatinya, sikapnya, karakternya, bukan sekedar ribut soal kemasan saja.
Sebuah hadist mutawattir: “innallah la yandzuru ila ajsamikum wala ila shuwarikum walakin yandzhuru ila qulubikum”. Allah tidak melihat pada tubuhmu atau tampilanmu. Tetapi Ia melihat hati-hatimu. Maka tak perlu rasa lebih tinggi dan mulia sekedar dengan berbaju ala muslim Arabia. Kaffah dan sempurna tidak di sana tapi di sini, sesuai karakter diri.
Apalagi bila menganggap orang tua dahulu keliru dan kurang ilmu. Harusnya justru malu, betapa besar jasa mereka. Luhur budi pekertinya. Jika tetap merasa begitulah kaffah, masih memandang orang yang tidak ‘hijrah’ rendah, coba telusuri bahan bajumu yang lebar itu made in mana. Jangan tanggung-tanggung kaffahnya. Hati-hati jika buatan China atau India, bisa jadi bahan pakaiannya mengandung pewarna buatan ada ekstrak babinya.
Semoga kita lebih fair mendudukkan jilbab/hijab, dan lain sebagainya pada porsinya sebagai produk budaya. Termotivasi untuk meningkatkan takwa tentu sangat baik. Tetapi luruskan dulu dasar pikirannya. Model pakaian tertentu tak perlu dipuja sampai fanatik bagai berhala. Fleksibel saja. Ingat juga, sebutan “busana muslim” “hijab syar’i” itu bukan dari Quran. Itu bahasa marketing. Ting![]