• Login
  • Register
Selasa, 20 Mei 2025
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
Dukung kami dengan donasi melalui
Bank Syariah Indonesia 7004-0536-58
a.n. Yayasan Fahmina
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
No Result
View All Result
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
Keadilan dan Kesetaraan Gender - Mubadalah
No Result
View All Result
Home Khazanah Hikmah

Kompleksitas Manusia: Ikhtiar Seorang Hamba Mencari Sang Maha

Kiyai Jadul: bagaimana kita mengoptimalkan setiap pemberian itu dalam rangka mendekatkan diri padaNya?

Ali Yazid Hamdani Ali Yazid Hamdani
24/03/2024
in Hikmah
0
kompleksitas manusia

kompleksitas manusia

713
VIEWS
Share on FacebookShare on TwitterShare on Whatsapp

Mubadalah.id – “Orang berpuasa pada saat subuh mirip senja kala yang pelan meredup dan sayup-sayup menggelap. Tapi saat sore hari menjelang Maghrib seperti matahari pagi yang menyingsing, kian terang, cerah, dan segar.” Permisalan yang cukup menggambarkan suasana subuh saat Santri Kali Opak Ngaji Posonan yang mengaji Kitab Aqidatul Awam yang diampu Kiyai Jadul Maula.

Suasana yang sayup-sayup meredup itu seketika berubah ketika muncul pertanyaan yang memecah rasa kantuk saya dari salah satu santri Ngaji Posonan lantaran menarik.

Kira-kira begini pertanyaannya, “Mengapa manusia yang telah dititipkan lebih banyak sifat-sifat Allah berpotensi lebih menyimpang daripada mahlukNya yang lain? Padahal kan harusnya secara ideal lebih gampang meraih dan mendekati-Nya”, begitu tanya seorang santri Ngaji Posonan kepada Kiyai Jadul Maula.

Konteks dari pertanyaan itu adalah penjelasan dari sifat-sifat Allah yang 20. Dan dari beberapa sifat itu juga manusia miliki. Singkatnya Allah telah memfasilitasi semua yang manusia butuhkan untuk kembali padaNya sedekat mungkin.

Uniknya, sebagaimana biasa, Kiyai Jadul tidak langsung memberikan jawaban. Tapi menyuguhkan pertanyaan reflektif sambil lalu memantik teman-teman untuk berpikir lebih jauh. Meski terkesan Sokrates banget. Saya juga meyakini, di balik pertanyaan itu sedikit banyak muncul jawaban implisit yang mampu membuat penanya manggut-manggut setuju lantaran telah merasa menemukan jawaban.

Baca Juga:

Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi

Merangkul yang Terasingkan: Memaknai GEDSI dalam terang Dialog Antar Agama

Membuka Tabir Keadilan Semu: Seruan Islam untuk Menegakkan Keadilan

Kemanusiaan sebelum Aksesibilitas: Kita—Difabel

“Menurut kalian, tindakan/kehendak manusia itu lahir dari diri sendiri atau dari Allah secara langsung?”, Tanya beliau memancing jawaban santri.

Jelajah Trajektori Perdebatan Kalam

Dari pertanyaan tersebut, kemudian beliau mengajak santri tamasya di masa lampau untuk menjelajahi trajektori perdebatan ulama kalam (teologi Islam) yang pernah meributkan hal itu. Mulai dari aliran Mu’tazilah yang meyakini tindakan manusia itu lahir dari manusia itu sendiri.

Ada juga aliran fatalisme (Jabariyah) yang mengimani semua tindakan manusia tiada lain hanya berasal dari Allah. Hingga sampai pada aliran yang menengahi itu dari golongan Asy’ariyah, yang terpenting usaha dulu, baru takdir kemudian.

Tidak berhenti di situ, pertanyaan lainnya juga muncul, “Jika Tuhan itu Maha Baik, mengapa masih ada kejahatan di dunia ini?”

Melalui pertanyaan yang terkesan kontradiktif ini ternyata memiliki jawaban secara terang. Beliau melanjutkan dengan menghadirkan nama-nama Allah yang saling bertentangan yang merujuk pada hubungan Allah dengan semua maklukNya.

Terdapat Yang Maha lembut (al-Lathif) dan Maha Angkuh (al-Mutakabbir), Maha Membimbing (al-Rasyid) dan Maha Menyesatkan, Maha Memuliakan (al-Mu’idz) dan Maha Menghinakan (al-Mudzil), Maha Pengampun (al-Ghafur) dan Maha pedendam (al-Muntaqim), serta Maha Pemberi Manfaat (al-Nafi’) dan Maha Pemberi Kerugian (al-Dhar). Intinya terdapat nama-nama Allah yang saling kontradiktif satu sama lain.

Dari yang sifatNya yang saling bertentangan itu merupakan bentuk keluwesan Allah yang Maha Kuasa dalam memberikan kebebasan memilih kepada manusia atas semua instrumen yang telah Allah berikan. Hal ini yang Allah sebut dengan “faman syaa fal-yukmin waman syaa falyakfur”. Singkatnya Allah hanya ingin bilang bahwa Ia telah memberikan manusia pilihan; mau syukur ya monggo, mau kufur ya silakan.

“Betapa pun Allah memberikan manusia segala bentuk instrumen penting berupa akal dan hati, manusia menjadi jauh dari Allah ya karena diri sendiri”, tandas Kiyai Jadul. Singkatnya, meskipun manusia merupakan cermin Tuhan yang paling sempurna di antara mahlukNya yang lain, tetap saja merupakan bayangan.

Berdiri di Antara Dua Dimensi

Setelah dipikir-pikir melalui pikiran yang nggak mikir-mikir amat. Terkadang di tengah kompleksitas manusia yang terjadi, memang cenderung tidak menggunakan fasilitas yang telah ada. memiliki telinga malah tidak mendengar, diberi mata tidak melihat, dan dititipi hati malah tidak berpikir. Bahkan Allah sampai-sampai menyinggung manusia yang begitu seperti halnya orang yang lebih tersesat dari binatang ternak. (QS. Al-A’raf: 179).

Untuk menunjukkan antara kontradiksi sifat di atas sekaligus menunjukkan potensi manusia menjadi baik maupun yang melampaui batas. Kesemua itu tampak pada kalamNya yang lain, bahwa jiwa itu bisa saja jatuh dalam lubang kefasikan (fujur) dan bisa jatuh pada tangga ketakwaan (taqwa). (QS. Al-Syams: 8)

Manusia memang memiliki dua kecenderungan positif dan negatif sekaligus. Bisa saja derajatnya satu step lebih baik di atas malaikat, dan sangat mungkin menjadi lebih buruk dan sesat melebihi hewan. Ini juga membuktikan bahwa manusia terdiri dari dua unsur penting antara ruh dan fisik.

Sementara nafsu menjadi penengah dan mempengaruhi keduanya. Andai kata nafsu berpihak pada fisik, maka yang lahir adalah nafsu amarah yang berpotensi melahirkan keburukan. Jika nafsu menghadap pada ruh, maka yang muncul adalah nafsu muthmainnah yang melahirkan potensi sebaliknya.

Pesan utama yang ingin Kiyai Jadul ajarkan adalah bagaimana kita mengoptimalkan setiap pemberian itu dalam rangka mendekatkan diri padaNya. Lebih peka terhadap nikmat Allah yang banyak daripada kesedihan yang jauh lebih sedikit. Lebih menyadari kebesaran cinta kasihNya daripada murkaNya, lebih aware bahwa pengampunanNya jauh lebih luas ketimbang siksaNya.

Inilah yang terkadang acapkali terlupakan. Padahal secara esensial manusia memang dekat denganNya, berasal dan akan kembali padaNya. Akhirnya pagi itupun ditutup dengan  sebuah pertanyaan besar, “Sudah sejauh mana kita mendekat menujuNya?” Wallahu A’lam bi al-shawab. []

Tags: Kali OpakkemanusiaanKompleksitas ManusiamanusiaNgaji PosonanTradisi RamadanTuhan
Ali Yazid Hamdani

Ali Yazid Hamdani

Ia aktif menulis esai, suka beropini, dan sesekali berpuisi.

Terkait Posts

KB

KB dalam Pandangan Riffat Hassan

20 Mei 2025
KB

KB Menurut Pandangan Fazlur Rahman

20 Mei 2025
KB dalam Islam

KB dalam Pandangan Islam

20 Mei 2025
Bersyukur

Memanusiakan Manusia Dengan Bersyukur dalam Pandangan Imam Fakhrur Razi

19 Mei 2025
Pemukulan

Menghindari Pemukulan saat Nusyuz

18 Mei 2025
Gizi Ibu Hamil

Memperhatikan Gizi Ibu Hamil

17 Mei 2025
Please login to join discussion
No Result
View All Result

TERPOPULER

  • Bangga Punya Ulama Perempuan

    Saya Bangga Punya Ulama Perempuan!

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KB Menurut Pandangan Fazlur Rahman

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Rieke Diah Pitaloka Soroti Krisis Bangsa dan Serukan Kebangkitan Ulama Perempuan dari Cirebon

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Peran Aisyiyah dalam Memperjuangkan Kesetaraan dan Kemanusiaan Perempuan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • KB dalam Pandangan Riffat Hassan

    0 shares
    Share 0 Tweet 0

TERBARU

  • Peran Aisyiyah dalam Memperjuangkan Kesetaraan dan Kemanusiaan Perempuan
  • KB dalam Pandangan Riffat Hassan
  • Ironi Peluang Kerja bagi Penyandang Disabilitas: Kesenjangan Menjadi Tantangan Bersama
  • KB Menurut Pandangan Fazlur Rahman
  • Saya Bangga Punya Ulama Perempuan!

Komentar Terbaru

  • Asma binti Hamad dan Hilangnya Harapan Hidup pada Mengapa Tuhan Tak Bergeming dalam Pembantaian di Palestina?
  • Usaha, Privilege, dan Kehendak Tuhan pada Mengenalkan Palestina pada Anak
  • Salsabila Septi pada Memaknai Perjalanan Hidup di Usia 25 tahun; Antara Kegagalan, Kesalahan dan Optimisme
  • Zahra Amin pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Nolimits313 pada Perbincangan Soal Jilbab
  • Tentang
  • Redaksi
  • Kontributor
  • Kirim Tulisan
Kontak kami:
[email protected]

© 2023 MUBADALAH.ID

Selamat Datang!

Login to your account below

Forgotten Password? Sign Up

Create New Account!

Fill the forms bellow to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist

No Result
View All Result
  • Home
  • Aktual
  • Kolom
  • Khazanah
  • Rujukan
  • Tokoh
  • Monumen
  • Zawiyah
  • Kolom Buya Husein
  • Login
  • Sign Up

© 2023 MUBADALAH.ID

Go to mobile version