Mubadalah.id – Isu anak muda belakangan masih hangat sebagai topik ghibah. Baik di media, tongkrongan, debat politik, maupun di bilik akademik yang sepi namun kebak aura jumawa itu. Banyak nama besar lahir karena menelisik kajian ini, salah satunya Steven Threadgold.
Sebagai lektor kepala (associate professor) di Universitas Newcastle, Australia, Threadgold yang juga anak didik Pam Nilan—sarjana kenamaan di bidang serupa—berfokus meneliti sosiologi anak muda dan irisannya dengan kelas, ketidaksetaraan (inequality) dan aspek budaya.
Karya bukunya berjudul Youth, Class and Everyday Struggles (2019) mengupas bagaimana kaum muda di Australia menegosiasikan tantangan sehari-hari lewat beragam cara dan taktik. Salah satunya adalah lewat jalur “kreativitas” dan “DIY-Culture” (Budaya Do It Yourself). Dengan mengambil-kembangkan konsep-konsep praktik sosiologis Bourdieu, Threadgold menyelami kehidupan dan perjuangan sehari-hari kaum muda dalam merintis karier-buatan mereka sendiri (DIY-career)–yang selanjutnya saya terjemahkan sebagai “budaya swakarya”.
Budaya Swakarya: Kreativitas, Identitas dan Kerja Penuh Makna
Pada bagian ketiga di bukunya, Threadgold mengelaborasi DIY Culture (budaya swakarya). Frasa tersebut merangkum sebuah panorama di mana kaum muda bergumul-juang dengan kreativitas, identitas, dan kerja yang penuh makna (meaningful work).
Di bab ini ia masuk mengintai skena musik anak muda sebagai studi kasus. Baginya, musik adalah ranah di mana anak muda memproduksi sekaligus mengonsumsinya dalam kehidupan sehari-hari, sembari menemukan dan merawat identitas mereka.
Skena DIY atau swakarya sendiri di mata Threadgold merupakan sewujud perjuangan kultural dan produksi makna yang ditapaki individu/kelompok. Contoh lapangannya pada buku ini adalah punk—yang bahkan Threadgold posisikan sebagai ‘sinonim’ dari budaya swakarya (DIY) itu sendiri. Banyak anak muda yang bergabung di skena punk sebagai bagian dari proses individualisasi sekaligus wujud aktualisasi perubahan sosial. Bibir orang-orang kerap menyebutnya “pencarian jati diri”.
Skena swakarya, dalam praktiknya, acap kali disangkut-pautkan dengan sosok individu pelaku/kreator an sich. Banyak orang menceraikannya dari konteks di luar itu. Padahal, dalam realitasnya, potret kompleks di balik skena swakarya justru melibatkan multi-aspek yang sifatnya struktural dan jejaring rumit.
Di sini Threadgold membenturkan dengan prospek karier yang makin menipis bagi generasi muda kiwari. Lapangan kerja berkurang, populasi masih bengkak, dan jaminan sosial dari pemerintah justru menuju arah yang tidak supportif.
Kemudian antara peluang untuk menjadi buruh dengan perjuangan berbasis kreativitas, sekat di antara keduanya tampak samar. Posisi ‘alam-antara’ ini lantas menjadi medan di mana pilihan hidup sangat berisiko dan penuh ketidakpastian. Pendeknya: high risk, high return.
Resiko tinggi, tetapi kalau berhasil, gede juga imbalannya. Terlebih di bidang musik; berapa ratus ribu atau berapa juta anak muda yang menggelutinya dan berapa persen yang bisa menjadi Sheila on 7 dan Dewa 19? (sekadar ilustrasi kecil).
Budaya Swakarya sebagai Praktik
Namun begitu, di tengah kerapuhan lintas sektor, kaum muda yang terjun di skena ini memiliki agensi untuk tetap bertahan. Disiplin swakarya bahkan meresap menjadi filosofi hidup mereka. Sebutlah skena musik di Australia, sebagai contoh di buku ini, musik Indie sering kita pandang sebagai alternatif “otentik” atas “selera pasar” komersial arus utama (mainstream). Dan Threadgold mewawancarai sejumlah pemuda pelaku budaya swakarya tersebut. Orang-orang muda eksentrik, yang menempuh jalur di pelipir wajah zaman.
Hasilnya menunjukkan kalau pelabelan, penamaan, atau pengkotak-kotakan genre musik dan budaya swakarya mereka justru membuat mereka “rawan terkooptasi” oleh pasar. Dampaknya tentu sebagaimana berderet dalam sejarah. Di mana celana jins robek milik kaum buruh dan tukang direbut industri fesyen. Musik jazz dan blues dicuri oleh kalangan elite kulit putih; hingga Citayam Fashion Week yang direbut-daftarkan HAKI oleh pesohor selebritas; dan seterusnya.
Di tahap itu, Threadgold berargumen: budaya swakarya sebagai praktik, khususnya praktik afektif yang melibatkan perasaan dan aspirasi personal kaum muda, adalah juga sebentuk perjuangan. Para partisipan dalam risetnya telah melakoni hidup dan menghirup napas di dalam skena tersebut.
Praktik mereka bersifat relasional, bahkan menjadi sikap sekaligus estetika yang bergerak menembus batas-batas bidang musik, kelas sosial, dan latar belakang ras. Ia meresap ke alam sosial (kemasyarakatan), juga afektif (perasaan), dan menjadi ‘halaman’ tempat mereka memproduksi-ulang, menantang, dan mengubah situasi rentan mereka menjadi unsur yang lebih produktif. Produknya bisa lagu, merchandise, dan sejenisnya.
Karier Swakarya: Karier Buatan Sendiri
Dalam diskusi lanjutannya, analisis Threadgold menggiring ke topik yang lebih luas, dan tetap memukau. Ia mendedahkan term DIY-Career, persimpangan antara problem pasar tenaga kerja dan perjuangan jalur kreativitas individu/kelompok.
Berbekal hasil wawancaranya ke para pegiat skena musik tadi, ia menyingkap satu indikasi umum. Kondisi pasar kerja seakan memaksa—jika bukan memfetakompli—kaum muda agar menciptakan karier mereka sendiri demi mencapai hidup penuh makna (meaningful life).
Dengan kata lain, generasi muda yang Threadgold wawancarai justru memilih untuk hidup “kurang mapan”, asalkan terhindar dari jebakan “bullshit jobs” (istilah David Graeber) yang merujuk ke jenis pekerjaan kering makna, monoton dan sangat mekanis.
Ihwal demikian sekaligus mengisyaratkan kalau transisi pemuda dari studi menuju kerja secara formal tidak lagi sekaku dahulu. Dan potret karier-buatan-sendiri ini memang akrab dalam skena anak muda. Namun, ia juga berpotensi mengaburkan garis batas antara formal-informal, jam kerja-waktu luang.
Risikonya, pembeda antara karyawan, semi-karyawan dan non-karyawan menjadi tidak jelas. Kabur. Situasi ini menjadikannya cukup rawan. Ada potensi terjadinya eksploitasi oleh pihak pemberi kerja atas kelompok yang dipekerjakan–sebuah pemandangan yang sudah jamak kita ketahui di sekeliling kita.
Kendati demikian, untuk konteks di Indonesia terkait karier-buatan-sendiri sudah sering kita temukan. Banyak anak muda merintis usaha mereka secara mandiri. Membangun kedai kopi kecil, jualan buku dan baju di ruang niaga daring, jasa tata rias pengantin, suvenir wisuda dan pernikahan, hingga jual-beli followers–karier yang unik dan mungkin pertama kali diprakarsai oleh anak bangsa +62.
***
Sebagai akhiran, Threadgold, sebagai akademisi, ia tidak terjebak pada narasi dominan bernada “defektologi kepemudaan”. Yakni suatu tendensi yang condong memposisikan kaum muda sebagai objek untuk didisiplinkan, bersifat mengatur (governmentality), lewat pernyataan umpamanya “apa yang salah dengan pemuda kita hari ini?” tanpa kesediaan menggali lebih dalam dan kelapangan hati untuk mengerti seperti karib sendiri.
Threadgold tidak keserimpung dan jatuh ke lubang itu. Ia malah menyisir kalau konsep masa depan menjadi kabut pekat bagi generasi muda saat ini. Beragam isu krusial mulai dari pengangguran hingga krisis iklim membuat mereka kalut. Tantangan eksistensial belum pernah seserius ini di zaman mana pun.
Coba kenangkan: belum pernah ada dalam sejarah bangsa dan era kapan pun yang anak mudanya berkumpul dalam suatu tongkrongan membahas mulai dari kopi, puisi, krisis iklim, penggusuran, lapangan kerja, tempat wisata hidden-gems, hits, konflik agraria, krisis pangan, kriminalisasi aktivis lingkungan, kebun sawit, tambang, feminisme, novel Murakami, kejahatan seksual otoritas keagamaan, hingga tasawuf, korupsi dan oligarki elite–hanya dalam satu kali duduk!
Belum pernah ada dalam sejarah. Circle Socrates, Plato, sampai tongkrongan Tan Malaka, Ki Hadjar Dewantara, hingga Kartini dan Miss Dja Dardanella saja tak pernah mengalami kondisi perbincangan selebar, serandom, dan seberlompatan itu (dalam sekali duduk).
Baru di era digital ini keberlimpahan informasi memungkinkan generasi muda terpapar aneka ragam isu. Efeknya tentu ganda: memperkaya wawasan, sambil di saat yang sama, membuat kepala retak, cemas dan kalut karena kewalahan (overwhelmed).
Membaca uraian Threadgold dalam bukunya tadi membuat saya–yang juga muda dan remang masa depannya–menjadi merasa terwakili. Dari buku itu, ada dorongan mendesak yang secara implisit ia sodorkan, perlu adanya upaya riset yang terjun langsung menuju pengalaman aktual mengenai ketidakadilan sehari-hari yang anak muda alami.
Apa alasannya? Itu karena penggalian aspirasi otentik dari kaum muda sendiri justru dapat menjadi peluang. Temuannya bisa kita transformasikan menjadi suluh penguat—yang melibatkan ruang dinamika afektif-emosional mereka—sebagai bekal perjuangan hidup sehari-hari yang bisa saja menginspirasi kaum muda lainnya di luar sana. Begitu. []