Mubadalah.id – Seperti yang diceritakan Imam Muhammad bin Isma’il ash-Shan’âni (1059-1182H), bahwa ulama fiqh berbeda pendapat soal aborsi pra-peniupan ruh sama persis dengan perbedaan mereka dalam hal ‘azl; ada yang membolehkan dan ada yang mengharamkan.
Muhammad Syaltut dari ulama kontemporer, juga menceritakan hal yang sama, bahwa ulama fiqh sepakat menyatakan haram terhadap aborsi paska peniupan ruh kecuali jika kehamilan itu mengancam kehidupan ibu yang mengandung. Tetapi terhadap aborsi pra-peniupan, ulama fiqh berbeda pendapat.
Syekh Jadul Haq lebih rinci menjelaskan pernyataan beberapa madzhab fiqh dalam hal aborsi. Dalam madzhab Hanafi aborsi sebelum kandungan berumur 120 hari secara umum diperbolehkan jika ada alasan yang sah, di samping sebagian dari mereka yang masih memakruhkan.
Alasan yang sah seperti memelihara air susu agar tetap mengalir bagi bayi yang sedang disusui, kekhawatiran pada kesehatan ibu karena hamil, atau kesulitan medis yang harus dialami saat melahirkan.
Sementara mayoritas ulama madzhab Malikiyah melarang aborsi sekalipun kandungan belum berumur 40 hari. Karena menurut mereka proses kehidupan telah mulai sejak pertemuan sperma dengan ovum. Proses ini harus kita hormati dan muliakan, tidak ada siapapun berhak untuk menghalangi proses ini.
Ulama Syafi’iyah dalam hal ini berbeda pendapat; al-Ghazali dengan tegas mengharamkan aborsi sejak masa konsepsi, dan semakin besar umur kandungan semakin besar tingkat pidana dan dosa aborsi terhadapnya.
Pandangan Ibn Hajar
Ibn Hajar membolehkan aborsi sebelum kandungan berumur 42 hari. Sementara Muhammad bin Abu Sa’id mengizinkan selama belum mencapai umur kandungan 80 hari.
Madzhab Zaydi memperkenankan aborsi sebelum kandungan berumur 120 hari, karena dianggap sama persis dengan ‘azl yang memang diperkenankan. Dalam madzhab Ibadhi juga sama tegasnya, bahwa kandungan umur berapapun harus dijaga dan dihormati.
Bagi si ibu yang sedang hamil tidak boleh melakukan sesuatu, seperti mengangkat benda-benda berat, yang memungkinkan terjadinya keguguran.
Ada perbedaan dalam mempersepsikan kandungan kehamilan yang menyebabkan perbedaan terhadap hukum aborsi. Bagi yang mengharamkan, kandungan sejak konsepsi adalah proses awal dari kehidupan manusia, yang harus kita hormati sama seperti menghormati manusia.
Pengguguran terhadap proses ini sama dengan pengguguran terhadap kehidupan manusia, sekalipun tidak harus dengan tingkatan dosa yang sama.
Dalam pernyataan Imam al-Ghazali (w. 505H) misalnya, bahwa aborsi sangat berbeda dengan ‘azl. Karena aborsi adalah tindak pidana terhadap sesuatu yang telah ada dan berproses untuk memulai kehidupan [mawjûdun hâshil]. Sementara ‘azl hanya sekedar pemutusan sebelum terjadinya konsepsi sebagai awal dari proses kehidupan. []